Jurnal Ilmiah Pendidikan Eksakta Volume III, Nomor 4, Desember 2017

UPAYA MEMPERBAIKI PROSES PEMBELAJARAN DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA KELAS V
SDN 016 SEKIP HULU RENGAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Oleh
Miskinah
SDN 016 Sekip Hulu Rengat
Email: betriaja3@gmail.com

ABSTRAK
Peneltian Tindakan Kelas (PTK) upaya memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika melalui pembelajaran matematika realistik siswa kelas V SDN 016 Sekip Hulu Rengat tahun pelajaran 2015/2016. Latar belakangnya adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 016 Sekip Hulu yaitu rata-rata hanya 73,87 (cukup). Untuk itu diperlukan perbaikan pembelajaran yang sesuai yaitu dengan penggunaan model pendekatan pembelajaran matematika realistik. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pendekatan pembelajaran matematika realistik. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian adalah perangkat perbaikan pembelajaran dan alat pengumpul data (lembar evaluasi dan lembar pengamatan siswa dan guru). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan hasil belajar siswa SDN 016 Sekip Hulu pada siklus I sebesar 7,09% dengan nilai rata-rata siklus I 79,11 dan 24,23% pada siklus II dengan nilai rata-rata 91,77. Interaksi belajar-mengajar meningkat, suasana belajar lebih aktif dan menyenangkan. Simpulan adalah penerapan model pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 016 Sekip Hulu pada kompetensi dasar menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala.


HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KUALITAS TIDUR
PADA LANJUT USIA DI DESA KARANGREJO KECAMATAN GABUS KABUPATEN GROBOGAN

Oleh
Angkit Kinasih, Sanfia Tesabela Messakh, Ahmad Zaenal Fitri
Universitas Kristen Satya Wacana
Email : angkit.kinasih@staff.uksw.edu

ABSTRAK
Aktivitas lansia adalah setiap kegiatan yang dilakukan lansia yang membutuhkan energi untuk melakukannya, misalnya mengasuh cucu, berjalan, ataupun melakukan kegiatan membersihkan rumah. Ketenangan saat tidur pada malam hari dapat menambah kesegaran dan berakibat pada semangat untuk menjalankan aktivitas pada pagi hari. Kedua hal tersebut merupakan beberapa tanda dari kualitas tidur yang baik. Sekarang ini banyak lansia dan keluarga tidak memperhatikan aktivitas fisik dan kualitas tidur lansia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan aktivitas fisik dengan kualitas tidur pada lanjut usia di desa karangrejo. Metode penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah 46 lanjut usia yang aktif mengikuti kegiatan posyandu lansia di Desa Karangrejo. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner General Practice Physical Activity Questionnare (GPAQ) dan kuesioner Pitssburgh Sleep Quality Index(PSQI).


PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG MATERI VOLUME BANGUN RUANG DI KELAS V SD NEGERI MANGLI
KECAMATAN KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG

Oleh
Sri Yuniarti
SD Negeri Mangli
Email : sriyuniarti0626@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman tentang volume bangun ruang siswa kelas V SD Negeri Mangli Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang dengan menerapkan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan bentuk guru sebagai peneliti, dimana guru sangat berpengaruh sekali dalam proses penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini bertempat di SD Negeri Mangli Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 1 (satu) tahun ajaran 2016/2017. Kelas yang diambil sebagai obyek penelitian adalah siswa Kelas V dengan jumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman siswa dan prestasi belajar siswa tentang materi volume bangun ruang tentang kubus dan balok dapat meningkat dengan diterapkannya metode demonstrasi.


PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV-B SD NEGERI 016 BULUH KASAP DUMAI

Oleh
Syafrina
SD Negeri 016 Buluh Kasap Dumai
Email : Syafrina22@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPA setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV-B SD Negeri 016 Buluh Kasap Kecamatan Dumai Timur Kota Dumai tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV-B SD Negeri 016 Buluh Kasap tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Tindakan yang dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian dilakukan dua siklus.
Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, dapat dijelaskan bahwa dari hasil setiap siklusnya yang menunjukan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar, dimana pada siklus I sebesar 70,91, siklus II sebesar 78,64 dan siklus III sebesar 87,73. Hasil tersebut telah melampaui KKM yaitu 75. Maka dapat disimpulkan bahwa banyaknya siswa yang semula prestasi belajarnya relatif rendah, cenderung naik secara perlahan, kegiatan aktivitas siswa mengikuti pembelajaran juga meningkat sehingga kualitas hasil belajar siswa cukup mmemuaskan.


UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 009 BATURIJAL HILIR KECAMATAN PERANAP KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Oleh
Azman Zen
SDN 009 Baturijal Hilir
Email : ijeprison@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar IPA dan mengetahui sejauh mana respons siswa kelas V SD Negeri 009 Baturijal Hilir Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Oleh karena itu perlu dicarikan solusinya, diantaranya dengan sebuah model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, kreatif, demokratis, kolaboratif dan konstruktif, salah satunya dengan model cooperative learning. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan; (1) adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 009 Baturijal Hilir Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu yang sangat signifikan, hal ini terlihat dari ketuntasan nilai ulangan harian siswa pada pra penelitian, dimana sebanya 16 siswa yang tuntas dari 21 siswa (76,19%), dan pada siklus 1 sebanyak 20 siswa tuntas dari 21 siswa (95,24%), sedangkan pada siklus 2 sebanyak 21 siswa tuntas (100%); (2) adanya respon positip siswa kelas V SD Negeri 009 Baturijal Hilir Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu terhadap Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division), Hal ini terlihat dari tingkat kehadiran siswa yang mencapai 100% dan juga peningkatan hasil belajar IPA yang cukup signifikan.


PENGGUNAAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA KELAS VI TAHUN 2014/2015 SDN KEBONLEGI MAGELANG

Oleh
Sapta Indah Candrawati
SDN Kebonlegi
Email : indahkebonlegi@yahoo.com

ABSTRAK
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan hasil belajar siswa di kelas VI SD Negeri Kebonlegi Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang dengan menerapkan metode pembelajaran jigsaw. Jenis penelitian yang dipilih yaitu penelitian tindakan, maka penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart, yaitu berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observasi (pengamatan) dan reflection (refleksi). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini bertempat di SD Negeri Kebonlegi pada semester 2 (dua) tahun ajaran 2014/2015. Obyek penelitian adalah siswa kelas VI dengan jumlah siswa 13 siswa. Dalam hal penerapan metode jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika untuk materi pecahan di SD Negeri Kebonlegi Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dan kemampuan pemahaman siswa tentang materi pecahan dapat meningkat dengan diterapkannya metode jigsaw.


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V-C
SD NEGERI 016 BULUH KASAP

Oleh
Rosmi
SD Negeri 016 Buluh Kasap
Email : rosmi15@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V-C SD Negeri 016 Buluh Kasap Kecamatan Dumai Timur Kota Dumai dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V-C SD Negeri 016 Buluh Kasap Kecamatan Dumai Timur Kota Dumai tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Tindakan yang dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus.
Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, dapat dijelaskan bahwa: perolehan nilai rata-rata sebelum penelitian adalah 66,43, pada siklus I adalah 71,90, dan meningkat lagi pada siklus II dengan perolehan 76,67, yang akhirnya pada siklus III tercapailah ketuntasan belajar sehingga mencapai 82,86.


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PROBLEM POSING SECARA BERKELOMPOK PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS IX-C MTS NEGERI 1 BANYUWANGI

Oleh
Sulistyowati
MTS Negeri 1 Banyuwangi
Email : sulistiowiyono@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan hasil belajar siswa kelas IX-C MTs Negeri 1 Banyuwangi dengan menerapkan metode pembelajaran problem posing.Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini bertempat di MTs Negeri 1 Banyuwangi.Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 (dua) tahun pelajaran 2016/2017.Kelas yang diambil sebagai obyek penelitian adalah siswa kelas IX-C MTs Negeri 1 Banyuwangi dengan jumlah siswa 42 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah :1) Metode Dokumentasi, 2) Metode Tes, dan 3) Metode Observasi
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa bahwa kemampuan pemahaman siswa dan prestasi belajar siswa tentang materi SPLDV dapat meningkat dengan diterapkannya metode problem posing. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pada hasil tes pra tindakan, pasca tindakan siklus I, dan pasca tindakan siklus II. Terbukti rata-rata yang diperoleh semua indikator meningkat disetiap tindakan.


PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 026 SUKAJADI DUMAI

Oleh
Juita Satria
SD Negeri 026 Sukajadi
E-mail : juitasatria@gmail.com

ABSTRAK
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil wawancara, dan tes. Subjek peneliti adalah guru, peneliti (praktisi) dan siswa kelas IV yang berjumlah 36 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Penilaian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penilaian proses (afektif dan psikomotor), penilaian hasil (kognitif) dan rambu-rambu lembaran pengamatan penggunaan pendekatan konstruktivisme dari aspek guru dan siswa. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa diadakan tes yang dianalisis dengan menggunakan penilaian dengan tolok ukur keberhasilan kelas minimal 75%. Hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme pada siklus I dan II mengalami peningkatan di mana nilai rata-rata pada siklus I diperoleh rata-rata 73 dan pada siklus II rata-rata 83. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 026 Sukajadi.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *