Jurnal Ilmiah Pendidikan Humaniora Volume IV, Nomor 3, Mei 2018

ANALISIS POLA ASUH (KEKERASAN FISIK) ORANGTUA TERHADAP PERILAKU AGRESIF SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DAMAI DI JAKARTA BARAT

Oleh
Neil Aldrin 1) , Novi D 2)
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Email : dr.neilaldrin@gmail.com 1) , novidavina@yahoo.com 2)

ABSTRAK
Pada hakekatnya, setiap manusia mempunyai keinginan untuk memiliki sebuah keluarga dan memiliki keturunan. Namun dewasa ini, banyak sekali fakta yang menunjukkan ketidakharmonisan dalam keluarga dan beberapa hubungan yang tidak baik antara remaja dan orangtuanya. Seperti bahwa berbagai macam bentuk kekerasan serius terjadi dalam keluarga yang tinggal di sekitar kita, bahkan mungkin orang yang dekat dengan kita.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui adakah pengaruh kekerasan fisik orangtua terhadap perilaku agresif siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).
Hipotesis penelitian ini adalah ada pengaruh dari pola asuh (kekerasan fisik) orangtua terhadap perilaku agresif siswa SMA. Penelitian ini dilakukan di SMA Jakarta, dengan subyek penelitian sebanyak 110 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sample dan alat ukur yang digunakan adalah skala pola asuh (kekerasan fisik) dan skala perilaku agresif.


PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VII A MATERI PREPOSITION DI SMPN 1 BOLA
KABUPATEN SIKKA

Oleh
Alfonsa Sareng
SMPN 1 Bola Kabupaten Sikka
Email : smpn1bola@yahoo.com

ABSTRAK
Penelitian ini menerapkan strategi mind mapping pada materi Preposition (Kata depan). Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam menerapkan starategi mind mapping pada materi preposition (kata depan). Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa pada siklus 1 adalah 45,45% dan siklus II 79,25 %, aktivitas guru pada siklus 1 adalah 50% dan siklus II adalah 69,79% sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I 54,55% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi mind mapping pada materi Preposition, hasil yang dicapai meningkat dengan mencapai 100%.


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS VI ANAK TUNARUNGU SLB NEGERI GEDANGAN SIDOARJO

Oleh
Sri Sis Nurhayati
SLB Negeri Gedangan Sidoarjo
Email : srisisnurhayati.18@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah: untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi perkembangan komunikasi dan transportasi siswa kelas VI semester 2 anak tunarungu SLB Negeri Gedangan Sidoarjo dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penetian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan April 2018 semester genap tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan tempat dilaksanakan penelitian tindakan sekolah ini di SLB Negeri Gedangan Sidoarjo.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, metode pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPS materi komunikasi dan transportasi kelas VI semester 2 anak tunarungu SLB Negeri Gedangan Sidoarjo. Hal ini ditunjukkan pada hasil observasi peneliti pada pra-siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra-siklus rata-rata hasil pembelajaran klasikal siswa adalah sebesar 52.5% yang masuk dalam kategori kurang, meningkat pada siklus I menjadi 68.75% yang masuk kategori cukup, kemudian menignkat 7.5% menjadi 76.25% pada siklus II yang masuk kategori baik. Demikian halnya dengan aktivitas siswa pada pra-siklus hasil observasi aktivitas siswa sebesar 49.375% yang masuk kategori kurang menjadi 63.125% pada siklus I yang masuk kategori kurang walau tidak ada peningkatan kategori tetapi terdapat peningkatan pada persentasinya kemudian meningkat pada siklus II menjadi 70% yang masuk kategori cukup.


UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF

Oleh
Jamhari
SMAN 1 Surade Kabupaten Sukabumi
Email : infojamhari@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mencari strategi pembelajaran yang efektif dan efisien dalam mengajarkan materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka bagi siswa Kelas XII di SMA Negeri 1 Surade dengan cara mengaktifkan siswa pada pembelajaran. Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas XII.IPA-1 SMA Negeri 1 Surade.
Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka yang diberikan. Peningkatan penguasaan materi ini mulai dari siklus I meningkat sebesar 21,43% dari kondisi awal. Lalu meningkat pada siklus II menjadi 25,00%. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti merekomendasikan pada pengambil jabatan ataupun pelaksana pembelajaran dalam hal ini yaitu pengajar untuk mengajarkan materi pembelajaran dalam kelompok kecil dan dengan tekhnik mengaktifkan siswa.


UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SENAM LANTAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VI SDN 025 SEKIP HILIR TAHUN 2016/2017

Oleh
Musa
SDN 025 Sekip Hilir

Email : musamusa1966@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar dalam senam lantai kelas VI SDN 025 Sekip Hilir Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/217 dengan menggunakan metode demonstrasi. Prosedur peneilitian yang digunakan yaitu prosedur jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yatu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan senam lantai. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang masuk kategori tinggi di siklus II. Pada siklus I sebanyak 17 siswa masuk kategori sedang dan 11 siswa mampu mencapai kategori tinggi. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 6 siswa masuk kategori sedang dan 22 siswa mampu mencapai kategori tinggi.


PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
KELAS VIII SMPN 5 RENGAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Oleh
Riduan
SMPN 5 Rengat
Email : riduanamantap1966@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 5 Rengat di Kelas VIII yang kemampuan siswanya untuk materi mendengarkan Bahasa Inggris cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Audio-Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Audio-Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada Siklus I persentase ketuntasan siswa adalah 70 % dan siklus II naik menjadi 87 % untuk prestasi belajar. Dari Siklus I ke Siklus II naik menjadi 17%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Audio-Visual dapat meningkatkan hasil belajar.


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI
SDN 005 PULAU GELANG MELALUI PENERAPAN
METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Oleh
MHD. Nasir, SJ
SD Negeri 005 Pulau Gelang
Email : mhd.nasir.sj62@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas VI SDN 005 Pulau Gelang Tahun Pelajaran 2017/2018 melalui penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada bulan Pebruari 2018 dalam dua siklus dengan menggunakan model Kemmis dan M. Taggart, dimana setiap siklusnya terdiri dari empat langkah yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 005 Pulau Gelang yang terdiri dari 21 orang siswa. Sebelum dilaksanakan penelitian, rata-rata hasil ulangan harian I siswa adalah 56,19 dan ketuntasan belajarnya adalah 9,5 %, hasil ulangan harian II rata-rata 60,00 dan ketuntasan belajar mencapai 14 %. Setelah diterapkan meode CTL hasil ulangan Siklus I mencapai rata-rata 70,48 dan pada Siklus II mencapai 78,57. Sedangkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada Siklus I adalah 76,19 % dan pada Siklus II 100 %.


UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSA KATA SISWA UNTUK MENGUNGKAPKAN MAKNA DALAM ESAI PENDEK BERBENTUK PROCEDURE MENGGUNAKAN
MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING KELAS VII
SMP NEGERI 2 RENGAT BARAT

Oleh
Jusmiati
SMP Negeri 2 Rengat Barat
Email : jusmiati_robin@yahoo.com

ABSTRAK
Pelaksanaan penelitian tindakan kelas dilatarbelakangi oleh berbagai faktor, yakni: 1) pembelajaran matematika masih bersifat teacher centered. Sebagian besar guru masih mendominasi kegiatan belajar mengajar dengan pendekatan ceramah monoton, sehingga kurang terbuka pada tuntutan pembaharuan atau inovasi sebagaimana tuntutan kurikulum. Pendekatan belajar ini mengakibatkan guru lebih aktif sedangkan siswa akan terkesan pasif dan juga tidak menumbuhkan kreatifitas siswa; 2) keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih sangat terbatas, karena itu banyak siswa merasa bosan dan jenuh; 3) Pembelajaran dititikberatkan pada penguasaan fakta dan konsep, yang bersifat hafalan, kurang mengembangkan aspek-aspek yang lain seperti keterampilan berpikir, dan bekerjasama. Padahal pembelajaran matematika juga diharapkan dapat menanamkan aspek-aspek tersebut; dan 4) elaksanaan proses penilaian yang dikembangkan oleh guru lebih banyak berorientasi pada aplikasi tes formal dengan konsentrasi pengukuran pada aspek kognitif. Sehingga menyebabkan siswa dipaksa untuk menghafal, sedangkan proses pembelajarannya berada di luar jangkauan penilaian guru. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMPN 2 Rengat Barat semester Genap tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah subjeknya 24 orang, yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan khusus pada mata pelajaran matematika, dengan jumlah pertemuan sebanyak 6 kali. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas, maka diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa inggris di Kelas VII SMPN 2 Rengat Barat Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari hasil belajar dari hasil tes pertemuan 1 dan 2 siklus I dan juga hasil tes pada pertemuan 1 dan 2 siklus II. Peningkatan hasil belajar ini disebabkan karena siswa mengalami proses pembelajaran dimana siswa dapat menemukan jawaban dari permasalahan yang dirumuskan oleh guru berdasarkan data-data dan fakta-fakta yang diperolehnya serta dapat mengeneralisasi pengetahuan yang diperolehnya pada situasi yang lain.


PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING BAGI SISWA KELAS VII A SEMESTER 2 SMPN 2 RENGAT BARAT TAHUN AJARAN 2014/2015

Oleh
Raja Aini
SMP Negeri 2 Rengat Barat
Email : raja_aini22@yahoo.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan metode Problem Solving bagi siswa kelas VII A Semester 2 SMPN 2 Rengat Barat Tahun Ajaran 2014/2015.
Pada semester I, nilai rata-rata IPS siswa kelas VII A sebesar 6,74. Lalu pada siklus I yang diterapkan pembelajaran metode problem solving mengalami penurunan menjadi 6,65. Sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II ini terjadi peningkatan nilai rata-rata iPS siswa kelas VII A mejadi 7,48. Namun pada rata-rata aktivitas siswa, didapati bahwa setiap aspek yang diamati mengalami penurunan. Hal ini yang menjadi dasar untuk melanjutkan penelitian pada siklus III. Pada siklus III, nilai rata-rata mengalami peningkatan menjadi 8,30 dan semua aspek pada aktivitas siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
Sehingga penerapan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII A Semester 2 SMPN 2 Rengat Barat Tahun Ajaran 2014/2015.


MENERAPKAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITEE, REVIEW) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA DENGAN MATERI NARATIVE TEKS
PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 RENGAT BARAT

Oleh
Siti Aminah
SMP Negeri 1 Rengat Barat
Email : www.ogik@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan minat dan nilai hasil Belajar Bahasa Inggris siswa pada ketrampilan membaca teks narative. Penelitian dilakukan pada bulan Januari sampai Juli 2016. Penelitihan tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. Dalam penelitian peneliti menggunakan teknik dan alat pengumpul data melalui test tertulis dengan uraian dan pemahaman SQ3R. Data penelitian menggunakan analisis metode tindakan kelas yaitu, membandingkan nilai rata-rata pada kondisi awal dengan antara siklus I dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase nilai rata-rata yang diperoleh dari kondisi awal ke siklus I sudah ada peningkatan walaupun belum maksimal rata rata siswa 58, kalau diprosentasi 3.44%, sedangkan nilai rata-rata pada siklus I dengan siklus II terdapat peningkatan 1,3%. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif antara penggunaan SQ3R dapat meningkatkan perolehan nilai. Kemudian untuk siklus III nilai siswa dalam pembelajaran writing penguasaan jenis teks narrative dapat meningkatkan minat dan hasil belajar membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *