Jurnal Ilmiah Pendidikan Humaniora Volume IV, Nomor 6, November 2018

PENERAPAN METODE INKUIRI GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN
MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI DI KELAS V SDN 017 TITIAN RESAK TAHUN 2014

Oleh
Sutarno
SDN 017 Titian Resak
Email : Sutarno017@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian dilaksanakan di SDN 017 Titian Resak dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini dilaksanakan bulan Maret 2014. Penelitian ini dilakukan karena sering terjadinya kendala proses pembelajaran yang dilakukan guru dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran.. Karena itu penelitian menggunakan metode inquiry dengan tujuan agar siswa dalam pembelajaran tertarik dengan materi yang disajikan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 017 Titian Resak dengan jumlah siswa 32 orang. Prosedur penelitian berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada tahap perencanaan peneliti menyiapkan silabus, RPP, LKS, lembar observasi siswa dan alat penilaian kemampuan guru. Data awal siswa yang mencapai KKM 75 sebanyak 41 siswa dari 32 siswa atau 44 %. Pada perbaikan pembelajaran siklus I terjadi peningkatan. Siswa yang mendapat nilai 75 ke atas menjadi 21 siswa atau 66, % dan pada perbaikan pembelajaran siklus II yang mendapat nilai 75 ke atas menjadi 27 siswa atau 85 %.

Full Text


PENERAPAN PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEHIDUPAN AWAL MASYARAKAT PURBA DI INDONESIA PADA SISWA KELAS X

Oleh
Wagiman
SMA Negeri 3 Marangkayu
Email : Wagiman19660614@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh pembelajaran pemberian tugas terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dan ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial setelah diterapkannya pembelajaran pemberian tugas. Penelitian ini dilakukan pada tahun pelajaran 2015/2016 di SMAN 3 Marangkayu. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III. Siklus I (70%), siklus II (74%), siklus III (86%). Pembelajaran The Power of Two dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar Siswa SMAN 3 Marangkayu, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Full Text


ANALISIS WACANA DESKRIPTIF IKLAN BARIS TABLOID NOVA

Oleh
Lailatul Bariroh
SMP Negeri 26 Malang
Email : bariroh_lailatul@yahoo.co.id

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan memperoleh deskripsi piranti kohesi dalam wacana iklan baris tabloid Nova, memperoleh deskripsi piranti koherensi dalam wacana iklan baris tabloid Nova, dan memperoleh deskripsi topik yang terdapat dalam wacana iklan baris tabloid Nova.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dikemukakan saran-saran sebagai berikut ini. Pertama, dalam pengajaran bahasa Indonesia diajarkan tentang wacana iklan baris. Pengajaran ini biasanya hanya mengacu pada buku teks tanpa ada variasi dari sumber lain, misalnya dari rubrik, koran, tabloid, atau majalah. Kedua, Pembaca dapat menggunakan kajian ini sebagai pengetahuan dalam memahami teks, khususnya wacana iklan baris berkaitan dengan piranti kohesi, piranti koherensi, dan topik yang terdapat dalam wacana iklan baris Tabloid Nova. Ketiga, Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan dasar untuk melakukan penelitian lanjutan yang lebih mendalam, khususnya penelitian yang mengangkat masalah analisis wacana deskriptif wacana iklan baris.

Full Text


MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INGGRIS DALAM BENTUK DESKRIPSI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT PADA KELAS VII SMP NEGERI 1 RENGAT BARAT

Oleh
Renni Tambunan
SMP Negeri 1 Rengat Barat
Email: renibunan12@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) merancang rencana pembelajaran, (2) menganalisis pelaksanaan pembelajaran, (3) menganalisis sistem evaluasi pembelajaran, dan (4) menganalisis peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis projek. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 1 Rengat Barat. Ada tiga siklus dalam penelitian ini pada siklus 1 siswa diminta langsung menulis deskripsi tentang kegiatan yang mereka lakukan di tempat yg mereka kunjungi. Pada siklus 2 siswa diminta untuk mencari gambar tempat wisata dari internet kemudian mendeskripsikannya. Pada siklus 3 siswa diminta mendesain sebuah tempat wisata kemudian mendeskripsikannya. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) rencana desain Pembelajaran menggunakan desain ASSURE (menganalisa peserta didik, menentukan tujuan pembelajaran, memilih media dan bahan, memanfaatkan media dan bahan, partisipasi siswa dan evaluasi serta ulasan) bisa menghasilkan rencana pembelajaran yang baik untuk pembelajaran berbasis projek. (2) Aktifitas yang bisa mengembangkan kemampuan anak adalah aktifitas mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengolah informasi dan mengkomunikasikan (5M). (3) Sistem evaluasi yang digunakan untuk penelitian ini adalah (isi, organisasi, kosakata, tata bahasa dan mekanisme) (4) pembelajaran berbasis projek dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa.

Full Text


KASUS-KASUS PELANGGARAN HAK ASASI MANUSIA
DALAM PRESPEKTIF PANCASILA

Oleh
Kusdayantari
SMA Negeri 1 Bontang
Email : kusdyantarisman1bontang@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban dengan menggunakan model Pembelajaran Questioning; serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 1 Bontang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (54,54%), siklus II (72,72%), siklus III (93,93%). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran questioning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 1 Bontang. Selain itu model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu model untuk mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Full Text


PENERAPAN READING ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI 020 JAYAMUKTI KOTA DUMAI

Oleh
Gustina Erwani
Guru SDN 020 Jayamukti
Email : gustina.erwani75@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN 020 Jayamukti dengan penerapan metode reading aloud. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes lisan unjuk kerja dan teknik nontes berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa.Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas I yang berjumlah 23 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama 3 bulan pada semester pertama tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan metode reading aloud. Skor rata-rata kelas pada siklus I adalah 73,91 dengan persentase ketuntasan klasikal 60,87%. Pada siklus II, skor rata-rata kelas mencapai 82,61 dengan persentase ketuntasan klasikal 82,61%. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode reading aloud dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN 020 Jayamukti Kota Dumai.

Full Text


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VI SDN 023 TELUK BINJAI

Oleh
Sarialis
SD Negeri 023 Teluk Binjai
Email : sarialis23@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 023 Teluk Binjai dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2018 yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 023 Teluk Binjai yang berjumlah 24 orang yang dijadikan sumber data. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar. Rata-rata hasil belajar siswa sebelumnya yaitu 58,7 dari 24 orang siswa yang tuntas hanya 9 dengan ketuntasan klasikal 37,5% sedangkan siswa yang tidak tuntas 15 orang dengan ketuntasan klasikal 62,5%. Pada penelitian ini disajikan persentase aktivitas guru dan siswa serta hasil ulangan harian siklus I dan siklus II. Persentase aktivitas guru pada siklus I dan II adalah 60% meningkat menjadi 95%. Persentase aktivitas siswa pada siklus I dan II adalah 65% meningkat menjadi 92,5% Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 63 dari 24 siswa, yang tuntas 12 orang dengan persentase 50% dan yang tidak tuntas 12 orang dengan persentase 50%. Rata-rata hasil belajar siswa siklus II adalah 80,2 dari 24 orang yang tuntas 22 orang dengan persentase 92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini yaitu jika diterapkan model pembelajaran Role Playing maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 023 Teluk Binjai diterima.

Full Text


PEGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS V SDN 020 JAYAMUKTI KOTA DUMAI

Tiermin Simatupang
Guru SDN 020 Jayamukti
Email: Tiermin1290@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas V SDN 020 Jayamukti dengan penggunaan media pembelajaran interaktif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes lisan unjuk kerja dan teknik nontes berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 28 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama 3 bulan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar PAI dengan penggunaan media pembelajaran interaktif. Pada siklus I, setelah penggunaan media pembelajaran interaktif, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 67,86% dengan skor rata-rata kelas 73,57. Sementara pada siklus II, ketuntasan klasikal telah mencapai 89,29% dengan skor rata-rata kelas 85,95. Dengan demikian disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas V SDN 020 Jayamukti Kota Dumai.

Full Text


PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI DENGAN
PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI INTERAKSI SOSIAL KELAS X IPS 2
SMA NEGERI 4 CIMAHI

Oleh
Neneng Yati Maryati
SMA Negeri 4 Cimahi
Email : nengyatimaryati@yahoo.co.id

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 4 Cimahi melalui metode diskusi dengan pendekatan saintifik pada materi interaksi sosial.
Penulisan ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas atau PTK (Classroom Action Research) yang dilakukan di kelas X IPS 2 SMA Negeri 4 Cimahi tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Tindakan yang dilakukan dengan menerapkan metode diskusi dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil analisis didapatkan bahwa adanya peningkatannya sebesar 45% pada siklus I dan 20% pada siklus II.

Full Text


PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN
STRATEGI WEBBING SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 KERTOSONO

Oleh
Puji Astuti Rahayu Effendi
SMA Muhammadiyah 2 Kertosono
Email : puji362astuti@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan strategi webbing pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Kertosono.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam tiga pertemuan yang dilaksanakan secara berkelanjutan dan berurutan.
.Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, dapat dijelaskan bahwa kemampuan siswa dalam menulis draf akhir cerpen mengalami peningkatan, baik dari segi pemilihan tema, pengembangan alur, penggambaran karakter tokoh, penggambaran latar, penggunaan gaya bahasa, maupun ejaan dan tanda baca, sehingga dapat disimpulkan pembelajaran menulis cerpen dapat ditingkatkan dengan strategi webbing.

Full Text


PENINGKATAN HASIL BELAJAR DINAMIKA PERAN INDONESIA DALAM PERDAMAIAN DUNIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PEMBERIAN BALIKAN
SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 BONTANG

Oleh
Sri Malayati
SMA Negeri 1 Bontang
Email : srim1235@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh pembelajaran pemberian balikan terhadap hasil belajar PKn, serta untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran PKn setelah diterapkannya pembelajaran pemberian balikan.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA 1. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (53,12%,), siklus II (78,12%), dan siklus III (93,75%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran pemberian balikan dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa Kelas XI IPA 1, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PKn.

Full Text


QUESTION-ANSWER RELATIONSHIP (QAR) STRATEGY IN TO IMPROVE READING COMPREHENSION AT ELEVENTH GRADE OF SMAN 2 PENAJAM PASER UTARA THE YEAR 2017/2018

Oleh
Mursidah
SMA Negeri 2 Penajam Paser Utara
Email : mursidahsma2ppu@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Penajam Paser Utara. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklusnya terdiri atas empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang meliputi lembar kerja individu. Tes diberikan kepada siswa setiap akhir pertemuan/akhir siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun pembelajaran 2017/2018. Subjek penelitian siswa kelas XI IPA 4 yang berjumlah 32 orang.
Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa Question-Answer Relationship (QAR) Strategy dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Penajam Paser Utara dalam kegiatan pemahaman bacaan.

Full Text

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *