Jurnal Ilmiah Pendidikan Humaniora Volume IV, Nomor 5, September 2018

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD GUNA MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS VIII.A SMP NEGERI 1 RENGAT

Oleh
Nefrida BR Hutabarat
SMP Negeri 1 Rengat
Email : nefrida48@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang kurang memuaskan, hal ini dikarenakan metode yang digunakan tidak bervariasi sehingga membuat anak bosan sehingga jumlah rata-rata anak pada prasiklus tidak mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VIII.A melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMP Negeri 1 Rengat. Pelaksanaan dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, pada pertemuan awal aktivitas siswa masih kurang berhasil setelah dilakukan refleksi pada siklus I jumlah siswa meningkat dari 57,6% menjadi 81,81%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD ini dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII.A SMP Negeri 1 Rengat tahun ajaran 2016/2017.

Full Text


UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 2 SMAN 4 PPU PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING

Oleh
Ardiansyah
SMAN 4 Penajam Paser Utara
Email : ardiansyah7904@gmail.com

ABSTRAK
Sasaran dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah bagaimana hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Penajam Paser Utara pada materi lingkungan hidup menggunakan model pembelajaran Circuit Learning?, bagaimana Aktivitas siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Penajam Paser Utara pada materi lingkungan hidup dengan menggunakan model pembelajaran Circuit?, bagaimana respon siswa terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Circuit Learning pada konsep sistem gerak secara umum positif?. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS- 2 yang berjumlah 30 siswa. Waktu penelitian selama 2 bulan yaitu dari bulan Februari sampai dengan Maret2018. Lokasi penelitian ini adalah SMA Negeri 4 Penajam Paser Utara Terletak di Kecamatan Babulu Darat. Dilihat per aspek, maka hasil post test siswa yang memperoleh nilai 73 keatas meningkat jumlahnya menjadi 28 siswa dengan prosentase 93,3% dan yang belum tuntas jumlahnya 2 siswa. Pelaksanaan siklus II ini sudah dapat dikatakan tuntas apabila dilihat secara klasikal siswa yang mendapat nilai 73 keatas mencapai 85%.

Full Text


PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR
PADA SISWA KELAS IV DI SDN 013 KP.BESAR KOTA RENGAT

Oleh
Essie Susilawati
SDN 013 KP.Besar Kota Rengat
Email : essie23@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian dilaksanakan di SDN 013 KP.Besar Kota Rengat dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan bulan Februari. Penelitian ini dilakukan karena sering terjadinya kendala proses dalam pembelajaran yang dilakukan guru dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran.. Karena itu penelitian mengambil media gambar dengan tujuan agar siswa dalam pembelajaran tertarik dengan materi yang disajikan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 013 KP.Besar Kota Rengat dengan jumlah siswa 24 orang. Prosedur penelitian berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada tahap perencanaan peneliti menyiapkan silabus, RPP, LKS, lembar observasi siswa dan alat penilaian kemampuan guru. Data awal siswa yang mencapai KKM 75 sebanyak 11 siswa dari 24 siswa atau 45,83 %. Pada perbaikan pembelajaran siklus I terjadi peningkatan. Siswa yang mendapat nilai 75 ke atas menjadi 16 siswa atau 66,66% dan pada perbaikan pembelajaran siklus II yang mendapat nilai 75 ke atas menjadi 20 siswa atau 83,33 %.

Full Text


UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN NON-DIRECTIVE PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI
SMKN 1 PENAJAM PASER UTARA

Oleh
Satoni Solle
SMKN 1 Penajam Paser
Email : satonisolle7205@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh pembelajaran metode Non-Directive terhadap hasil belajar, serta ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Bahasa Inggris setelah diterapkannya pembelajaran metode non-directive. Penelitian ini dilaksanakan pada September hingga November semester ganjil 2016/2017. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XI Akuntasi. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (57%), siklus II (76%), siklus III (90%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode Non-Directive dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Jurusan Akuntansi SMKN 1 Penajam Paser Utara, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Bahasa Inggris.

Full Text


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MENGGUNAKAN MODEL ACTIVE LEARNING
TIPE ROLE REVERSAL QUESTION PADA SISWA KELAS V SDN 005 BATU GAJAH

Oleh
Jusniati
SDN 005 Batu Gajah
Email : miltarolis322@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan model active learning tipe role reversal question pada siswa kelas V SD N 005 Batu Gajah. Penilitian ini dilaksanakan pada Maret hingga April 2014. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 005 Batu Gajah yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas V SD N 005 Batu Gajah setelah menggunakan model active learning tipe role reversal question baik pada siklus I maupun siklus II. Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥70 mengalami peningkatan sebesar 22% dengan kondisi awal 52% meningkat menjadi 74% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 22% menjadi 96%. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 8,75% dengan kondisi awal 66,53 meningkat menjadi 75,27 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,97% menjadi 86,25.

Full Text


UPAYA MEMAKSIMALKAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH
DENGAN MENINGKATKAN PERFORMA PADA SISWA KELAS XI SMKN 1 PENAJAM PASER UTARA

Oleh
Ruskin Nuryaddin
SMK Negeri 1 Penajam Paser Utara
Email : ruskin79085@gmail.com

ABSTRAK
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagimanakah meningkatkan prestasi penguasaan dasar-dasar senam bagi siswa dalam diterapkannya metode demontrasi? (b) Bagaimana pengaruh metode Meningkatkan performa terhadap motivasi belajar siswa?. Tujuan dari penelitian ini adalah (a) Mengetahui peningkatan prestasi belajar dasar-dasar senam pada siswa setelah diterapkannya metode Meningkatkan performa, (b) mengetahui motivasi belajar dasar-dasar senam setelah diterapkannya metode Meningkatkan performa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari dua tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan. Refleksi dan refisi Sasaran penelitian ini adalah Siswa Kelas XI dari data diperoleh berupa hasil tes praktik, lembar observasi kegiatan beolajar mengajar. Dari hasil analisa didapat bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatakan dari siklus I sampai II yaitu, siklus I (70%), siklus II (81%) dan siklus III (91%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode Meningkatkan performa dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa SMK Negeri 1 Penajam Paser Utara serta model pembejalaran dapat digunakan sebagai salah satu alternative penjas.

Full Text


KELAS DIGITAL SEESAW SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI SMP NEGERI 1 SENTANI KABUPATEN JAYAPURA

Oleh
Khusnul Qotimah
Guru SMP Negeri 1 Sentani
Email: khusnulqotimah.33@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini berangkat dari permasalahan masih rendahnya prestasi dan motivasi belajar siswa meskipun berbagai metode/cara/pendekatan dalam proses pembelajaran telah dilakukan dengan pendekatan menggunakan kurikulum 2013. Teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan adalah pengaturan kelas digital seesaw sehingga terjadi kolaboratif antara guru, siswa dan orang tua yang dapat memantau hasil belajar anak secara langsung. Pada kelas digital seesaw guru dapat memasukkan pesan, materi, foto dan video pembelajaran begitu juga dengan siswa dapat mengunggah tugas-tugasnya ke dalam kelas digital seesaw ini, jika diperlukan dapat juga dijadikan sebagai blog. Penerapan aplikasi kelas Seesaw memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu siklus I (15,63%) dan siklus II (71,88%). Teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan adalah membuat kelas digital seesaw agar terjadi kolaboratif antara guru, siswa dan orang tua yang dapat memantau hasil belajar secara langsung.

Full Text


PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AKUTANSI MATERI JURNAL PENYESUAIAN PADA SISWA KELAS XI
SMK NEGERI 4 PENAJAM PASER UTARA

Oleh
Agus Subiyatmo
SMK Negeri 4 Penajam Paser Utara
Email : agussubiyatmo60@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh pembelajaran Pendekatan Ketrampilanterhadap hasil belajar Akutansi. Serta untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Akutansi setelah diterapkannya pembelajaran Pendekatan Ketrampilan Proses.
Waktu pelaksanaan dalam penelitian ini dimulai sejak Februari hingga April 2018. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XI. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (71%), siklus II (80%), siklus III (95%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode Pendekatan Ketrampilandapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas XI, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Akutansi.

Full Text


UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI SHALAT DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III SDN 007 SEKAR MAWAR
TAHUN AJARAN 2015/2016

Oleh
Wirmatati
SDN 007 Sekar Mawar
Email : wulandarilolita0@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah: Mengetahui prestasi siswa dalam praktek shalat dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2015. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan siklus penelitian. Rinciannya siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksaanaan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 007 Sekar Mawar Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu. Setelah dilakukan penelitian dengan menerapkan metode demonstrasi, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa hasil penelitian menunjukkan peningkatan prestasi belajar PAI dalam materi shalat dari siklus I sampai siklus II yaitu dengan nilai rata-rata siklus I 69,5 dan nilai rata-rata siklus II 80,0.

Full Text


MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION MATA PELAJARAN PRAKARYA
DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI TKBB SMKN 4 PENAJAM PASER UTARA

Oleh
Musrinah Hariani
SMK Negeri 4 Penajam Paser Utara
Email : musrinah.h.1960@gamil.com

ABSTRAK
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaaran kewirausahaan, pokok bahasan Analisis Peluang Usaha Kelas XI TKBB semester 1 tahun pelajaran 2016/2017 SMK Negeri 4 Penajam Paser Utara. Adapun tujuan yang hendak dicapai oleh Peneliti adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Ketuntasan hasil belajar siswa sebelum diterapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation yaitu 17,68%, kemudian pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 85,71% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 76,8% dan pada siklus II aktivitas belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation telah mencapai 90,40% sedangkan yang kurang aktif tinggal 9,60%. Sedangkan rata-rata hasil belajar yang dicapai siswa pada siklus I sebesar 81,64 dan ketuntasan belajar sebesar 85,71 %. Pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 92,39 dan ketuntasan belajar sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan.

Full Text


PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI METODE RESITASI PADA SISWA KELAS II.A SDN 006 KELAWAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Oleh
Syamsiah
SDN 006 Kelawat
Email : syamsiah1488@gmail.com

ABSTRAK
Permasalahan dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dalam upaya pemberdayaan dan meningkatkan kompetensi kelulusan siswa sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan cara menggunakan metode resitasi. Metode resitasi memiliki peranan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menggunakan metode resitasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn siswa SD Negeri kelas II A di SDN 006 Kelawat tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2017. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, dapat dijelaskan bahwa: dalam proses pembelajaran yang semakin meningkat dalam setiap siklusnya, dari hasil belajar tes awal siswa yang cukup menjadi baik dan sangat baik. Hasil tes awal PKn siswa, hanya 9 siswa yang tuntas dangan rata-rata 65,47. Dengan menggunakan metode resitasi menunjukkan bahwa pada siklus I diketahui telah 12 dari 21 siswa yang mencapai KKM (75) dengan nilai rata-rata 72,61 kemudian meningkat pada siklus II diketahui 18 siswa telah berhasil mencapai nilai KKM (75) dengan nilai rata-rata siswa sebesar 85,71

Full Text


PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI MATERI JURNAL UMUM MELALUI MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE NHT
PADA SISWA XII IPS 1 SMAN 4 PENAJAM PASER UTARA

Oleh
Mesy Rahayu
SMAN 4 Penajam Paser Utara
Email : mesyrahayu75@gmail.com

ABSTRAK
Untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa, guru menggunakan model pembelajaran yang tepat salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Tugether). Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1. Adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Tugether (NHT) pada materi.jurnal umum .hal ini ditandai dengan peningkatan hasil belajar siswa setiap siklusnya. Sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu 75 % siswa mencapai nilai diatas atau sama dengan KKM 78 dari semua aspek dalam penelitian. Hasil siklus I (72,4) % dan siklus II (96,6%) Adanya peningkatan keaktifan siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Tugether (NHT) pada materi. Jurnal umum hal ini ditandai dengan peningkatan keaktifan siswa setiap siklusnya. Siklus I (60,33 %) dan Siklus II (89,6 %). Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa Hasil Belajar dan Keaktifan siswa dalam Pembelajaran Akuntansi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Tugether) Pada Meteri jurnal umum mengalami peningkat.

Full Text


IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN STAD GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PELUANG, KEBUTUHAN DAN LINGKUNGAN USAHA PADA SISWA KELAS XI
SMKN 2 PENAJAM PASER UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Oleh
Jukianta
SMKN 2 Penajam Paser Utara
Email : juki.752anta@gmail.com

ABSTRAK
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan pemahaman siswa dalam materi kerukunan dengan diterapkannya pembelajaran metode STAD? (b) Bagaimanakah pengaruh metode STAD terhadap motivasi belajar siswa? Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran metode STAD. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode STAD. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I 68,19%), siklus II (77,27%), siklus III (86,36%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode STAD dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas XI SMKN 2 PPU Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara Tahun Pelajaran 2016/2017, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Kewirausahaan.

Full Text

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *