Jurnal Ilmiah Pendidikan Eksakta Volume IV, Nomor 3, September 2018

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS IX SMPN 1 MUARA TIGA PIDIE

Oleh
Rina Asmiati
SMP Negeri 1 Muara Tiga
Email : rina.jill@yahoo.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran discovery learning guna meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di Kelas IX SMP Negeri 1 Muara Tiga Penelitian dilakukan di dalam satu kelas yang terdiri dari 24 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang membentuk siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi siswa, guru dan tes setiap akhir siklus. Data yang terkumpul dianalisis deskriptif sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkanadanya peningkatan aktivitas siswa, nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal tiap siklusnya. Pada siklus 1 nilai rata-rata siswa adalah 70,75 dan ketuntasan klasikal adalah 58,3%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata adalah 87 dan ketuntasan klasikalnya adalah 91,66%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung.

Full Text


PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 003 SEKAR MAWAR

Oleh
Junita Simanjuntak
SDN 003 Sekar Mawar
Email : bsibarani00@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki beberapa masalah yang dirasakan oleh guru pembelajaranIPA. Oleh karena itu perlu dicarikan solusinya, diantaranya dengan sebuah model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, kreatif, demokratis, kolaboratif dan konstruktif, salah satunya dengan model cooperative learning. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan; (1) adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 003 Sekar Mawar Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu yang sangat signifikan, hal ini terlihat dari ketuntasan nilai ulangan harian siswa pada pra penelitian, dimana sebanyak 16 siswa yang tuntas dari 21 siswa (76,19%), dan pada siklus 1 sebanyak 20 siswa tuntas dari 21 siswa (95,24%), sedangkan pada siklus 2 sebanyak 21 siswa tuntas (100%); (2) adanya respon positip siswa kelas V SDN 003 Sekar Mawar Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu terhadap Pembelajaran kooperatif tipe STAD, Hal ini terlihat dari tingkat kehadiran siswa yang mencapai 100% dan juga peningkatan hasil belajar IPA yang cukup signifikan.

Full Text


PENGGUNAAN MEDIA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PENGOLAHAN DATA SISWA KELAS VI SDN REJOSARI 03 SEMARANG

Oleh
Joko Susanto
SD Negeri Rejosari 03
Email : jokosusanto170384@gmail.com

ABSTRAK
Pembelajaran di SDN Rejosari 03 Kota Semarang masih menggunakan media seadanya dan nilai ketuntasan belajar secara klasikal belum mencapai 75% dari jumlah siswa. Penyebabnya pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diberikan pembelajaran dengan media buku bergambar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar materi pengolahan data setelah diberikan pembelajaran dengan media buku bergambar.
Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas VI SDN Rejosari 03 Kota Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen terdiri atas lembar pengamatan, lembar angket, dan lembar hasil belajar. Teknik analisis data secara deskriptif persentase.
Peningkatan aktivitas siswa yaitu 73% menjadi 87% dan hasil belajar siswa dari 77% menjadi 91%. Pembelajaran matematika dengan media buku bergambar terbukti meningkat. Seyogyanya peneliti atau guru dapat menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan, misalnya seperti media buku bergambar.

Full Text


PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VI SDN 026 SUKAJADI DUMAI

Oleh
Yuliana Sari
Guru SDN 026 Sukajadi
Email : yulianasari1805@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN 026 Sukajadi dengan penerapan model pengajaran langsung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa tes hasil belajar dan teknik nontes berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah sebanyak 21 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama 3 bulan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan model pengajaran langsung. Pada prasiklus, skor rata-rata kelas adalah 56,2 dengan persentase ketuntasan klasikal 28,57%. Pada siklus I, skor rata-rata kelas meningkat menjadi 74,8 dengan persentase ketuntasan klasikal 47,62%. Pada siklus II, skor rata-rata kelas mencapai 91,4 dengan persentase ketuntasan klasikal 100%. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa penerapan model pengajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN 026 Sukajadi Dumai.

Full Text


EKSTRAK DAUN AVICENIA ALBA DALAM PENYEMBUHAN
KEASAMAN LAMBUNG MUS MUSCULUS YANG DIINDUKSI ASPIRIN

Oleh
Nugroho Eko Wirawan Budianto
Bagian Farmakologi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Email : dr.nugrohoewb@yahoo.com

ABSTRAK
Avicennia alba diekstraksi dengan menggunakan etanol 96% dan diuji efeknya sebagai penyembuhan pada keasaman lambung dengan menggunakan hewan uji Mus musculus. Berdasarkan hal tersebut di atas peneliti ingin melakukan penelitian apakah Avicenia alba bisa dipergunakan untuk pengobatan keasaman lambung karena induksi aspirin dengan melihat kadar asam bebas, asam total, asam organik dan pH lambung.
Metode : Mus musculus dibagi dalam 5 kelompok 1)Kelompok kontrol negatif 0,2 ml Na-CMC 0,5%, 2). Kelompok kontrol positif diberi 0,2 ml Na-CMC 0,5% dan 0,1 ml aspirin dosis 1,7 mg/20gBB peroral, 3). Kelompok perlakuan satu diberi 0,2 ml ekstrak daun Avicennia alba 1,3 mg/20gBB dalam Na-CMC 0,5% peroral dan 0,1 ml aspirin dosis 1,7 mg/20gBB peroral, 4). Kelompok perlakuan dua diberi 0,2 ml ekstrak daun Avicennia alba 2,6 mg/20gBB dalam Na-CMC 0,5% peroral dan 0,1 ml aspirin dosis 1,7 mg/20gBB peroral, 5). Kelompok perlakuan tiga diberi 0,2 ml ekstrak daun Avicennia alba 5,2 mg/20gBB dalam Na-CMC 0,5% peroral dan 0,1 ml aspirin dosis 1,7 mg/20gBB peroral.
Hasil : Pemberian ekstrak etanol Avicennia alba P1 yang pada pemberian secara intra oral menurunkan kadar asam bebas, asam total, asam organik dan pH asam lambung yang diinduksi oleh aspirin yang diberikan secara intra oral. Ekstrak etanol Avicennia alba mengobati timbulnya tukak lambung yang ditimbulkan oleh aspirin.
Kesimpulan : Ekstrak etanol Avicennia alba P1menurunkan kadar asam bebas, asam total, asam organik dan pH lambung. Ekstrak etanol Avicennia alba 1,3 mg/20gBB merupakan dosis yang dianjurkan.

Full Text


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
SISWA KELAS IV SDN 003 SEKAR MAWAR INDRAGIRI HULU
DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH

Oleh
Nurhidayati
SD Negeri 003 Sekar Mawar
Email : arisyhputra43@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini, dikemas dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pendekatan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 003 Sekar Mawar Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Implementasi metode Pemecahan Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika Kelas IV SD Negeri 003 Sekar Mawar. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar pra siklus, dimana masih banyak siswa yang belum tuntas. Selanjutnya ketika pembelajaran siklus 1 dan 2 dengan menerapkan metode Pemecahan Masalah hasil belajar siswa langsung meningkat. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa melalui tes hasil belajar Siklus 1 dan Siklus 2. Dimana pada siklus hanya 32,35% siswa yang tuntas dan pada siklus 2 ketuntasan mencapai 94,12%; dan 2) Implementasi metodePemecahan Masalah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika di Kelas IV SD Negeri 003 Sekar Mawar. Peningkatan terjadi dari pertemuan 1 siklus 1 ke pertemuan 2 siklus 1 dan juga dari siklus 1 ke siklus 2 untuk semua aspek yang ada pada pembelajaran dengan metode Pemecahan Masalah.

Full Text


UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN
METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS IV SDN 003 SEKAR MAWAR INDRAGIRI HULU

Oleh
Poniyati
SD Negeri 003 Sekar Mawar
Email : dikycahyadi33@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini berangkat dari kenyataan di lapangan di tempat peneliti mengajar (bertugas) di SDN 003 Sekar Mawar Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu tepatnya di kelas IV Tahun Pelajaran 2017/2018. Pembelajaran Matematika cenderung membosankan dan tidak melibatkan siswa secara aktif. Hasilnya tentu berpengaruh pada tujuan akhir (nilai mata pelajaran Matematika). Hal ini terlihat dari nilai mata pelajaran Matematika siswa kelas IV SDN 003 Sekar Mawar pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018, yang hanya memperoleh rata-rata 4,0 pada mid semester I mata pelajaran matematika. Setelah dilakukan peneitian dengan menggunakan langkah-langkah penelitian tindakan kelas maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Penggunaan metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri 003 Sekar Mawar Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari tes hasil belajar pertemuan 1 dan 2 siklus I dan juga hasil tes pada pertemuan 1 dan 2 siklus II.hal ini terlihat dari rata-rata siklus 1 sebesar 68,5 dan rata – rata siklus 75,5, sehingga terjadi peningkatan sebesar 7,00

Full Text


PENERAPAN DRILL DAN RESITASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATRIKS MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMKN 1 PENAJAM PASER UTARA

Oleh
Abdul Hamid
SMKN 1 Penajam Paser Utara
Email : doelham24@gmail.com

ABSTRAK
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode Drill dan Resitasi? (b) Bagaimanakah pengaruh metode metode Drill dan Resitasi terhadap motivasi belajar siswa?. Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode Drill dan Resitasi . (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode metode Drill dan Resitasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X Akuntansi, Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (61,76%), siklus II (76,47%), siklus III (91.18%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Drill dan Resitasi dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas X Akuntansi Tahun Pelajaran 2014/2015 serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika.

Full Text


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
DENGAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KELAS VII.B SMP NEGERI 1 RENGAT BARAT

Oleh
Siti Rohani
SMPN 1 RENGAT BARAT
Email : Sitir1256@gmail.com

ABSTRAK
Strategi inkuiri bagi peserta didik dipilih agar mereka dapat mengembangkan kreativitas dalam pemecahan masalah, lebih mandiri.dan ditetapkan sebagai subjek yang belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.B SMP Negeri I Rengat Barat tahun pelajaran 2014/2015?. Tujuan penelitian ini sendiri adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII.B SMPNegeri 1 Rengal Barat dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipc STAD dengan strategi inkuiri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.B SMP Negeri 1 Rengat Barat yang berjumlah 30 siswa yaitu 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan pada semester II tahun ajaran 2014/2015. Hasil menunjukkan pada ulangan harian I jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 17 orang atau 57%, pada ulangan hari II jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 22 orang atau 73%, dan pada ulangan harian III jumlah siswa yang mancapai KKM adalah 19 orang atau 63%.

Full Text


PENINGKATAN MOTIVASI DAN KETUNTASAN BELAJAR DALAM MEMAHAMI PERAN KIMIA PADA KEHIDUPAN DENGAN METODE DISKUSI PARTISIPATIF DI KELAS X TAV
SMK NEGERI 2 PENAJAM PASER UTARA

Oleh :
Susi Puji Astuti
SMKN 2 Penajam Paser Utara
Email : Susipujiastuti76@gmail.com

ABSTRAK
Keberhasilan proses belajar mengajar di kelas dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktornya adalah motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Rendahnya kualitas pendidikan saat ini berkaitan erat dengan rendahnya motivasi belajar siswa. Untuk memecahkan masalah pembelajaran yang demikian perlu dilakukan upaya, yang antara lain berupa pengembangan strategi pembelajaran yang mampu mengoptimalkan motivasi belajar siswa
Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan yang penulis temui dalam mengajar mata pelajaran kimia di kelas X TAV SMKN 2 Penajam Paser Utara. Fenomena itu adalah rendahnya motivasi dan ketuntasan belajar siswa pada tahun sebelumnya, sehingga tidak mencapai standar kompetensi yang ditetapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat penggunaan metode diskusi partisipatif terhadap motivasi dan ketuntasan belajar siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan deduktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi partisipatif dapat meningkatkan motivasi dan ketuntasan belajar siswa. Untuk itu disarankan bagi guru menggunakan metode diskusi partisipatif sebagai salah satu alternatif meningkatkan motivasi dan ketuntasan belajar siswa.

Full Text


PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV
SDN 016 SEKIP HULU TAHUN AJARAN 2017/2018

Oleh
Kurniah
SD Negeri 016 Sekip Hulu
Email : kurniah99@gmail.com

ABSTRAK
Rendahnya hasil belajar siswa menjadi dasar dari penelitian ini. Dalam proses pembelajaran banyak sekali model pembelajaran yang dapat diterapkan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Guru harus dapat mengkombinasikan atau menerapkan model pembelajaran yang tepat. Penggunaan media gambar dan pada pertemuan berikutnya siswa sudah mulai menyenangi pembelajaran IPA, kerena dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan semangat belajar. Setelah dilakukan evaluasi pada UH-1 dan UH-2 hasil belajar siswa menunjukkan peningkatanyaitupada prasiklus hanya 11 siswa yang mencapai KKM (75) atau 39,28 % saja. Pada siklus 1 naik menjadi 17 siswa atau 61 % dan pada siklus 2 juga meningkat menjadi 23 siswa atau 82,14%. Sehingga bisa disimpulkan dengan menggunakan media gambar dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Diharapkan kepada guru dapat menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran IPA.

Full Text


IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R DALAM TEKNIK KONVERSI BAHAN GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN SMK NEGERI 3 PENAJAM PASER UTARA

Oleh
Nurlaili Sunawardhani
SMKN 3 Penajam Paser Utara
Email : Nurlailisunawardhani74@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Pembelajaran PQ4R berpengaruh terhadap hasil belajar Pengolahan Hasil Pertanian? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Pengolahan Hasil Pertanian dengan diterapkannya metode Pembelajaran PQ4R?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar Pengolahan Hasil Pertanian . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Pengolahan Hasil Pertanian setelah diterapkannya Pembelajaran PQ4R. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (63,2%,), siklus II (77,4%), siklus III (89,5%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode PQ4R dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas X Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Pengolahan Hasil Pertanian.

Full Text


PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT
DENGAN MEDIA GARIS BILANGAN DARI STEROFOM UNTUK SISWA KELAS IV
SDN JANTI SIDOARJO

Oleh
Suliwinasti
SD Negeri Janti Sidoarjo
Email : suliwinasti63@gmail.com

ABSTRAK
Berdasarkan hasil observasi, menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran masih berorientasi pada guru (teacher centered) yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan dominasi metode ceramah. Hal ini mengakibatkan kurang maksimalnya pembelajaran operasi hitung campuran bilangan bulat yang dimiliki oleh siswa. Tujuan yang ingin dicapai adalah, pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan penggunaan media garis bilangan, mendeskripsikan hasil belajar siswa, serta mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah kelas IV SDN Janti Tulangan Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media garis bilangan meningkat. Pada siklus I ketuntasan klasikal hasil belajar siswa yang diperoleh sebesar 56% dan siklus II sebesar 83%. Selain itu, dari hasil penelitian juga menunjukkan pemenuhan pada setiap indikator keberhasilan.

Full Text

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *