Jurnal Manajemen dan Teknologi Pendidikan Volume V, Nomor 4, Agustus 2019

BUDAYA ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA
DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN
SMAN 1 MENGANTI GRESIK

Oleh
Hariono
SMA Negeri 1 Menganti Gresik
Email : hariono.wr@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh secara simultan dan parsial budaya organisasi dan kepuasan kerja dalam meningkatkan kinerja karyawan SMA Negeri 1 Menganti Gresik, serta untuk mengetahui diantara budaya organisasi dan kepuasan kerja karyawan yang berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan SMA Negeri 1 Menganti Gresik.
Penelitian ini merupakan penelitian Explanatory Research yaitu penelitian yang akan menjelaskan hubungan sebab akibat dari variabel bebas terhadap variabel terikatnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan SMA Negeri 1 Menganti Gresik yang berjumlah 18 orang karyawan.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa budaya organisasi dan kepuasan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan SMA Negeri 1 Menganti Gresik. Konstribusi budaya organisasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan SMA Negeri 1 Menganti Gresik sebesar 90.8%. Sedangkan sisanya sebesar 9.2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Secara parsial variabel budaya organisasi dan kepuasan kerja juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Dijelaskan pula bahwa budaya organisasi dan kepuasan kerja dapat meningkatkan kinerja SMA Negeri 1 Menganti Gresik.

Full Text


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB PADA SISWA KELAS VI
SD NEGERI 004 SEI BEBERAS HILIR INDRAGIRI HULU RIAU

Oleh
Delpi Marisian Nababan
SD Negeri 004 Sei Beberas Hilir
Email: deswalni565@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui upaya meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa dengan menggunakan metode tanya jawab. Penelitian ini dilaksanakan selama empat kali pertemuan yang dimulai dari bulan pebruari sampai dengan bulan maret 2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 004 Sei Beberas Hilir Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indragiri Hulu Riau dengan jumlah 20 orang. Instrumen data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembaran pengamatan terfokus. Data dikumpulkan dengan cara pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung untuk tiga kali pertemuan. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan hasil belajar siswa dikategorikan tinggi dan nilai siswa meningkat pada setiap pertemuan. Dengan demikian metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok kerjasama yang dilakukan oleh negara-negara ASEAN.

Full Text


PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II DI SD NEGERI 017 TITIAN RESAK

Oleh
Eryunani
SD Negeri 017 Titian Resak
Email : syahbihisma021@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas dilakukan di tempat penulis bekerja sebagai pendidik, yakni SDN 017 Titian Resak Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan media kartu bilangan pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan di kelas II SD Negeri 017 Titian Resak Kecamatan Seberida ?; 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media kartu bilangan?. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika tentang operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan media kartu bilangan dapat meningkatkaan prestasi belajar siswa yang lebih baik; 2) Guru harus mampu menggunakan berbagai media pembelajaran sesuai dengan materi yang akan diajarkan di kelas; dan 3) Perbedaan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 017 Titian Resak pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan sebelum perbaikan pembelajaran dan setelah perbaikan pembelajaran cukup signifikan yaitu rata-rata 83,75.

Full Text


MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MENGAJAR
MELALUI IMPLIKASI PEMBINAAN MANAJERIAL
ADMINISTRASI KEPALA SEKOLAH SE GUGUS 04
KECAMATAN AMBULU JEMBER TAHUN 2018/2019

Oleh
Hasyim
Dinas Pendidikan Kabupaten Jember
Email : drs.hasyimjember@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi yang jelas mengenai kinerja manajerial administrasi sekolah oleh kepala sekolah, kinerja guru di SD binaan penulis dan untuk memperoleh informasi yang jelas mengenai berapa besar hubungan kinerja manajerial administrasi sekolah oleh kepala sekolah terhadap kinerja guru SD binaan penulis di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Pelaksanaan dilaksanakan pada bulan Januari hingga April 2019 di 5 SDN binaan Penulis di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember.Tahun Pelajaran 2018 / 2019.
Hasil yang diperoleh pada siklus -1, sikap kepala sekolah dalam menyusun manajerial administrasi yang baik cukup baik dengan rata-rata nilai 76,67. Kepala sekolah sangat antusias melaksanakan penyusunan manajerial administrasi yang baik. Sedangkan dari hasil penilaian terhadap manajerial administrasi yang baik yang disusun oleh kepala sekolah dalam katagori cukup dengan rata-rata 72,33. pada siklus I peneliti melakukan refleksi terhadap hasil yang diperoleh dan ditemukan beberapa hambatan. Sehingga penelitian dilanjutkan ke Siklus II.
Data yang diperoleh dari hasil observasi pada siklus II sikap kepala sekolah dalam menyusun manajerial administrasi yang baik baik, dengan rata-rata nilai 86,67. Kepala sekolah sangat antusias melaksanakan penyusunan manajerial administrasi yang baik. Sedangkan dari hasil penilaian terhadap penilaian manajerial administrasi yang baik disusun oleh kepala sekolah diperoleh rata-rata 80,33 dengan katagori baik.

Full Text


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII C
SMP NEGERI 2 RENGAT BARAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI POKOK SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN SEMESTER 1

Oleh
Magdalena
SMP Negeri 2 Rengat Barat
Email : Magdalena83@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII C melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa hasil observasi aktivitas guru pada siklus I dengan prosentase sebesar 70% dengan kategori baik, dan data siklus II sebesar 82% dengan kategori sangat baik. Sehingga didapatkan data peningkatan aktifitas guru sebesar 16% dengan kategori baik. Hasil observasi siswa pada pertemuan 1 siklus I diperoleh rata-rata aktifitas siswa sebesar 68% dengan kategori baik pada siklus menjadi 79%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata aktifitas siswa sebesar 74 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa meningkat, dari hasil analisis test akhir tindakan siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas siswa sebesar 76 dan siklus II. Dilihat dari ketuntasan siswa pada siklus I hanya 74,2% meningkat pada siklus II mencapai 87,1%, karena itu dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu.

Full Text


ANALISIS MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
SMA NEGERI 1 KEBOMAS GRESIK

Oleh
Muallidin Rosidi
SMA Negeri 1 Menganti Gresik
Email : murosydy@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran kepala sekolah, orang tua/wali murid, dan prestasi sekolah dalam pelaksanaan MBS. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi untuk menguji kebenaran hasil observasi dan wawancara.
Hasil penelitian menemukan bahwa prestasi sekolah ditentukan oleh hubungan antara orang tua dan kepala sekolah dalam menerapkan manajemen berbasis sekolah. Hubungan baik antara sekolah dengan orang tua banyak ditemukan di ruang bimbingan dan konseling dan di ruang kepala sekolah. Peran kepala sekolah dalam penerapan manajemen berbasis sekolah adalah motivasi dan partisipasi sekolah sedang peran orang tua dalam kaitannya manajemen berbasis sekolah adalah perlu partisipasi aktif untuk menunjang prestasi sekolah. Standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, standar penilaian di SMA Negeri 1 Kebomas sudah sesuai dan mengintegrasikan Manajemen Berbasis Sekolah.

Full Text


PENERAPAN METODE METODE DRILL DAN RESITASI
SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LIMIT FUNGSI
PADA SISWA KELAS X AKL 1 SMK NEGERI 1 TANAH GROGOT

Oleh
Rahmawati
SMK Negeri 1 Tanah Grogot
Email : zuamri@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode drill dan resitasi serta untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode metode Drill dan Resitasi.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65%), siklus II (75%), siklus III (95%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode drill dan resitasi dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SMK Negeri 1 Tanah Grogot serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika.

Full Text


UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN SISWA KELAS VIII MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA DI UPTD SMP N 1 TAMBANG ULANG
TAHUN AJARAN 2018/2019

Oleh
Maria Ninik Parjiah
UPTD SMP Negeri 1 Tambang Ulang
Email : marianinik_90@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana layanan bimbingan kelompok yang dapat meningkatkan perilaku disiplin siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan subyek penelitian siswa kelas VIII yang mempunyai kecenderungan perilaku disiplin yang rendah. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, tiap siklusnya terdiri dari: (1). Penyusunan rencana tindakan, (2). Tindakan, (3). Observasi, (4). Refleksi. Untuk memperoleh data digunakan skala psikologi yaitu skala kedisiplinan, selain itu untuk pelengkap data digunakan pedoman observasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas maka disarankan bagi siswa diharapkan dapat meningkatkan perilaku disiplin lebih dan dapat memanfaatkan layanan bimbingan kelompok melalui diskusi dan ceramah, serta penggunaan multimedia seperti film dan CD audio dan bimbingan kelompok yang dipadukan dengan outbound management training, (2). Bagi pembimbing: pembimbing dalam meningkatkan perilaku disiplin siswa kelas 8 hendaknya dirancang melalui bimbingan kelompok dipadukan diskusi dan ceramah, serta penggunaan multimedia seperti film, CD audio dan outbound management training, hendaknya memilih multimedia yang menarik dan memberikan nilai positif serta memperhatikan aspek psikologis anak, mengingat bahwa perilaku disiplin siswa sangat penting dan merupakan faktor pendukung keberhasilan pendidikan dan masa depan siswa.

Full Text

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *