Efektivitas Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik – Ir. Inggit Gunarsih, S.Pd.

Penulis : Ir. Inggit Gunarsih, S.Pd.
ISBN 978-602-6276-73-5
Penerbit : Kresna Bina Insan Prima
Editor : Muhammad Ainul Firdaus
Desain Isi : Febriyanti Devita Sari
Desain Sampul : Siska Amelia

Perkembangan supervisi pembelajaran memberikan pengaruh yang baik pada perkembangan pembelajaran di Indonesia. Sehingga para pendidik memiliki kemampuan mendidik yang kreatif, aktif, efektif dan inovatif. Dengan adanya mata kuliah supervisi pembelajaran pada institusi yang bergerak dalan bidang pembelajaran akan menunjang para mahasiswa untuk mengetahui bagaimana mengawasi atau mensupervisi pada pembelajaran yang baik.
Upaya peningkatan efektivitas pembelajaran guru adalah melalui supervisi pengajaran. Pelaksanaan supervisi pengajaran perlu dilakukan secara sistematis oleh Kepala Sekolah yang bertujuan untuk memberikan pembinaan kepada guru-guru agar dapat melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien. Dalam pelaksanaannya, Kepala Sekolah menggunakan lembar pengamatan yang berisi aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam peningkatan kinerja guru dan kinerja sekolah. Untuk mensupervisi guru digunakan lembar observasi yang berupa Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG). Sedangkan untuk mensupervisi kinerja sekolah dilakukan dengan mencermati bidang akademik, kesiswaan, personalia, keuangan, sarana dan prasarana, serta hubungan masyarakat.

Share this

2 thoughts on “Efektivitas Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik – Ir. Inggit Gunarsih, S.Pd.

  • Mengecewakan sekali, kata pihak penerbit buku saya akan sampai hari ini, tapi blm sampai juga, disarankam juga pakai jne yes, ok kami turuti, namun…….gegara pengiriman blm sampai,,,,,,,,,,,sia-sia kami presentasi tanpa buku dan jurnal yg kami buat
    terima kasih

    • Selamat Siang, Bu Zifa.

      Mohon maaf sebelumnya karena kemungkinan ada kendala dalam proses pengiriman. Untuk pengiriman buku sudah dilakukan pada tanggal 15 Juli dan jika menggunakan Paket YES diperkirakan bisa sampai tanggal 16 Juli. Kami telah mencoba membantu untuk konfirmasi ke pihak ekspedisi terkait barang yang sedang dikirim. Untuk informasi selanjutnya, kami akan sampaikan via WhatsApp bu :).
      Terima kasih, Bu Zifa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *