Jurnal Manajemen dan Teknologi Pendidikan Volume IV, Nomor 6, Desember 2018

INOVASI PENGEMBANGAN MADRASAH
(Kombinasi Strategi Penyusunan Program Madrasah dengan Berpikir Pembeda
di MI Negeri 2 Mojokerto Tahun 2018)

Oleh
Akhid Afnan(1), Misbakhul Arifin(2)
MI Negeri 2 Mojokerto
Email : akhid.afnan@yahoo.co.id

ABSTRAK
Pengembangan madrasah terus ditingkatkan secara kualitatif maupun kuantitatif sehingga madrasah dapat mencapai standar nasional pendidikan yang ditargetkan.Upaya pengembangan madrasah dilakukan dengan pilihan strategi menerapkan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah (MPMBM). Penerapan MPMBM berkaitan dengan kompleksnya permasalahan yang dihadapi madrasah.Satu komponen yang penting perannya dalam pengambilan kebijakan program pengembangan di madrasah dan memobilisasi seluruh sumberdaya madrasah adalah kepala madrasah. Peran kepala madrasah bertanggung jawab terhadap program kegiatan madrasah harus ditunjang dengan pelayanan administrasi madrasah yang terencana, teratur, terarah, dan berkesinambungan yang dituangkan dalam bentuk Rencana Kerja Madrasah (RKM). Rencana kerja madrasah dirumuskan dari hasil rekomendasi dalam Evaluasi Diri Madrasah (EDM). Dalam pengembangan program madrasah diperlukan strategi berpikir pembeda oleh kepala madrasah, namun tetap berdasarkan aspirasi warga madrasah (stakeholders madrasah). Strategi berpikir pembeda ini bukan hal yang bertentangan dengan standar pendidikan yang ditetapkan. Strategi berpikir berbeda yang dimaksud kombinasi beberapa pola berpikir yang bertujuan mengembangkan program inovatif, selalu ada pembaharuan meski hasil modifikasi program-program sebelumnya.

Full Text


PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBUATAN SOAL HOTS MELALUI KEGIATAN WORKSHOP DI SMKN 1 LAMONGAN TAHUN 2018/2019

Oleh
Kusnowo
Pengawas Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Provinsi Jawa Timur
Email : sadak.kusnowo@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini merujuk pada rumusan masalah Bagaimanakah langkah-langkah pengembangan instrumen tes HOTS pada semua mata pelajaran pada sekolah SMKN 1 Lamongan dan Bagaimana menghasilkan instrumen tes HOTS pada semua mata pelajaran pada sekolah SMKN 1 Lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui langkah-langkah pengembangan instrumen tes HOTS pada semua mata pelajaran pada sekolah SMKN 1 Lamongan dan Menghasilkan instrumen tes HOTS pada semua mata pelajaran pada sekolah SMKN 1 Lamongan. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Lamongan pada tahun 2018/2019. Metode Penelitian yang digunakan adalah (Action Research), yang dilakukan pada 2 siklus. Setiap siklus mempunyai 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaa, observasi dan refleksi/revisi. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan peningkatan terhadap pengembangan Instrumen Tes HOTS melalui kegiatan workshop dapat dilihat pada peningkatan yang terjadi pada Pra-Siklus (54%), Siklus I (67%), Siklus II (85%). Dapat disimpulkan bahwa pengembangan Instrumen Tes HOTS melalui kegiatan workshop pada semua mata pelajaran pada Sekolah SMKN 1 Lamongan mengalami peningkatan yang positif dan signifikan.

Full Text


MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MATA PELAJARAN MELALUI PEMBIMBINGAN
YANG INTENSIF TERHADAP PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF
DI SMP WILAYAH BINAAN KABUPATEN LUMAJANG

Oleh
Ghoniyul Khusnah
Pengawas SMP Kabupaten Lumajang
Email: ghoniyulkhusnah@gmail.com

ABSTRAK
Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan Guru mata pelajaran melalui pembimbingan yang intensif terhadap penerapkan Strategi Pembelajaran Kooperatif di SMP Wilayah Binaan Kabupaten Lumajang . Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan dalam 3 siklus dengan materi pembimbingan penerapkan Strategi Pembelajaran Kooperatif. Data hasil penelitian berupa hasil pembimbingan yang intensif terhadap penerapkan Strategi Pembelajaran Kooperatif dikumpulkan dengan menggunakan tes. Hasil penelitian berdasarkan analisis data tes menunjukkan terjadi peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, tingkat keberhasilan siklus I (60 %), siklus II (80%) dan siklus III (90%), yang disertai peningkatkan rata-rata keberhasilan tiap guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembimbingan yang intensif terhadap penerapkan Strategi Pembelajaran Kooperatif dapat meningkatan Kemampuan Guru mata pelajaran di SMP Wilayah Binaan Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2018/2019, serta model pembimbingan yang intensif dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembimbingan terhadap guru.

Full Text


PENERAPAN PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN LIMIT FUNGSI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA 1
SMA NEGERI 1 TANAH GROGOT

Oleh
Ngaini
SMA Negeri 1 Tanah Grogot
Email : masngaini@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini berdasarkan permasalahan Apakah model Pembelajaran Missouri Mathematics Project berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dan Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran matematika dengan diterapkannya metode Pembelajaran model Missouri Mathematics Project. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap hasil belajar matematika dan Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran matematika setelah diterapkannya model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran (siklus). Setiap putaran (siklus) terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (61%), siklus II (81%), siklus III (91%). Simpulan dari penelitian ini adalah model Pembelajaran Missouri Mathematics Project dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tanah Grogot Tahun Pelajaran 2015/2016, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative dalam pembelajaran matematika.

Full Text


PENERAPAN SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SDN 007 TANJUNGSARI KECAMATAN KUALA CENAKU KABUPATEN INDRAGIRI HULU
DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Oleh
Purnomo
SD Negeri 007 Tanjungsari
Email : purnomorengat5@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kompetensi Guru Kelas I sampai dengan Kelas VI SDN 007 Tanjungsari dalam pembelajaran Kooperatif melalui Supervisi Klinis Tahun Pelajaran 2018/2019 Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan pada Agustus sampai dengan Oktober 2018 dalam dua siklus dimana seiap sikusnya terdiri dari empat tahap yaitu : pertemuan awal, revisi kontrak, observasi kelas, dan pertemuan balikan. Adapun subyek dari penelitian ini adalah Guru Kelas I sampai dengan Kelas VI, serta siswa kelas I sampai dengan Kelas VI. Sebelum dilaksanakan penelitian, ketercapaian skor 2,33, pada Siklus I ketercapaian skor 3,01 dan 3,24 pada Siklus II. Kompetensi siswa juga terus mengalami peningkatan yaitu dengan ketercapaian skor 2,33 pada Pra Siklus 3,30 pada Siklus I dan 3,47 pada Siklus II. Dengan demikian maka penerapan Supervisi Klinis dapat meningkatkan Kompetensi guru SDN 007 Tanjungsari dalam melaksanakan pembelajaran Kooperatif.

Full Text


PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAJAR MELALUI WORKSHOP KURIKULUM 2013 PADA SEBELAS SD SE-WILAYAH BINAAN I SEMESTER I TAHUN 2018/2019
KECAMATAN BOGOREJO BLORA

Oleh
Sariman
Pengawas SD Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora
Email : namiras.namiras33@gamail.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengajar dengan kegiatan workshop kurikulum 2013 pada sebelas SD se-wilayah Binaan I Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019 di Kecamatan Bogorejo Blora. Dirumusan masalahnya bagaimanakah peningkatan kemampuan mengajar dengan kegiatan workshop kurikulum 2013 pada sebelas SD se-wilayah binaan I semester I Tahun Pelajaran 2018/2019 di Kecamatan Bogorejo Blora?. Subjek penelitian sejumlah 11 orang guru SD di Kecamatan Bogorejo Blora. Penelitian tindakan sekolah (PTS), dilakukan selama 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.. Data penelitian tindakan sekolah selama tiga siklus, pada prasiklus dari 11 SD binaan pengawas ada 5 SD atau 45,45%, perencananaan dan keberhasilan KBM tinggi. Refleksi pada siklus III menjadi 10 SD atau 90,90%. Kesimpulan dengan kegiatan workshop kurikulum 2013, dapat meningkatkan kemampuan mengajar, dan pencapaian perencananaan dan keberhasilan KBM tinggi.

Full Text


MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM UNGGULAN DI SD MUHAMMADIYAH
KLECO KOTAGEDE

Oleh
Gesang Setyo Aji
SD Muhammadiyah Kleco Kotagede
Email : gesangaji69@gmail.com

ABSTRAK
Peningkatan mutu pendidikan melalui program unggulan yang diselenggarakan di sekolah dasar Muhammadiyah turut serta meningkatkan kualitas output pendidikan nasional untuk merespon krisis dalam dimensi kualitas sumber daya manusia maupun krisis dalam bidang identitas dan moralitas manusia Indonesia. Tulisan ini berupaya untuk menyampaikan pandangan tentang upaya manajerial pengembangan kurikulum untuk program-program unggulan dalam konteks Sekolah Dasar Muhammadiyah. Manajemen pengembangan kurikulum program unggulan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum. Perencanaan kurikulum yang dilakukan dalam mencapai tujuan kurikulum. Perencanaan kurikulum yang dilakukan dalam mencapai tujuan kurikulum adalah kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Baca Tulis Al Qur’an (BTAQ).

Full Text


PENINGKATAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KTSP MELALUI STRATEGI SHOPPING (WORKSHOP DAN PENDAMPINGAN) DI SMA BINAAN
KABUPATEN LAMONGAN

Oleh
Lis Nuk Minatin
Pengawas SMA Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Lamongan
Email : lis_nukminatin@yahoo.com

ABSTRAK
Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan bagaimana peningkatan kompetensi kepala sekolah dalam mengembangkan KTSP melalui strategi shopping (workshop dan pendampingan). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.Masing-masing siklus terdapat empat workshop dan pendampingan untuk delapan SMA binaan, dan masing-masing workshop dan pendampingan 5 x 60 menit. Hasil pelaksanaan tindakan workshop dan pendampingan I-IV dengan 31 indikator tindakan pada siklus I mendapatkan skor rata-rata sebesar 76.005 dengan kualifikasi baik dan pada siklus II mendapatkan skor 92,54 dengan kualifikasi sangat baik atau terjadi peningkatan sebesar 16.54. Sedangkan hasil pelaksanaan tindakan berupa dokumen KTSP delapan SMA binaan dengan 75 indikator memperoleh rata-rata persentase ketercapaian indikator sebesar 85.16% dengan kualifikasi baik pada siklus I sedang persentase ketercapaian indikator pada siklus II sebesar 97.49% dengan kualifikasi sangat baik atau terjadi peningkatan sebesar 12.33%.

Full Text


STRATEGI INTERNALISASI NILAI KARAKTER INTEGRITAS MELALUI PENGAWASAN AKADEMIK DI SMP NEGERI MODEL TERPADU BOJONEGORO TAHUN 2017

Oleh
Edy Dwi Susanto
Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro
Email: edo.karak63@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi internalisasi nilai karakter integritas melalui supervisi akademik dan mengetahui hasil supervisi akademik kepada guru tentang strategi menginternalisasi nilaikarakter integritas.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Model Terpadu Bojonegoro pada tahun 2017.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah School Action Research. Subjek penelitian adalah 28 guru SMP Negeri Model Terpadu Bojonegoro dengan rincian 7 pria dan 21 wanita. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus.Setiap siklus terdiri dari empat tahap utama kegiatan, yaitu perencanaan, tindakan, observasidanrefleksi. Hasil pengawasan akademik menunjukkan bahwa guru telah dapat menggunakan strategi internalisasi nilai-nilai karakter integritas melalui tiga tahap yang mewakili proses atau tahap internalisasi, yaitu tahap transformasi nilai, tahap transaksi transaksi, dan akhirnya tahap transinternalisasi. Terjadi peningkatan kualitas RPP dari siklus pertama dengan nilai rata-rata 80,68%, hingga 98% pada siklus kedua. Selain itu, ada juga peningkatan kualitas pembelajaran pada siklus pertama dengan nilai rata-rata 85,04% menjadi 93,13% pada siklus kedua. Akhirnya, tingkat pemahaman guru tentang strategi internalisasi nilai-nilai karakter integritas 96,42% memilih untuk sangat memahami dan memahami.

Full Text


PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN
MELALUI PENDAMPINGAN GUGUS TK DI KECAMATAN BOGOREJO KABUPATEN BLORA
SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Oleh
Suwaibatun
Pengawas TK Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora
Email : suwaibatun1962@yahoo.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian yang ingin di capai adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan Guru dalam pengelolaan pembelajaran melalui pendampingan Gugus TK di Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Dirumusan masalah penelitian: bagaimanakah peningkatan kemampuan Guru dalam pengelolaan pembelajar5an melalui pendampingan Gugus TK di Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019?. Subjek penelitian sebanyak 14 TK dengan jumlah guru sejumlah 34 orang. Tempat penelitian pada Gugus TK Di Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Sekolah; 3 siklus kegiatan, setiap siklus terdiri tindakan: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan/Evaluasi, (4) Refleksi. Berdasarkan hasil dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pendampingan Gugus TK sangat tepat untuk meningkatkan kemampuan Guru dalam pengelolaan pembelajaran.

Full Text


MELALUI TEKNIK FOCUS GROUP DISCUSSION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SEKOLAH BINAAN
KABUPATEN LAMONGAN

Oleh
Khamim
Pengawas SMA Cabang Dinas Pendidikan
Wilayah Kabupaten Lamongan Provinsi Jatim
Email : kham_baid@yahoo.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual melalui FGD. Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan sebanyak 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian Tindakan ini dilaksanakan pada subyek penelitian yaitu 10 orang guru mata pelajaran Ekonomi di 10 Sekolah Binaan kabupaten Lamongan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Metode analisis data dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif penskoran yang kemudian diprosentase. Hasil-hasil dari penelitian ini adalah: bahwa upaya pengawas sekolah melalui teknik FGD mampu meningkatkan kemampuan dan ketrampilan guru dalam menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual. Berdasarkan hasil temuan di atas, penggunaan teknik FGD untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran kontekstual agar terus terus dilakukan.

Full Text


PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN KOMPUTER
SMA NEGERI 1 BONTANG KALIMANTAN TIMUR

Oleh:
Titi Wurdiyanti
SMA Negeri 1 Bontang Kalimantan Timur
Email : titikwurdiyanti@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menyelidiki respon siswa terhadap program, dan (2) menyelidiki perbedaan antara skor prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah mereka menggunakan program (perbedaan antara skor pretest dan posttest).
Subjek uji coba dalam penelitian ini termasuk 82 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan tes fisika (pretest dan posttest). Evaluasi program dilakukan berdasarkan aspek pengajaran dan media. Kritik dan saran responden digunakan untuk meningkatkan program.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa dari aspek pengajaran dan media, program pengajaran fisika berbantuan komputer di sekolah menengah secara keseluruhan menarik, mampu memberikan motivasi belajar (diberi peringkat B oleh responden) dan membuat peningkatan nilai rata-rata siswa dari fisika pretest ke posttest sebesar 18%.

Full Text


MONITORING BERKALA DOKUMEN SATU KTSP UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN KHUSUS DI SEKOLAH BINAAN SMALB MA’ARIF LAMONGAN

Oleh
Jamiati
Binaan SMALB Ma’arif Lamongan
Email: jamiati62@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian Tindakan Sekolah ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana kelengkapan penyusunan Dokumen satu KTSP Kurikuum 2013 Pendidikan Khusus Di Sekolah Binaan SMALB Ma’arif Lamongan, dimulai dari kegiatan prasiklus, Siklus I dan siklus II, dimana di Prasiklus hasil skor di lembar instrument masih jauh dari harapan, setelah dilaksanakan monitoring secara berkala di siklus I mulai ada perubahan, walau masih di bawah KKM, selanjutnya di siklus II memperoleh skor nilai di atas KKM yaitu sebesar 84.52%.

Full Text

Share this

2 thoughts on “Jurnal Manajemen dan Teknologi Pendidikan Volume IV, Nomor 6, Desember 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *