Jurnal Mitra Guru Volume IV, Nomor 2, April 2018

UPAYA MEMPERBAIKI PROSES PEMBELAJARAN DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN STAD DI KELAS IV
SDN 007 KOTA LAMA

Oleh
Enina Ustia
SDN 007 Kota Lama
Email : eninaustia86@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perolehan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 007 Kota Lama yang belum mencapai KKM 75 sesuai dengan ketetapan sekolah. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 007 Kota Lama serta meningkatkan kemampuan dan pemahaman guru dalam penerapan model pembelajaran melalui penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe STAD. Pelaksanaan penelitian ini mengacu pada tahapan PTK yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dari hasil analisis yang dilakukan setelah pelaksanaan didapatkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, aktivitas siswa meningkat dari siklus 1 dengan presentase 82,14 % menjadi 92,86 % pada siklus 2, daya serap siswa pun meningkat dari siklus 1 dengan rata–rata 84,96 menjadi rata–rata 87,27 pada siklus 2, selain itu ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari siklus 1 dengan presentase ketuntasan 86,36 % menjadi 90,90 % pada siklus 2, sehingga dapat disimpilkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonasia siswa kelas IV SDN 007 Kota Lama Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 Pada materi Menentukan kalimat utama pada tiap paragraf.


PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJARMATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI
TGB 2 SMKN 1 SIDOARJO

Oleh
Ismah Indah
SMK Negeri 6 Surabaya
Email : ismaindah23@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui pelaksanaan metode diskusi kelompok kecil dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Matematika di Kelas XI TGB 2 SMK Negeri 1 Sidoarjo dan 2) Mengetahui pengaruh dari metode diskusi kelompok kecil yang diterapkan di kelas XI SMK Negeri 1 Sidoarjo terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksankan di SMK Negeri 1 Sidoarjo, subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB 2 yang berjumlah 30 orang. Prosedur penelitian tindakan ini terdiri dari 3 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI TGB 2 SMK Negeri 1 Sidoarjo. Hal ini dapat dibuktikan dari peningkatan ketuntasan siswa disetiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebanyak 13 atau 43.3%, siklus II siswa yang tuntas belajar sebanyak 21 atau 70%, pada siklus II dari 30 siswa sebanyak 28 atau 93.3% sudah tuntas belajar sisanya 2 atau 6.7% belum tuntas belajar.


MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS  PARAGRAF BAHASA INGGRIS

Oleh
Tajuddin Subekti
Guru SMAN 1 Grogol Kabupaten Kediri
E-mail : tj_subekti@yahoo.com

ABSTRAK
Penelitian dilaksanakan di kelas X-2 SMAN 1 Grogol pada semester gamjil Tahun Pelajaran 2017/2018 yang jumlah siswanya ada 36 anak. Penelitian ini dilakukan dalam 5 siklus, yang masing-masing siklus melalui kegiatan Perencanaan (planning), Pelaksanaan (acting), Pengamatan (observing) dan Refleksi (reflecting). Dalam pelaksanaannya setiap siklus terbagi dalam minimal 2 kali pertemuan. Aktifitas yang bisa dilakukan selama berada di lingkungan sekitar sekolah adalah; pengamatan (observasi), permainan (roleplay) dan wawancara (interview). Setelah siswa mendapatkan ide yang dimaksudkan, kemudian mereka kembali ke dalam kelas untuk membuat paragraf. Di dalam kerja kelompok sangat dimungkinkan mereka untuk saling tukar menukar informasi. Dan setelah mereka membuat draf, mereka juga berkesempatan untuk saling tukar menukar pekerjaan mereka untuk mendapatkan peer review. Setelah memperoleh saran dari teman kemudian yang terakhir mereka memperbaikinya untuk diserahkan kepada guru.
Prosedur ini ternyata cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis paragraf bahasa Inggris. Hal ini terbukti bahwa selama lima siklus penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan dalam menulis paragraf bahasa Inggris.


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DI SD NEGERI 007 KOTA LAMA

Oleh
Lisma Suryani
SDN 007 Kota Lama
Email : wilmanmsi8@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas IV SDN 007 Kota Lama, dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning dengan tujuan meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dalam 2 siklus dapat ditemukan hasil, pada siklus 1 siswa yang dapat mencapai nilai KKM adalah 13 orang dari total 28 siswa setelah itu dilanjutkan dengan siklus 2 untuk mencapai hasil yang lebih memuaskan dalam meningkatkan hasil belajar. Dalam siklus 2 jumlah siswa mencapai jumlah KKM adalah 22 siswa dari total 28 siswa yang berarti terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan dari siklus 1 ke siklus 2. Dengan hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative learning di SD Negeri 007 Kota lama mengalami peningkatan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri 007 dalam pembelajaran matematika.


MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS
DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X UPW 2
MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DI SMK N 6 SURABAYA

Oleh
Maria Sunartini
SMK Negeri 6 Surabaya
Email : mariasigit67@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah 1) Meningkatkan hasil belajar Matematika materi relasi dan fungsi pada siswa kelas X UPW 2 dan Meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa terhadap materi relasi dan fungsi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 6 Surabaya pada siswa kelas X UPW 2 dengan jumlah 40 siswa, semester ganjil, Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan selama tiga bulan dari bulan sampai dengan bulan Juli s.d September tahun 2016. Siklus dimulai dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Peneliti dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X UPW 2 di SMK N 6 Surabaya pada materi relasi dan fungsi meningkat melalui penerapan PBL dengan penugasan dan latihan.


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MEMPERBAIKI PROSES PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 007 KOTA LAMA

Oleh
Linda Yanti
SDN 007 Kota Lama
Email : lindayaanti1969@gmail.com

ABSTRAK
Penulisan ini dibuat bertujuan untuk dapat mengetahui Apakah Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat memperbaiki proses pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 007 Kota Lama Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu Tahun Pelajaran 2015/2016 khususnya pada materi perubahan ketampakan permukaan bumi dan benda langit. Berdasarkan hasil penulisan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, sebelum dilakukan tindakan siswa yang mencapai ketuntasan belajar hanya 29,16%, sedangkan setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran dengan penerapan metode kooperatif tipe STAD pada siklus I mengalami kenaikan sehingga persentase hasil belajar menjadi 70,83%, karena pada siklus I masih belum mencapai ketuntasan minimum maka penulisan ini dilanjutkan siklus II. Pada siklus II ini persentase hasil belajar meningkat menjadi 87,50% . Karena menurut Arikunto,2009 klasifikasi sangat tinggi (75-100%) maka pada siklus II tersebut dinyatakan tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.


UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH
PADA SISWA KELAS VIII B SMPN 5 LUMAJANG

Oleh
Nuripah
SMP Negeri 5 Lumajang
Email : nurifahnurifah4@gmail.com

ABSTRAK
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah upaya meningkatkan prestasi belajar matematika melalui metode pembelajaran kontekstual berbasis masalah pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Lumajang semester genap tahun pelajar 2017 / 2018. Salah satu tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas VIII B di SMP Negeri 5 Lumajang tahun pelajaran 2017/2018, melalui metode pembelajaran kontekstuan berbasis masalah.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII B di SMP Negeri 5 Lumajang tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 siswa, dengan 13 siswa laki-laki dan 19 siswi perempuan. Tindakan dilakukan dalam dua siklus dengan materi tentang keliling dan luas lingkaran serta hubungan unsur-unsur lingkaran, dengan Kompetensi Dasar 3.7. Data hasil Penelitian Tindakan kelas berupa hasil belajar matematika yang telah diujikan dengan mengerjakan soal-soal Siklus I dan Siklus II.
Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan terjadi peningkatan. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan ketuntasan dari siklus I sampai dengan siklus II yaitu : Siklus I ( 75,00 % ), dan siklus II ( 87,50 % ), yang disertai peningkatan rata-rata pada siklus I (74,34) dan siklus II (89,94) sehingga mengalami peningkatan hasil belajar dan ketuntasan belajar secara klasikal pada setiap akhir siklus.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kontekstual berbasis masalah, dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Lumajang semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Saran yang dapat dikemukakan adalah karena teknis semacam ini dapat meningkatkan hasil belajar, hendaknya ditindaklanjuti, tidak hanya mata pelajaran matematika saja. Dengan demikian maka mutu sekolah akan meningkat.


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS IX
SMP NEGERI 2 KUALA CENAKU

Oleh
Ahmad Rasbi
SMP Negeri 2 Kuala Cenaku
Email : rasbiahmad22@gmail.com

ABSTRAK
Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN siswa kelas IX SMP NEGERI 2 Kuala Cenaku, yaitu hanya 9 siswa (37,5%) dari 24 siswa yang mampu mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dari adanya peningkatan Dengan hasil ulangan harian I dan ulangan harian II yang didapat siswa sesudah tindakan, didapatlah jumlah ketercapaian indikator pada ulangan harian I pada siklus I yaitu jumlah siswa yang mencapai KKM yaitu 16 orang siswa (67%) dari total 24 orang siswa di kelas lalu dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM pada UH 2 di siklus II naik menjadi 21 orang (87,5%) dari total 24 orang siswa di dalam kelas. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKN siswa kelas IX SMP NEGERI 2 Kuala Cenaku tahun pelajaran 2015/2016.


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TSTS) KELAS III SD NEGERI 028 PEMATANG REBA

Oleh
Suratmi
SD Negeri 028 Pematang Reba
Email : suratmiaja66@gmail.com

ABSTRAK
Dalam proses pembelajaran di sekolah sering mengalami hambatan, karena kurangnya media dan alat peraga. Seperti hasil pengamatan yang penulis lakukan pada siswa kelas III SD Negeri 028 Pematang Reba, kemauan belajar siswa kurang, kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran, kurang menguasai materi pelajaran, dan suka mencontek hasil kerja teman sekelas.
Berdasarkan data hasil pelaksanaan perbaikan pembelajaran di kelas III SD Negeri 028 Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray dapat disimpulkan sebagai berikut: Rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa pada Siklus I adalah 72,37. Dan pada Siklus II nilai rata-ratanya 78,77. Ketercapaian KKM siswa pada Siklus I sebanyak 20 siswa atau 63,33%. Dan pada Siklus II seluruh siswa mencapai KKM atau 100%.
Dari kesimpulan diatas dapat dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri 028 Pematang Reba pada materi energi telah berhasil dilaksanakan.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *