Jurnal Ilmiah Pendidikan Humaniora Volume V, Nomor 1, Januari 2019

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V-B
SD NEGERI 024 TELUK BINJAI

Oleh
Khomisah
SD Negeri 024 Teluk Binjai
Email : khomisah_024tb@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match pada siswa kelas V-B SD Negeri 024 Teluk Binjai tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V-B SD Negeri 024 Teluk Binjai tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Tindakan yang dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, dapat dijelaskan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, dimana rata – rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71,52 dan meningkat pada siklus II menjadi 90,22. Sedangkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 45% dan pada siklus II meningkat menjadi 96%.

Full Text


PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III-B SD NEGERI 012 PURNAMA KOTA DUMAI

Oleh
Darmiyati
SD Negeri 012 Purnama Kecamatan Dumai Barat Kota Dumai
Email: darmiyati_012purnama@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas III-B SD Negeri 012 Purnama Kecamatan Dumai Barat Kota Dumai melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas III-B SD negeri 012 Purnama tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, dapat dijelaskan bahwa nilai rata – rata pada siklus I adalah 67,5; nilai rata-rata siklus II adalah 68,27, dan meningkat pada siklus III dengan nilai rata-rata kelas sebesar 76,35. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I tingkat ketuntasan belajar mencapai 46,2%. Kemudian terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar yang terjadi pada siklus II sebesar 69,2%, dan pada siklus III sebesar 88,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT telah berhasil meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas III-B SD Negeri 012 Purnama.

Full Text


UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS I-B
SD NEGERI 002 RATU SIMA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL

Oleh
Guspita
SD Negeri 002 Ratu Sima
Email : guspitaspd_002rs@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar PKn menggunakan media audio visual pada siswa kelas I-B SD Negeri 002 Ratu Sima Kecamatan Dumai Selatan Kota Dumai Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaborasi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I-B SD Negeri 002 Ratu Sima Tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan prestasi belajar PKn pada siswa kelas I-B SD Negeri 002 Ratu Sima. Dari data awal rata-rata nilai ulangan siswa yaitu 68,57 dan persentase siswa yang mencapai KKM hanya sebanyak 38,1%. Rata – rata nilai siswa pada siklus I yaitu 73 dengan persentase siswa yang mencapai KKM adalah 55%. Sedangkan pada siklus II, rata-rata nilai siswa adalah 84 dan persentase siswa yang mencapai Kkm adalah 90%.

Full Text


PENERAPAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SISWA KELAS VI SD NEGERI 002 BASILAM BARU

Oleh
Rubiyah
SD Negeri 002 Basilam Baru
Email : rubiyah_spdi@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VI SD Negeri 002 Basilam Baru Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai melalui penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V SD Negeri 002 Basilam Baru tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Berdasarkan hasil yang diperoleh penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VI SD Negeri 002 Basilam Baru Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai terhadap materi PAI. Peningkatan prestasi belajar siswa meningkat, yang semula nilai rata-rata pra siklus 73,32 meningkat menjadi 77,88 atau terjadi peningkatan sebesar 5,56%. Pada siklus I dengan banyaknya siswa 59,09% (13 anak) yang tuntas dan 40,91% (9 anak) yang tidak tuntas. Pada siklus II lebih meningkat lagi menjadi 88,18 atau terjadi peningkatan sebesar 10,3% dengan banyaknya siswa 86,36% (19 anak) yang tuntas dan 9,09% (2 anak) tidak tuntas.

Full Text


PENERAPAN METODE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN KELAS V/A
SD NEGERI 017 TITIAN RESAK SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2017/2018

Oleh
Sri Wahyana
SD Negeri 017 Titian Resak
Email: wahyana03@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran sebelum dilakukannya penelitian maka guru menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas VA SDN 017 Titian Resak, untuk pembelajaran PKn dan mata pelajaran lainnya. Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VA SDN 017 Titian Resak .dalam penelitian ini siswa kelas VA SDN 017 Titian Resak yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Penelitian tindakan kelas menggunakan langkah-langkah : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil pengamatan terhadap hasil belajar siswa menunjukkan terjadi peningkatan dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat di lihat dari siklus 1 yang tuntas sebanyak 18 siswa dari 26 siswa. Sedangkan pada siklus 2 yang tuntas meningkat menjadi 24 siswa dari 26 siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa Kelas VA SDN 017 Titian Resak.

Full Text


MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MATERI IMAN KEPADA MALAIKAT-MALAIKAT ALLAH MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT
DI KELAS IV SD NEGERI 205/IX SENGETI KECAMATAN SEKERNAN

Oleh
Fadhliyah Zumro
SD Negeri 205/IX Sengeti Muaro Jambi
Email: fadhliyahzumro12@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa Kelas IV SD Negeri No.205/IX Sengeti yang belum memahami materi Iman kepada malaikat-malaikat Allah, hal ini disebabkan kurangnya kreatifitas guru dalam menggunakan strategi pembelajaran, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dan efesiensi penggunaan kartu huruf dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam materi Iman kepada malaikat-malaikat Allah siswa kelas IV SD Negeri No.205/IX Sengeti Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi.
Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan (card sort) kartu yang berisikan kategori yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari sebagai media pembelajaran.
Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, pada masing-masing siklus dilakukan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penellitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas IV SD Negeri No.205/IX Sengeti Kecamatan Sekernan dalam materi Iman kepada malaikat-malaikat Allah dengan menggunakan kartu (card sort) meningkat.

Full Text


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI)
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV
SDN 007 TELUK BINJAI

Oleh
Suryani
SD Negeri 007 Teluk Binjai
E-mail : suryanisdn007tb@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 007 Teluk Binjai dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2018 yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Penelitian diadakan bertujuan guna memperbaiki pembelajaran di kelas.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 007 Teluk Binjai yang berjumlah 34 orang yang dijadikan sumber data. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar. Rata-rata hasil belajar siswa sebelumnya yaitu 60,7 dari 24 orang siswa yang tuntas hanya 5 dengan ketuntasan klasikal 29,4% sedangkan siswa yang tidak tuntas 19 orang dengan ketuntasan klasikal 71,6%. Pada penelitian ini disajikan persentase aktivitas guru dan siswa serta hasil ulangan harian siklus I dan siklus II. Persentase aktivitas guru pada siklus I dan II adalah 57,9% meningkat menjadi 79,2%. Persentase aktivitas siswa pada siklus I dan II adalah 45,9% meningkat menjadi 75% Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 73,6 dari 14 siswa, yang tuntas 25 orang dengan persentase 73,5% dan yang tidak tuntas 9 orang dengan persentase 27,5%. Rata-rata hasil belajar siswa siklus II adalah 77,1 dari 24 orang yang tuntas 21 orang dengan persentase 91,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 007 Teluk Binjai.

Full Text


MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIDANG BIMBINGAN SOSIAL MATERI TATA KRAMA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 PELAIHARI
DENGAN BIMBINGAN KONSELING

Oleh
Yayuk Triwahyuningsih
SMP Negeri 7 Pelaihari
Email : ningsihtriwahyu67@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Pelaihari tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan karena secara realita banyak sekali siswa yang sangat membutuhkan Bimbingan dan Konseling. Karena Bimbingan dan Konseling juga merupakan salah satu faktor penujang, tercapainya cita-cita Pendidikan Nasional, maka pelaksanaanya harus lebih ditingkatkan. Subjek penelitian adalah siswa siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Pelaihari tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 siswa. Prosedur penelitian terdiri dari 3 tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan Penelitian,dan tahap penyusunan karya tulis ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan dan penyuluhan dapat meningkatkan prestasi pembelajaran bimbingan sosial tata krama dalam kehidupan bermasyarakat pada siswa kelas 8 semester II SMP Negeri 7 Pelaihari. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa siswa yang telah mendapat bimbingan dan konseling maka nilai untuk pembelajaran bidang bimbingan sosial akan lebih baik.

Full Text


PENINGKATAN KEMAMPUAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK KONTRAK PERILAKU PADA SISWA KELAS IX B
SMP NEGERI 281 JAKARTA

Oleh
Suyitna
SMP Negeri 281 Jakarta
Email : suyitna_28@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah Untuk mendeskripsikan kemampuan manajemen waktu terhadap layanan penguasaan konten siswa Siswa Kelas IX B SMP Negeri 281 Jakarta dengan teknik kontrak perilaku. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan manajemen waktu terhadap layanan penguasaan konten siswa Siswa Kelas IX B SMP Negeri 281 Jakarta setelah diterapkannya teknik kontrak perilaku. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) merupakan penelitian pada upaya pemecahan masalah atau perbaikan yang dirancang menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat reflekstif dan kolaboratif
Hasil penelitian pra-siklus yang mengalami peningkatan sebesar 41.8%, hal tersebut menunjukkan bahwa teknik kontrak prerilaku pada kemampuan managemen waktu siswa dapat meningkatkan hasil belajar. Dan pada hasilnya menunjukkan bahwa pencapaian penilaian pada siklus II didapatkan hasil rata-rata sebesar 100% yang masuk dalam kategori baik, hasil ini meningkat sebesar 11.2%. Serta hasil aktivitas siswa menunjukkan bahwa peningkatan belajar siswa dari siklus I sampai dengan siklus II mengalami peningkatan yaitu sebesar 30% dengan penjelasan hasil rata-rata siklus 1 sebesar 50.8% dan hasil rata-rata dari siklus 2 yaitu 80.8%.

Full Text


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA PADA MATERI RECOUNT TEXT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) KELAS X BDP 2 SMK NEGERI 1 SOLOK SELATAN

Oleh
Desi Letni
SMKN 1 Solok Selatan
Email : desiletni75@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa dan memperbaiki proses pembelajaran dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS di kelas X BDP 2 SMK Negeri 1 Solok Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di kelas X BDP 2 SMK Negeri 1 Solok Selatan dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari 5 orang siswa perempuan dan 16 orang siswa laki-laki. Pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas 3 (tiga) jenis yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan maka peneliti dapat menarik kesimpulan dari penelitian ini sebagai berikut bahwa penerapan model Example non example mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada materi signs and symbols disiklus I meningkat pada siklus II. Melalui kompetensi kelompok menjadikan siswa semangat dan aktif dalam proses pembelajaran. Penggunaan media dalam proses pembelajaran, mampu membangkitkan semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

Full Text


MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STRUKTURAL PADA SISWA KELAS IX B SMP NEGERI 281 JAKARTA

Oleh
Moh. Nu’i
SMP Negeri 281 Jakarta
Email : mohammad_nui@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model kooperatif model Struktural pada mata pelajaran PKn siswa kelas IX A SMP Negeri 281 Jakarta tahun pelajaran 2017/2018 dan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Struktural pada siswa kelas IX A SMP Negeri 281 Jakarta tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September hingga November semester Gasal 2017/2018.
Berdasarkan hasil penelitian, pada pra siklus diperoleh nilai rata-rata presentasi belajar siswa adalah 74 dan ketuntasan belajar mencapai 51% atau ada 18 siswa dari 35 siswa sudah tuntas belajar. Hasl tersebut menunjukkan bahwa pada pra siklus secara klasikal siswa belum tuntas belajar, karena siswa yang memperoleh nilai  75 hanya sebesar 51% lebih kecil dari persentase ketuntasan yang dikehendaki yaitu sebesar 85%. Maka penelitian dilanjutkan ke siklus I.
Pada siklus I presentase ketuntasan belajar meningkat menjadi 77%. Namun tetap masih dibawah ketuntasan yang ditentukan. Sehingga penelitian dilanjutkan ke Siklus II.
Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 82 dan ketuntasan belajar mencapai 91% atau ada 32 siswa dari 35 siswa sudah tuntas belajar. Hasil ini menunjukkan bahwa pada siklus II ini ketuntaan belajar secara klasikal telah mengalami peningkatan sedikit lebih baik dari siklus I.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif model Struktural dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn serta Metode pembelajaran kooperatif model Struktural memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (51%), siklus II (80%) dan siklus III (91%).

Full Text


PENERAPAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DRIBBLING
DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI
OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Oleh
Karnoto
SMKN 1 Dlanggu Mojokerto
Email : karnotokarnoto17@gmail.com

ABSTRAK
Penerapanan media video Dribbling pada permainan sepakbola adalah agar siswa dapat melihat video dribbling pada permainan sepakbola dan bisa membaca buku panduan teknik ketrampilan dribbling untuk permainan sepakbola, sehingga siswa dapat mempratekkan dribbling dan dapat mengembangkan pemahaman dan berpikir kritis serta menghindari terjadinya kesalahan-kesalahan pada teknik ketrampilan dribbling yang terus-menerus. Media video ini, diharapkan dapat mengurangi kejenuhan siswa karena selama ini proses pembelajaran yang dilakukan oleh kebanyakan sekolah adalah metode tatap muka (ceramah). Sehingga perlu dilakukan pembelajaran berbasis media video dribbling untuk menarik minat dan mengurangi kejenuhan belajar pada siswa kelas XI MM 2.
Penerapan media video dribbling pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan yang telah dilaksanakan berdasarkan analisis data dan uji coba. Aspek yang diperhatikan dalam penerapan media video ini meliputi: (1) Efektifitas, (2) Kemenarikan, dan (3) Efisiensi.
Hasil penilaian yang diberikan oleh guru terhadap penggunaan media video dribbling pada permainan sepak bola pada mata Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan kelas XI MM 2 adalah bahwa bahan ajar yang menggunakan video dribbling pada permainan sepak bola pada mata Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan digunakan pada siswa kelas XI MM 2 memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar materi dribbling pada permainan sepakbola.

Full Text


IMPLEMENTASI MEDIA BOARD GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYUSUN CONDITIONAL SENTENCES DI SMK NEGERI 1 PUNGGING MOJOKERTO
TAHUN AJARAN 2016/2017

Oleh
Lilla Roosantie
SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto
Email:lilla.puspa@gmail.com

ABSTRAK
Berdasarkan hasil observasi di SMKN 1 Pungging Mojokerto kualitas hasil belajar bahasa Inggris kelas XI TKJ 2 masih di bawah KKM, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa inggris, melalui penggunaan board game sebagai media dalam menyampaikan materi conditional sentence. Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpalan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan observasi siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa digunakan lembar evaluasi atau tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media board game dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris khususnya materi conditional sentence. Hal ini dibuktikan bahwa ketuntasan klasikal pra-tidakan adalah 28.2% meningkat menjadi 59% pada siklus pertama. Selanjutnya meningkat menjadi 93.7% pada siklus kedua.

Full Text

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *