Jurnal Ilmiah Pendidikan Eksakta Volume VI, Nomor 3, September 2020

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCDALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 028 SEKIP HILIR TAHUN AJARAN 2018/2019

Oleh
Jamila
SD Negeri 028 Sekip Hilir
Email : jamila011@gmail.com

ABSTRAK
Rendahnya hasil belajar siswa menjadi dasar dari penelitian ini. Dalam proses pembelajaran banyak sekali model pembelajaran yang dapat diterapkan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Guru harus dapat mengkombinasikan atau menerapkan model pembelajaran yang tepat. Penggunaan model pembelajaran kooperatif Make a Match dan pada pertemuan berikutnya siswa sudah mulai menyenangi pembelajaran IPA, kerena dapat menumbuhkan semangat belajar.Setelah dilakukan evaluasi pada UH-1 dan UH-2 hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan yaitu Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang meningkat Sebelum diberi tindakan diperoleh hasil Test Awal siswa yang mencapai nilai ≥77 sebanyak 13 siswa (50%) dan <77 sebanyak 13 siswa (50%). Pada siklus I siswa yang mendapat nilai ≥77 sebanyak 19 siswa (73,07%) dan <77 sebanyak 7 siswa (26,93%). Sedangkan pada siklus II siswa yang mendapat nilai ≥77 sebanyak 25 siswa (96,15%) dan <77 sebanyak 1 siswa (3,85%).Sehingga bisa disimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Diharapkan kepada guru dapat menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran IPA.

Full Text


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS II SDN 008 KAMBESKO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Oleh
Raja Mastuti
SDN 008 Kambesko
Email : mastutiraja88@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan guru dengan bertindak sebagai peneliti di sekolah ini bermula dikarenakan rendahnya persentase hasil belajar siswa kelas II pada pembelajaran IPS, maka dari itu peneliti melaksanakan penelitian ini dalam dua siklus yang dilaksanakan tiap siklus selama satu bulan di SDN 008 Kambesko dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan mdel pembelajaran make a match, setelah dilaksanakan penelitian ini ditemukan bahwa persentase hasil belajar siswa meningkat, pada pra siklus adalah 48,14% dari 27 orang siswa, lalu naik lagi menjadi 70,77% pada siklus I dari total 27 siswa dan pada siklus II naik menjadi 92,79%, maka peneliti menyimpulkan penggunaan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II.

Full Text


PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA MATERI SISTEM REPRODUKSI DI SMAN I LOBALAIN

Oleh
Karolus Laga Masan
SMA Negeri I Lobalain Kabupaten Rote Ndao
Email: karolus67@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA pada pelajaran Biologi materi sistem reproduksi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif learning tipe think pair share (TPS). Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI SMA IPA Negeri 1 Lobalain yang terdiri dari 34 orang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase aktivitas siswa pada siklus I adalah 59% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%, persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 58% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%, persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 62% dan meningkat pada siklus II mencapai 80%.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe think pair share (TPS) pada pelajaran Biologi materi sistem reproduksi untuk siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lobalain dinyatakan berhasil.

Full Text


PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA MATERI SISTEM REPRODUKSI DI SMAN I ROTE SELATAN

Oleh
Babang Noti
SMA Negeri I Rote Selatan Kabupaten Rote Ndao
Email: babang72@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA pada pelajaran Biologi materi sistem reproduksidengan menerapkan model pembelajaran kooperatif learning tipe think pair share (TPS). Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI SMA IPA Rote Selatan yang terdiri dari 22 orang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase aktivitas siswa pada siklus I adalah 27,27% dan meningkat pada siklus II menjadi 81,81%, persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 40,90% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%, persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 62% dan meningkat pada siklus II mencapai 80%.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe think pair share (TPS) pada pelajaran Biologi materi sistem reproduksiuntuk siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Rote Selatan dinyatakan berhasil.

Full Text


PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGGUNAAN LISTRIK STATIS, LISTRIK DINAMIS DAN LISTRIK ARUS SEARAH
DI KELAS XII TKR SMKN 1 LOBALAIN

Oleh
Rambu Erly
SMK Negeri I Lobalain Kabupaten Rote Ndao
Email: erly77@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Mendeskripsikan penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan prestasi belajar Fisika materi listrik statis, listrik dinamis dan listrik arus pada siswa kelas XII TKR SMK Negeri I Lobalain.
Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa pada siklus I mendapat predikat C dengan nilai 17 dan siklus II mendapat predikat B dengan nilai 22, aktivitas guru pada siklus I mendapat predikat C dengan nilai 21 dan siklus II mendapat predikat B dengan nilai 25 sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I 60 % dan pada siklus II meningkat menjadi 100 %.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode demonstrasi pada materi listrik statis, listrik dinamis dan listrik arus, hasil yang dicapai meningkat dengan mencapai 100% di atas KKM 75.

Full Text


EFEK PAPARAN INFRA MERAH DEKAT PADA SEL ADIPOSIT
DENGAN MENGGUNAKAN STUDI INVITRO

Oleh
Emillia Devi Dwi Rianti 1) , Ayly Soekanto 2)
Biomedik Dasar, Fakultas Kedokteran,Universitas Wijaya Kusuma Surabaya1) , Anatomi, Fakultas Kedokteran, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya 2)
Email : mbak.devi@gmail.com 1) , aylysoekantodr@yahoo.com 2)

ABSTRAK
Terapi infra merah merupakan radiasi panas, dapat menembus ke jaringan tubuh. Sel adiposit berada di subkutan dapat menerima penyebaran infra merah dekat. Tujuan penelitian, mengetahui efek paparan infra merah dekat pada sel adiposit dengan menggunakan studi invitro. Hasil penelitian kultur sel adiposit menghasilkan gambaran pada tabel c dengan droplet bening tak jelas. Hasil tabel d tampak jelas droplet sel adiposit, paparan sinar infra merah dekat dengan waktu 20 menit jarak berbeda-beda tampak jelas pada gambar. Paparan sinar infra merah dekat dengan jarak berbeda mempengaruhi hasil droplet sel adiposit. Sinar infra merah dekat menghasilkan gelombang elektromagnetik yang merupakan radiasi panas digunakan untuk terapi. Oil red o menunjukkan pengaruh infra merah pada sel adiposit, dan efek infra merah mempengaruhi jumlah sel adiposit, pada kelompok kontrol sel adiposit memiliki jumlah banyak dan bentuk droplet berkelompok. Kesimpulan: sel adiposit melalui metode in vitro diberi paparan infra merah dekat memberi efek perubahan morfologi sel adiposit.

Full Text


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR IPA KELAS VI SDN 008 KAMBESKO
TAHUN AJARAN 2017/2018

Oleh
Juminah
SDN 008 Kambesko
Email : juminah008@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas VI SDN 008 Kambesko pada pembelajaran IPA, maka peneliti memutuskan menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Togheter (NHT) guna meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA, penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, Setelah dilakukan penelitian siswa menjadi lebih memahami materi pembelajaran yang dilaksanakan pada data awal peneliti menemukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada post test siklus I yakni 62% yang sebelumnnya pada data awal hanya 42,30% kemudian pada post test siklus II meningkat menjadi 80,76%. Sedangkan indikator keberhasilan, proses pembelajaran proses pembelajaran juga meningkat. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VI SDN 008 Kambesko.

Full Text

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *