Jurnal Ilmiah Pendidikan Humaniora Volume IV, Nomor 2, Maret 2018

PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMPN 1 LUMAJANG TAHUN 2017/2018

Oleh
Sri Wigati
SMPN 1 Lumajang
Email: sriwigatijuhandana@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan penelititan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII-D SMP Negeri 1 Lumajang semester ganjil tahun 2017/2018 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan Teks Deskripsi melalui pembelajaran Tipe Cooperative Script. Pada penelitian ini akan menerapkan metode pembelajaran aktif yang sesuai dengan materi dan kelasnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP Negeri 1 Lumajang yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus dan dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Metode Belajar Tipe Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan perolehan nilai tes sebelum menggunakan metode pembelajaran Tipe Cooperative Script ketuntasan belajar Kelas VII-D sebesar 61,15%, setelah menggunakan pembelajaran Tipe Cooperative Script siklus I sebesar 71,46%, siklus II sebesar 81,15 % dan siklus III sebesar 87,30 %. Dengan adanya peningkatan hasil belajar tersebut, berarti penggunaan Metode Belajar Tipe Cooperative Script ini memenuhi indikator keberhasilan penelitian.


MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI-IS
SMA NEGERI 2 BENGKALIS RIAU

Oleh
Nurhayati
SMA Negeri 2 Bengkalis
Email : nurhayati2@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah pada siswa kelas XI-IS SMA Negeri 2 Bengkalis melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas XI-IS SMA Negeri 2 Bengkalis tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Tindakan yang dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.
Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, dapat dijelaskan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 73,14 dan pada siklus II meningkat menjadi 85,14. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 54,3% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) telah berhasil meningkatkan hasil belajar Sejarah pada siswa kelas XI-IS SMA Negeri 2 Bengkalis.


MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL PEMBELAJARAN PKN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED LEARNING
DI KELAS 5 SDN NGARGOSOKO MAGELANG

Oleh
Fahrodin
SDN Ngargosoko
Emial : fahrodin006@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) meningkatkan partisipasi dan hasil pembelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa melalu pembelajaran kooperatif tipe team accelerated learning 2) mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe team accelerated learning dalam meningkatkan partisipasi dan hasil pembelajaran siswa di kelas 5 SDN Ngargosoko Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 sampai dengan Desember 2017 semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN Ngargosoko Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang yang berjumlah 21 siswa.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan Penerapan metode pembelajaran team accelerated learning oleh guru dinilai dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Ngargosoko Kabupaten Magelang pada pra-siklus rata-rata partisipasi siswa dalam proses pembelajaran PKn di kelas adalah sebesar 66.19% yang masuk dalam kategori kurang. Penilaian pada siklus I didapatkan hasil rata-rata partisipasi siswa dalam proses pembelajaran PKn di kelas adalah sebesar 75.48% yang masuk dalam kategori cukup baik, hasil tersebut meningkat dibandingkan dengan hasil pra-siklus dengan peningkatan sebesar 9.29%. Penilaian pada siklus II didapatkan hasil rata-rata partisipasi siswa dalam proses pembelajaran PKn di kelas adalah sebesar 81.19% yang masuk dalam kategori baik, hasil ini meningkat sebesar 5.71% dibandingkan dengan siklus I.


PENERAPAN MODEL ARIAS MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK
MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS II-A
SDN 014 SIMPANG TETAP DARUL IHSAN KOTA DUMAI

Oleh
Anny Norvelly
SD Negeri 014 Simpang Tetap Darul Ihsan Kota Dumai
Email : anny.norvelly@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas II-A SD Negeri 014 Simpang Tetap Darul Ihsan (STDI) pada pelajaran IPS setelah diterapkan model ARIAS menggunakan media pembelajaran tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dikelas II-A SD Negeri 014 STDI Kota Dumai tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang siswa. Penelitian terdiri dari tiga siklus.
Penerapan model ARIAS menggunakan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas II-A SD Negeri 014 Simpang Tetap Darul Ihsan pada pelajaran IPS tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan hasil belajar siswa disetiap siklusnya. Pada pra siklus rata – rata kelas mencapai nilai 68,45, siklus I meningkat menjadi 71,82; pada siklus II yaitu 77; dan siklus III 92,21. Pecapaian ketuntasan pada siklus I sebesar 40,9%, siklus II sebesar 68,2%, sedangkan pada siklus III yaitu 90,9%.


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN
BERMAIN LOMPAT KANGURU PADA SISWA KELAS V-A SDN 014 SIMPANG TETAP
DARUL IHSAN DUMAI

Oleh
Umsumiarti
SD Negeri 014 Simpang Tetap Darul Ihsan Dumai
Email: umsumiarti.014@gmail.com

ABSTRAK
Rumusan permasalahan yang dihadapi oleh peneliti yaitu “Apakan melalui pendekatan permainan lompat kanguru sebagai pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas V-A SD Negeri 014 STDI Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V-A yang berjumlah 28 siswa dan dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2016/207. Hasil penelitian yang menggunakan 2 siklus dan 4 pertemuan menunjukan di siklus I nilai rata-rata akhir kelas 74 dengan nilai persentase ketuntasan 54% nilainya masih kurang memuaskan. Maka dilanjutkan di siklus II nialai rata-rata akhir kelas 79,4 dengan nilai persentase 93% nilai yang dihasilakan sesuai dengan yang diinginkan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data pengamatan dilapangan dan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan bermain lompat kanguru pada materi lompat jauh dengan menggunakan media botol aqua dan pralon sebagai sarana dan prasarana pembelajaran mengalami peningkatan dalam hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 014 Simpang Tetap Darul Ihsan Dumai.


PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS XII PATISERI 2 SMK NEGERI 6 SURABAYA

Oleh
Lies Prajuwati
SMK Negeri 6 Surabaya
Email: lies_prajuwati@yahoo.co.id

ABSTRAK
Rumusan masalah dalam peneltian ini adalah : Apakah penerapan metode role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris Siswa Kelas XII Patiseri 2 Semester I SMK Negeri 6 Surabaya Tahun Pelajaran 2016-2017?. Tujuan dalam peneltian ini adalah : Untuk mengetahui apakah metode role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris Siswa Kelas XII Patiseri 2 Semester I SMK Negeri 6 Surabaya Tahun Pelajaran 2016-2017. Pelaksanaan penelitian meliputi Lokasi penelitian di SMK Negeri 6 Surabaya. Lokasi penelitian ini terletak di Jl. Margorejo, Wonocolo, Surabaya, Telp. (031) 8438267. Subjek penelitian siswa kelas XII Patiseri 2 Semester I SMK Negeri 6 Surabaya Tahun Pelajaran 2016-2017 yang berjumlah 38 siswa. Pelaksanaan tindakan terdiri dua siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa meningkat ketika guru mengajar dengan menerapkan menerapkan metode role playing . Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai kelas, dimana untuk siklus l adalah 69 sedangkan untuk siklus 2 adalah sebesar 78,13. Terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas yang cukup signifikan. Melalui penerapan metode role playing dalam kegiatan pembelajaran speaking (berbicara) dapat meningkatkan minat belajar siswa, dan sekaligus meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mereka.


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS IV-B SDN 010 JAYAMUKTI
MELALUI METODE MAKE A MATCH TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Oleh
Suarsih
SD Negeri 010 Jayamukti
Email : suarsih_010@yahoo.co.id

ABSTRAK
Penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah “apakah dengan menerapkan metode Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam Beriman Kepada Malaikat Allah di kelas IVB SD Negeri 010 Jayamukti”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri 010 Jayamukti yang berjumlah 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) metode observasi; (2) metode tes.
Penelitian dilaksanakan dalam empat tahap. Tahap pertama adalah pra siklus dengan metode ceramah dengan hasil nilai rata – rata 67,8 dari KKM 75 dengan ketuntasan siswa 37,5%. Tahap kedua siklus I hasil nilai rata – rata kelas 68,3 yang dicapai oleh 14 siswa yang tuntas dari 24 orang siswa. Dengan ketuntasan mencapai 58,3%. Tahap ketiga siklus II dengan nilai rata – rata kelas 75,2 yang dicapai oleh 17 siswa yang tuntas dari 24 orang siswa dengan ketuntasannya mencapai 70,8%. Tahap keempat siklus III dengan nilai rata – rata kelas 88,1 ketuntasan mencapai 95,8% dicapai oleh 23 siswa dari 24 siswa. Berdasarkan data tersebut dengan penerapan metode Make A Match, Siklus I, II, dan III dapat diketahui ada peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya metode Make A Match.


PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE MIND MAP BAGI ANAK TUNARUNGU KELAS III SDLB NEGERI LAMONGAN

Oleh
Tuti Ratnawati
SDLB Negeri Lamongan
Email : tutiratnawati99@yahoo.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu kelas III di SDLB Negeri Lamongan dengan menggunkan metode mind map. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa tunarungu kelas III di SDLB Negeri Lamongan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian ini adalah metode Mind Map dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu kelas III di SDLB Negeri. Hasil tersebut dibuktikan dengan meningkatnya pencapaian siswa tunarungu setelah dilakukan pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan metode mind map. Berdasarkan nilai awal, diketahui nilai bahasa Indonesia materi membaca rata-rata kelas 46,67 ketuntasan klasikal 0%. Pada siklus I rata-rata kelas 56,67 Ketuntasan secara klasikal telah mencapai 33,33%, pada siklus II rata-rata kelas menjadi 66,67. Seluruh siswa mendapat telah menuntaskan belajar bahasa Indonesia materi membaca dan seluruh siswa mendapat telah menuntaskan belajar bahasa Indonesia materi membaca dan seluruh siswa telah menuntaskan belajar bahasa Indonesia (100%).


PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS
SISWA KELAS V-A SDN 002 BAGAN BESAR KOTA DUMAI

Oleh
Ratna Dolok Saribu
SDN 002 Bagan Besar Kota Dumai
Email : ratnadolok_saribu@yahoo.co.id

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa IPS siswa kelas V-A dengan penerapan model picture and picture. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa tes hasil belajar dan teknik nontes berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa kelas V-A yang berjumlah 30 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama 3 bulan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran picture and picture. Capaian skor rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada prasiklus adalah 64,25 dengan persentase ketuntasan klasikal 54,84%. Setelah dilakukan penelitian tindakan dengan penerapan picture and picture, capaian skor rata-rata hasil belajar kognitif mengalami peningkatan menjadi 77,69 dengan ketuntasan klasikal 74,19%. Pada siklus II, capaian skor rata-rata hasil belajar kognitif mengalami peningkatan menjadi 87,10 dengan ketuntasan klasikal mencapai 93,56%. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa penerapan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V-A SDN 002 Bagan Besar Dumai.


PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 LUMAJANG
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Oleh
Siti Mahmudah
SMPN 1 Lumajang Kabupaten Lumajang
Email: mahmudahsiti69@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan penelian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa Kelas VIII-A SMPN 1 Lumajang tahun pelajaran 2016/2017 melalui Pembelajaran Tipe Giving Question And Getting Answer. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 2 siklus dengan materi pelajaran pada siklus I tentang Letak geografis, bentang alam dan iklim di asia tenggara. Sedangkan pada siklus II tentang SDA, kependudukan, perdagangan dan kerjasama. Data hasil penelitian berupa hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dikumpulkan dengan menggunakan tes. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan terjadi peningkatan Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (80,00 %), siklus II (96,67%), yang disertai peningkatkan rata-rata hasil belajar dan peningkatan ketuntatasan belajar secara klasikal, pada setiap akhir siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran Tipe Giving Question And Getting Answer dapat meningkatan hasil belajar Siswa kelas VIII A SMPN 1 Lumajang Kabupaten Lumajang semester genap tahun pelajaran 2016/2017, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS III-B SDN 026 SUKAJADI KOTA DUMAI

Oleh
Elfina
SD Negeri 026 Sukajadi Kota Dumai
Email : elfina_elsya@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III-B SDN 026 Sukajadi dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2017 yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-B SDN 026 Sukajadi yang berjumlah 24 orang yang dijadikan sumber data. Rata-rata hasil belajar siswa sebelumnya yaitu 58,7 dari 24 orang siswa yang tuntas hanya 9 dengan ketuntasan klasikal 37,5% sedangkan siswa yang tidak tuntas 15 orang dengan ketuntasan klasikal 62,5%. Persentase aktivitas guru pada siklus I dan II adalah 60% meningkat menjadi 95%. Persentase aktivitas siswa pada siklus I dan II adalah 65% meningkat menjadi 92,5% Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 63 dari 24 siswa, yang tuntas 12 orang dengan persentase 50% dan yang tidak tuntas 12 orang dengan persentase 50%. Proses pembelajaran yang dilaksanakan mengalami peningkatan pada aktivitas siswa setiap pertemuan siklus I dan siklus II. Dapat dilihat bahwa aktivitas siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran role playing, mengalami peningkatan. Dapat disimpulkan perolehan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama berkategori kurang sekali dengan persentase 50 % meningkat pada pertemuan kedua menjadi 65 % dengan kategori cukup. Sedangkan siklus II pertemuan pertama berkategori baik dengan persentase 80 % meningkat menjadi 92 % dengan kategori amat baik.Rata-rata hasil belajar siswa siklus II adalah 80,2 dari 24 orang yang tuntas 22 orang dengan persentase 92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini yaitu jika diterapkan model pembelajaran Role Playing maka dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas III-B SDN 026 Sukajadi diterima.


EFEKTIVITAS METODE STUDI KASUS PADA PERKULIAHAN MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DI PRODI MANAJEMEN UWP SURABAYA

Oleh
Dr. H. Hidayat, M.M.
Universitas Wijaya Putra Surabaya
Email : hidayat@uwp.ac.id

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model perkuliahan kooperatif dengan metode pengajaran studi kasus (cases study) pada mata kuliah kewirausahaan untuk peningkatan pemahaman materi dan analisa mahasiswa UWP Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research). Sedangkan tempat penelitian ini bertempat di Universitas Wijaya Putra Surabaya Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan Desember semester ganjil tahun akademik 2017/2018 dengan Subyek penelitian adalah mahasiswa program studi manajemen semester 6 sebanyak 81 mahasiswa. Melalui hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode studi kasus pada perkuliahan kewirausahaan dapat meningkatkan pemahaman dan analisa mahasiswa.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *