Jurnal Mitra Guru Volume IV, Nomor 6, Desember 2018

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN KELAS V SDN 002 KOTA LAMA TAHUN AJARAN 2016/2017

Oleh
Indarti
SD Negeri 002 Kota Lama
Email :Indartizm@ymail.com

ABSTRAK
Penulis ingin mencoba untuk melakukan suatu penelitian yang berfokus pada penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa terhadap semua mata pelajaran di SD, khususnya mata pelajaran PKn. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran PKn di SD melalui Penelitian Tindakan Kelas ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, serta menumbuhkan interaksi sesama siswa. Sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, yang pada akhirnya tercapai prestasi belajar yang optimal. Pada awal pra siklus jumlah siswa yang mampu mencapai KKM hanya 11 orang (39,28%) dari 28 orang jumlah siswa di kelas, pada siklus 1 meningkat menjadi 18 orang (64,28%) dan pada siklus 2 naik lagi menjadi 24 orang (86%). Dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran PKn.

Full Text


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TSTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN KELAS IV SD NEGERI 028 PEMATANG REBA TAHUN AJARAN 2017/2018

Oleh
Medrohelli
SD Negeri 028 Pematang Reba
Email : medroheli0330@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai pembelajaran PKn siswa yang banyak dibawah KKM, KKM PKn adalah 75. Dari 24 siswa hanya 7 orang yang mencapai KKM. Tujuan penulisan perbaikan pembelajaran adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 028 Pematang Reba. Pelaksanaan penulisan perbaikan pembelajaran dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penulisan menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa SDN 028 Pematang Reba pada siklus I sebesar 63%. Pada siklus II sebesar 83,33%. Hasil belajar-mengajar juga meningkat. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 028 Pematang Reba telah dinyatakan berhasil.

Full Text


PENERAPAN METODE SURVEY-QUESTION-READ-RECITE-REVIEW (SQR3) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI MATERI STRATIFIKASI SOSIAL
KELAS XI IPS 1 SMAN 1 BONTANG

Oleh
Eros Rosita
SMA Negeri 1 Bontang
Email : erosita68@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode SQR3 berpengaruh terhadap hasil belajar Sosiologi dan Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Sosiologi dengan diterapkannya metode SQR3. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2017/2018 di SMA Negeri 1 Bontang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (57,14%), siklus II (73,75%) dan siklus III (89,29%). Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa metode SQR3 dapat berpengaruh positif terhadap Prestasi belajar Siswa XI IPS 1 SMAN 1 Bontang.

Full Text


UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KASUS PELANGGARAN HAK
DAN PENGINGKARAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN METODE QUESTIONING

Oleh
Sukarmi
SMA Negeri 1 Pasir Belengkong
Email : sukarmi15@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini berdasarkan permasalahan apakah metode pembelajaran questioning berpengaruh terhadap hasil belajar dan seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan diterapkannya metode pembelajaran metode questioning. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap pengaruh metode pembelajaran questioning terhadap hasil belajar serta ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan setelah diterapkannya metode tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (70%,), siklus II (82%), siklus III (94%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode questioning dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas X IPA-2 serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Pendidikan Kewarganegaraan.

Full Text


IMPLEMENTASI STRATEGI GUIDED TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN MATERI SUMBER PENERIMAAN PEMERINTAH KELAS XI IPS 1 MADRASAH ALIYAH BINA ISLAM TANAH GROGOT

Oleh
Ruwiyati
Madrasah Aliyah Bina Islam Tanah Grogot
Email : ruwiyati45@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi guided teaching terhadap motivasi belajar dan pemahaman materi sumber penerimaan pemerintah pusat dan pemerintah daerah pada siswa kelas XI IPS 1 di Madrasah Aliyah Bina Islam Tanah Grogot. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Bina Islam Tanah Grogot Tahun Pelajaran 2015/2016. Desain Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, serta revisi. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (66,67%,), siklus II (87,09%).

Full Text


PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN INTERPERSONAL INTELLIGENCE GUNA MENINGKATKAN PERILAKU HUSNUZHAN DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS X–1 SMA MUHAMMADIYAH TANAH GROGOT

Oleh
Siti Nurung
SMA Muhammadiyah Tanah Grogot
Email : hasir90@ymail.com

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh pembelajaran metode pengembangan interpersonal intelligence terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam, dan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam setelah diterapkannya pembelajaran metode pengembangan interpersonal intelligence. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas x-1 semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (57%), siklus II (80%), siklus III (92%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pengembangan interpersonal intelligence dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas X, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif Pendidikan Agama Islam.

Full Text


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VII SMP NEGERI 3 RENGAT MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TAHUN AJARAN 2016/2017

Oleh
Isti Mardiah
SMP Negeri 3 Rengat
Email : hasni65@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang kurang memuaskan, hal ini dikarenakan metode yang digunakan tidak bervariasi sehingga membuat anak bosan sehingga jumlah rata-rata anak pada prasiklus tidak mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII melalui penggunaan media gambar di SMP Negeri 3 Rengat. Pelaksanaan dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan,. Pada pertemuan awal hasil siswa masih kurang berhasil karena hanya 45% siswa yang mencapai KKM yang telah ditentukan, setelah dilakukan refleksi pada siklus I jumlah siswa meningkat dari 65,51%dan setelah dilaksanakan siklus II meningkat menjadi 89%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar ini dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Rengat tahun ajaran 2016/2017.

Full Text


PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP 3 RENGAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Oleh
Tiani Pardosi
SMP Negeri 3 Rengat
Email : tianni88@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran sebelum dilakukannya penelitian maka guru menggunakan media audio visual secara efektif di Kelas VIII SMP Negeri 3 Rengat belum di digunakannya media audio visual secara optimal untuk pembelajaran bahasa indonesia dan mata pelajaran lainnya. Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Rengat.dalam penelitian ini siswa kelas Kelas VIII SMP Negeri 3 Rengat yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini di laksanakan dalam 2 siklus.dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan dan satu kali ulangan harian.penelitian tindakan kelas menggunakan langkah-langkah : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.hasil pengamatan terhadap aktivitas Guru dan siswa menunjukkan terjadi peningkatan dalam proses pembelajaran.hal ini dapat di lihat dari siklus 1 yang tuntas sebanyak 16 siswa dari 26 siswa.sedangkan pada siklus 2 yang tuntas meningkat menjadi 21 siswa dari 26 siswa.Jadi,dapat di simpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Rengat.

Full Text


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MENGGUNAKAN MODEL ACTIVE LEARNING
TIPE ROLE REVERSAL QUESTION PADA SISWA KELAS VII/2 SMP NEGERI 2 TANAH JAWA

Oleh
Bambang Nata Kusuma
SMP Negeri 2 Tanah Jawa
Email : bambangnk@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan model active learning tipe role reversal question pada siswa kelas VII/2 SMP Negeri 2 Tanah Jawa.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII/2 SMP Negeri 2 Tanah Jawa yang berjumlah 36 siswa. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan ≥75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai ≥70.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas VII/2 SMP Negeri 2 Tanah Jawa setelah menggunakan model active learning tipe role reversal question baik pada siklus I maupun siklus II. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 25% dengan kondisi awal 44% meningkat menjadi 69% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 28% menjadi 97%. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 8,75% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,97%.

Full Text


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN
METODE MIND MAP KELAS VII.B SEMESTER I TAHUN AJARAN 2015/2016

Oleh
Eva Zulaini
SMP Negeri 4 Rengat
Email : eva67@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang kurang memuaskan, hal ini dikarenakan metode yang digunakan tidak bervariasi sehingga membuat anak bosan sehingga jumlah rata-rata anak pada prasiklus tidak mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VII.b melalui penggunaan metode Mind mapping di SMP Negeri 4 Rengat. Pelaksanaan dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada pertemuan awal hasil siswa masih kurang berhasil karena hanya 64,28% siswa yang mencapai KKM yang telah ditentukan, setelah dilakukan refleksi pada siklus I jumlah siswa meningkat dari 64,28% dan setelah dilaksanakan siklus II meningkat menjadi 86%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Mind mapping ini dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VII.b SMP Negeri 4 Rengat tahun ajaran 2015/2016.

Full Text


PENERAPAN METODE MAKE A MATCH GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS
SISWA KELAS VIII.A SMP NEGERI 4 RENGAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Oleh
Jojor Duma Hotmian Siagian
SMP Negeri 4 Rengat
Email : duma28@gmail.com

ABSTRAK
Rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII.a pada mata pelajaran IPS terdapat 16 orang siswa di bawah KKM (78) dari total 24 siswa pada SMP Negeri 4 Rengat pada tahun pelajaran 2017/2018 membuat peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif make a match yang bertujuan agar memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.a SMP Negeri 4 Rengat yang akan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan 1 kali ulangan harian. Peneliti menggunakan model pembelajaran kontekstual berbasis masalah di dalam kelas. Setelah dilakukan evaluasi UH-1 dan UH-2 hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan yaitu : prasiklus hanya 12 peserta didik yang mencapai KKM (78) atau 48%. Pada siklus 1 naik menjadi 15 orang siswa atau 62,5% dan pada siklus 2 juga meningkat menjadi 20 orang siswa atau 83,33%. Jadi bisa disimpulkan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif make a match dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran kontekstual berbasis masalah dalam proses pembelajaran.

Full Text


UPAYA MEMAKSIMALKAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH DENGAN MENINGKATKAN PERFORMA PADA SISWA KELAS XII IPA 1 SMA NEGERI 1 TANAH GROGOT
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Oleh
La Mahosa
SMA Negeri 1 Tanah Grogot
Email : la_lamohasa007@gmail.com

ABSTRAK
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah Bagimanakah meningkatkan prestasi penguasaan dasar-dasar tehknik lompat jauh bagi siswa dalam diterapkannya metode demontrasi dan Bagaimana pengaruh metode Meningkatkan performa terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanah Grogot tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini untuk Mengetahui peningkatan prestasi belajar dasar-dasar lompat jauh pada siswa, dan ingin mengetahui motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari dua tahap yaitu rancangan, kegiatan dan pengamatan. Refleksi dan refisi Sasaran penelitian ini adalah Siswa Kelas XII dari data diperoleh berupa hasil tes praktik, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisa didapat bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatakan dari siklus I sampai II yaitu, siklus I (70%), siklus II (81%) dan siklus III (91%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode Meningkatkan performa dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Tanah Grogot serta model pembejalaran dapat digunakan sebagai salah satu alternative Pengajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan.

Full Text


MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN
MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BER-SETTING MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW
DI KELAS XII IPS-3 MAN 2 HULU SUNGAI SELATAN

Oleh
Achmad Sya’roni
Madrasah Aliyah Negeri 2 Hulu Sungai Selatan
E-mail : wakjokdg@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui (1) peningkatan kualitas pembelajaran guru, (2) peningkatan aktivitas siswa, (3) peningkatan hasil belajar siswa dan (4) respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS ber-setting model kooperatif tipe jigsaw MAN 2 Hulu Sungai Selatan tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS-3 dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar, selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model ARIAS ber-setting model kooperatif tipe jigsaw pada materi menggunakan openoffice.org impress untuk membuat presentasi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran guru, aktivitas siswa, hasil belajar dan siswa memberikan respon yang positif terhadap penerapan model ARIAS ber-setting model kooperatif tipe jigsaw.

Full Text

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *