Jurnal Ilmiah Pendidikan Humaniora Volume IV, Nomor 4, Juli 2018

PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SDN 003 BANGSAL ACEH

Oleh
Nurlela
SD Negeri 003 Bangsal Aceh
Email : nurlela_spdi003@yahoo.com

ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V SD Negeri 003 Bangsal Aceh Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai melalui penerapan metode Role Playing pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V SD Negeri 003 Bangsal Aceh Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, dapat dijelaskan bahwa nilai rata – rata pada siklus I sebesar 73,75 dan pada siklus II meningkat menjadi 87,25. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I adalah 60% dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Role Playing telah berhasil meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V SD Negeri 003 Bangsal Aceh Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai.

Full Text


MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING KELAS VII D SMPN 1 RENGAT BARAT

Oleh
Christina Tuti Kris Wahyuni
SMPN 1 Rengat Barat
Email: christinatuti23@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Rengat Barat sebanyak 26 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam 3 siklus. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Penerapan pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VII D SMP Negeri 1 Rengat Barat. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase indikator minat belajar siswa pada setiap siklusnya. 2) Penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan persentase siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I 20% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 60% dan selanjutnya pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 80%. Hal ini berarti bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai KKM (75) telah melampaui kriteria.

Full Text


PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IIIB SD NEGERI 017 PURNAMA DUMAI

Oleh
Suparmi
SD Negeri 017 Purnama
Email: suparmi_017purnama@yahoo.co.id

ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn Siswa Kelas IIIB SD Negeri 017 Purnama tahun pelajaran 2016/2017 melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Jumlah siswa dalam penelitian ini sebanyak 23 orang siswa. Tindakan yang dilakukan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Dalam pembelajaran PKn melalui pembelajaran kooperatif tipe Make A Match menunjukkan hasil belajar siswa kelas IIIB SD Negeri 017 Purnama meningkat. Hal ini terlihat dari hasil penelitian siklus pada I terdapat 12 siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan 47,8% dan rata-rata kelas mencapai 70,43. Pada siklus II meningkat menjadi 21 siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan 91,3% serta rata-rata kelas 88,26. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IIIB SD Negeri 017 Purnama tahun pelajaran 2016/2017.

Full Text


PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VI SDN 015 KUANTAN BABU RENGAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Oleh
Restizawani
SDN 015 Kuantan Babu
E-mail : restiawaniaja66@gmail.com

ABSTRAK
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalahbagaimana upaya peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada pembelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah menganalisis peningkatan aktivitas siswa apabila menggunakan media audio visual pada pengajaran IPS kelas VI SDN 015 Kuantan Babu Rengat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Dimana masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan media audio visual pada pelajaran IPS mengalami peningkatan setiap siklusnya. Ketuntasan belajar siswa terjadi peningkatan dari 67% pada siklus 1 meningkat jadi 92% pada siklus ke 2 yang sekaligus menunjukkan bahwa pembelajaran telah tuntas.

Full Text


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING KELAS IV
SDN 015 PASIR KERANJI KECAMATAN PASIR PENYU KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Oleh
Khuzaimah
Guru SDN 015 Pasir Keranji
Email : kuntisulastri484@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan aktivitas belajar PKn menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada kelas IV SDN 015 Pasir Keranji Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu tahun pelajaran 2015/2016.Untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran Discovery Learning pada kelas IV SDN 015 Pasir Keranji Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu tahun pelajaran 2015/2016. Data hasil penelitian yang sudah terkumpul ditabulasi kemudian dianalisis untuk mencapai tujuan-tujuan penelitian. Analisis data yang digunakan adalah teknik diskriptif analitik. Berdasarkan hasil test pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 67 dengan nilai terendah 65 dan nilai tertinggi 90, ketuntasan klasikal mencapai 67% atau sekitar 8 siswa yang tuntas dan 33% atau sekitar 4 siswa belum tuntas dalam pembelajaran, sehingga kualifikasi ketuntasannya Baik. pada siklus II termasuk dalam kualifikasi tinggi dan sudah berhasil mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan.

Full Text


PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR DIVERGEN PADA SISWA KELAS X TPM 1 SMKN 1 BRONDONG LAMONGAN

Oleh
Wisnu Aditya Kurniawan
SMK Negeri 1 Brondong Lamongan
Email : wisnuadityakurniawan186@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat hasil belajar lompat tinggi setelah menggunakan gaya mengajar divergen. Dengan dilaksanakan penelitian tersebut, diharapkan mampu memberikan hasil maksimal yaitu menambah kreatifitas dan menjadi alternatif guru dalam proses pembelajaran selain itu juga menambah variasi dalam pembelajaran sehingga kebutuhan siswa untuk bergerak dapat terpenuhi. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan selama dua siklus dengan satu siklus terdiri daridua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TPM1 SMK Negeri 1 Brondong Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 34 Siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes. Analisis data menggunakan analisis deskripsif persentase. Hasil penelitian menunjukkan pada pra siklus tingkat ketuntasan 52,94%, siklus I 73,53% dan siklus II 85,29%. Jadi dapat disimpulkan dengan menggunakan gaya divergen, hasil belajar lompat tinggi siswa Kelas X TPM 1 SMK Negeri 1 BrondongTahun Pelajaran 2017/2018 dapat meningkat.

Full Text


MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 014 AIR MOLEK I INDRAGIRI HULU

Oleh
Rubiati
Guru SDN 004 Air Molek 1
Email : dewi86755@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 014 Air Molek 1 dengan jumlah siswa 36 anak. Instrumen pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Data selanjutnya diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berjalan berhasil meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 014 Air Molek 1. Dalam setiap siklus aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu: bahwa terjadi penurunan persentase ketidak ketuntasan belajar siswa dari 13 siswa (36,11%) menjadi 4 siswa (11,11%) dan terjadi peningkatan yang signifikan pada hasil belajar yang dicapai pada siklus II. Hasil belajar pada siklus I rataannya hanya 64,17 menjadi 72,78 pada siklus II, berarti sudah melebihi nilai KKM yang ditetapkan, yaitu sebesar 70, terjadi peningkatan sebesar 2,78 point. Demikian pula halnya dengan ketuntasan belajar secara klasikal.

Full Text


PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING
PADA MATERI EKOSISTEM KOMPETENSI KEAHLIAN X TATA BOGA
SMKN 2 PENAJAM PASER UTARA

Oleh
Susilowati
SMKN 2 Penajam Paser Utara
Email : susilowatismkn2@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA Terapan. Karakter siswa di kompetensi keahlian X Tata Boga SMKN 2 Penajam Paser Utara Tahun Pelajaran 2017/2018 untuk pembelajaran IPA Terapan cenderung monoton dan kurang kreatif, kurangnya ide/gagasan baru, hal ini disebabkan mungkin kurangnya variasi pada model pembelajaran, siswa cenderung kurang mendalami/memahami konsep dasar pada materi pembelajaran yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di kompetensi keahlian X Tata Boga Tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri atas 25 siswa. Teknik utama dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, cheklist dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata prosentase kreativitas belajar siswa adalah 73%. Pada siklus II prosentase kreativitas belajar siswa adalah 83%. Berdasarkan data prosentase tiap siklus ternyata terjadi kenaikan kreativitas belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada materi ekosistem di kompetensi keahlian X Tata Boga SMK N 2 Penajam Paser Utara, Tahun Pelajaran 2017/2018.

Full Text

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *