FISIKA DAN APLIKASINYA PADA BIDANG KESEHATAN

Penulis : Teguh Herlambang
ISBN : 978-623-7802-32-7
Editor : Hanan Titis Hidayat
Desain Isi : Febriyanti Devita Sari
Desain Sampul : Siska Amelia

Buku Fisika dan Aplikasinya pada Bidang Kesehatan terdiri dari sepuluh bab, masing-masing babnya akan membahas suhu dan kalor, termodinamika, hidrostatis, hidrodinamika, bioakustik, usaha dan energi, biomekanika, biooptik, biolistrik dan aplikasi teknologi kesehatan. Pada bab terakhir pada buku ini, mencoba membahas beberapa aplikasi teknologi kesehatan yang sedang berkembang dan diteliti. Pada bab I – IX membahas secara teori, rumus dan implementasi ilmu fisika dalam dunia kesehatan
Satu dekade terakhir ini, banyak ditandai dengan perkembangan yang menakjubkan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan. Terobosan penting dalam bidang teknologi kesehatan adalah sebuah teknologi yang dapat membantu manusia dan mendeteksi berbagai penyakit dan juga sebagai alat rehabilitasi yang baik pasca sakit. Teknologi kesehatan juga telah banyak membantu para dokter, perawat dan bidan dalam menjalankan tugasnya. Dengan adanya penyampaian materi secara teori fisika dan penerapannya dalam bidang kesehatan, secara tidak langsung membantu para mahasiswa di bidang keperawatan dan kesehatan memahami secara historis dan filosofi teknologi kesehatan. Selain itu dapat menjadi ide terbaru untuk mengembangkan beberapa teknologi kesehatan yang sederhana yang dapat membantu masyarakat.
Penerapan ilmu sains dan teknologi dalam bidang kesehatan di bangsa ini sangat diperlukan mengingat luas wilayah yang sangat luas. Salah satu contohnya adalah drone, drone biasa digunakan untuk alat deteksi atau alat mata-mata militer, namun di bidang kesehatan drone dapat digunakan sebagai ambulans yang dapat membawa beberapa obat-obatan untuk kondisi darurat baik didaerah pedalaman ataupun hutan. Selain itu juga ada teknologi kesehatan untuk membantu perawat di masa pandemi covid-19 ini yaitu robot nurse dimana dapat membantu komunikasi dan membawakan peralatan serta obat-obatan ke pasien tanpa harus bersentuhan dan bertatap muka. Dengan adanya penyampaian teori dan teknologi yang dihasilkan ini, juga dapat memberikan beberapa ide riset baik untuk peneliti ataupun dosen, sehingga dapat bersama-sama mengembangkan riset terkait teknologi kesehatan.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *