Jurnal Mitra Guru Volume IV, Nomor 5, Oktober 2018

PENERAPAN METODE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS III
SD NEGERI 010 KAMBESKO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Oleh
Nenitasari
SD Negeri 010 Kambesko
Email : Nenita245@gmail.com

ABSTRAK
Rendahnya hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA materi kenampakan permukaan bumi terdapat 17 orang siswa di bawah KKM ( 75 ) dari total 31 siswa pada SD Negeri 010 Kambesko pada tahun pelajaran 2015/2016 membuat peneliti menggunakan metode STAD yang bertujuan agar meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 010 Kambesko yang akan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan 1 kali ulangan harian. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan prasiklus hanya 13 peserta didik yang mencapai KKM ( 75 ) atau 42%. Pada siklus 1 naik menjadi 21 orang siswa atau 68 % dan pada siklus 2 juga meningkat menjadi 25 orang siswa atau 81 %. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 010 Kambesko yang terletak diKabupaten Indragiri Hulu. Pelaksanaan penulisan ini adalah pada awal bulan Maret sampai April 2016. Jadi bisa disimpulkan dengan penggunaan model pembelajaran tipe STAD dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text


PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TEKNIK MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN 014 AIR MOLEK 1

Oleh
Abasri
SDN 014 Air Molek 1
Email : abasri12d@gmail.com

ABSTRAK
Penggunaan metode dan teknik yang kurang tepat dalam membelajarkan PKn di kelas tentunya akan membawa kondisi kelas yang tidak lagi nyaman bagi siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini terjadi pada keberhasilan siswa kelas IV SD Negeri 014 Air Molek 1 sebesar 46,9% dengan rata-rata nilai 63,59. Dengan pembelajaran kooperatif teknik make a match diharapkan meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan performansi guru pada mata pelajaran PKn khususnya materi globalisasi. Pembelajaran kooperatif teknik make a match merupakan teknik pembelajaran make a match mampu menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata PKn yaitu 69,69 dengan tuntas belajar klasikal sebesar 66,67%, sedangkan pada siklus II nilai rata- ratanya yaitu 79,54 dengan tuntas belajar klasikal 100%, maka terjadi peningkatan antara siklus I dan siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 68,75% sedangkan pada siklus II yaitu 89,58% sehingga terjadi kenaikan sebesar 20,83%. Performansi guru pada siklus I yaitu 89,50% sedangkan pada siklus II yaitu 93,44%.

Full Text


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MEGGUNAKAN PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK SISWA
KELAS IV SD NEGERI 005 TITIAN RESAK

Oleh
Sugiyah
SD Negeri 005 Titian Resak
Email : sugiyah005@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 005 Titian Resak Tahun Pelajaran 2017/2018 pada semester II. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran dilaksanankan pada bulan Agustus hingga September 2018. Penelitian ini dilakukan karena sering terjadinya kendala proses dalam pembelajaran yang dilakukan guru dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran. Ditambah lagi dengan pemikiran siswa bahwa mata pelajaran IPS sangat membosankan karena siswa dituntut banyak menghafal. Karena itu penelitian mengambil model pembelajaran kooperatif numbered heads together ( NHT ) dengan tujuan agar siswa dalam tertarik dan juga meningkatkan hasil belajar dengan materi yang disajikan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 005 Titian Resak dengan jumlah siswa 27 orang. Prosedur penelitian berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada tahap perencanaan peneliti menyiapkan silabus, RPP, LKS, lembar observasi siswa dan alat penilaian kemampuan guru. Data awal siswa yang mencapai KKM hanya 52%. Pada siklus I mencapai 70,3 % dan meningkat menjadi 89 % pada siklus II dengan persentase kenaikan 18,7%..

Full Text


PENGEFEKTIFAN METODE SINERGI PENGALAMAN NYATA DAN GAME PEMBUKTIAN (SIMAN NYATE MEN) DALAM MEMAHAMI PENGETAHUAN SEDEKAH
DI MI NEGERI 2 MOJOKERTO

Oleh 
Akhid Afnan
MI Negeri 2 Mojokerto
Email : akhid.afnan@yahoo.co.id

ABSTRAK
Dalam kompetensi inti memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain menunjukkan pembelajaran untuk memahami pengetahuan. Pada kompetensi inti ini dijabarkan kompetensi dasar mengenai mengenai pengertian, ketentuan, dan manfaat infak serta sedekah.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pengefektifan metode Sinergi Pengalaman Nyata dan Game Pembuktian (Siman Nyate Men) dalam memahami pengetahuan faktual sedekah di MI Negeri 2 Mojokerto?. Tujuan yang ingin dicapai adalah mendeskripsikan pengefektifan metode Sinergi Pengalaman Nyata dan Game Pembuktian (Siman Nyate Men) dalam memahami pengetahuan faktual sedekah di MI Negeri 2 Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan. Upaya pengefektifan metode Sinergi PengalamanNyata dan Game Pembuktian (Siman Nyate Men) dalam memahami pengetahuan faktual sedekah dilakukan melalui (1) perencanaan metode; (2) pelaksanaan metode; 3) Penilaian Metode

Full Text


PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG BILANGAN LONCAT MELALUI
MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT PADA SISWA KELAS 1 SDN 011 KEMBANG HARUM

Oleh
Sutinem
SDN 011 Kembang Harum
Email: sugandajr263@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SDN 011 Kembang Harum pada matematika dengan model pembelajaran Card Sort. Masalah yang dikaji adalah apakah penerapan model pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas 1 SDN 011 Kembang Harum Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Penelitian ini menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa. Pada pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa atau 54,5% dan 10 siswa atau 45,45% belum tuntas dengan rata-rata 66,36. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa atau 72,7% dan 6 siswa atau 27,2% belum tuntas dengan rata-rata 80. Dan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa atau 95,3% dan 1 siswa atau 5,70% belum tuntas dengan rata-rata 93,86 Nilai akhir hasil belajar siswa dari pra siklus hingga siklus II memberi bukti bahwa penggunaan model pembelajaran Card sord pada mata pelajaran matematika materi bilangan loncat 2, 3,dan 4 di kelas 1 SDN 011 Kembang Harum mengalami peningkatan.

Full Text


PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI COOPERATIVE LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA STIK BERJALAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 005 LUBUK SITARAK

Oleh
Darlis
SDN 005 Lubuk Sitarak
Email : darlis11041964@gmail.com

ABSTRAK
Permasalahan dalam penelitian ini adalah peneliti ingin bagaimana cara meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 005 Lubuk Sitarak dengan jumlah siswa 35 anak. Instrumen pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Data selanjutnya diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dengan media stik berjalan berhasil meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III SD Negeri 005 Lubuk Sitarak. Dalam setiap siklus aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan siklus I dengan rata-rata nilai 2,71 atau 67,7% dan siklus II 3,2 atau 80,5%. Hasil belajar siswa pada pre tes dan pos tes mengalami peningkatan siklus I rata-rata nilai pre tes 56, pos tes 64 sedangkan siklus II pre tes 65, pos tes 88. Persentase ketuntasan belajar yaitu siklus I 54% dan siklus II 89%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) menggunakan Cooperative Learning dengan media stik berjalan pada siswa kelas III SD Negeri 005 Lubuk Sitarak dapat meningkatkan aktivitas siswa.

Full Text


PENGGUNAAN REPLIKA SISTEM PEREDARAN DARAH DALAM MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR PEREDARAN DARAH PADA SISWA KELAS V SDN DINOYO 1 MALANG

Oleh
Istiqomah Aminin
SDN Dinoyo 1 Malang
Email: isti.aminin@gmail.com

ABSTRAK
Pembelajaran sistem peredaran darah pada siswa kelas 5 SDN Dinoyo 1 masih tergolong rendah. Hal ini terlihat ada 52,5% siswa yang mendapat nilai dibawah KBM (Kriteria Belajar Minimal). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media replika sistem peredaran darah dalam meningkatkan hasil belajar peredaran darah pada siswa kelas V SDN Dinoyo 1. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian terdiri dari 40 siswa kelas V SDN Dinoyo 1. Metode pengumpulan data menggunakan testulis, lembar observasi, lembar wawancara dan catatan anekdot. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan replika sistem peredaran darah pada pembelajaran peredaran darah pada siswa kelas V SDN Dinoyo 1. Hal ini ditunjukkan terdapat 80% siswa yang mendapat nilai diatas KBM.

Full Text


UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI ASPEK-ASPEK KEPENDUDUKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS XI IPS 4 SMAN 1 LONG IKIS

Oleh
Zuhaidah
SMAN 1 LONG IKIS
Email : Zuhaidah_76@gmail.com

ABSTRAK
Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Aspek-Apek Kependudukan Melalui Model Pembelajran Kooperatif Tipe Student Team Achievement (STAD) Di Kelas XI IPS 4 SMA N 1 Long Ikis. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus, dengan masing – masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas XI IPS 4 SMA N 1 Long Ikis yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah melalui lembar observasi, dokumentasi dan tes tertulis pada akhir pertemuan. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan formula persentase.
Berdasarkan analisis data pada akhir Siklus I dan Siklus II diperoleh Hasil rata-rata peningkatan aktivitas siswa sebagai berikut : 1) menanggapi tugas kelompok 75%, 2) bertanya 109,09, 3) menjawab pertanyaan 144,44%. Persentase peningkatan aktivitas belajar siswa secara rata-rata antara siklus I dan siklus II sebesar 106,18%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak positif terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPS 4 SMA N 1 Long Ikis.

Full Text


PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MEDIA SMART STICK PADA PESERTA DIDIK
KELAS XI BUSANA BUTIK 1 SEMESTER 1

Oleh
Suwidi
SMK Negeri 1 Pringapus
Email : suwidi29@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas XI Busana Butik 1 SMK Negeri 1 Pringapus melalui penerapan media Smart Stick. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan membandingkan kondisi awal, hasil siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media Smart Stick dapat meningkatkan hasil belajar pada kondisi awal pencapaian KKM rata-rata ulangan harian diperoleh 63,4 (6 siswa telah tuntas) pada siklus I rata-rata nilai meningkat menjadi 70,4 (20 siswa telah tuntas), dan pada siklus II rata-rata nilai meningkat menjadi 87,12 (31 siswa telah tuntas) dari jumlah keseluruhan 31 siswa.

Full Text


UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP EKOSISTEM DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS X IPA 1 TAHUN PELAJARAN 2017 – 2018

Oleh
Titik Sudarmini
SMA Negeri 1 Bontang
Email : titik.smini@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah pembelajaran Inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar Biologi dan Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Biologi dengan diterapkannya metode pembelajaran Inkuiri. Waktu penelitian ini dilakukan adalah bulan Februari – April pada semester genap tahun pelajaran 2017 / 2018 di SMAN 1 Bontang Kelas X IPA 1. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar Biologi dan Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Biologi setelah diterapkannya pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X MIPA 1. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I , siklus II sampai siklus III yaitu, siklus I (68%), siklus II (81%) , siklus III (90% ). Maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran inkuiri dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas X MIPA 1, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Biologi .

Full Text


PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP
PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 BONTANG

Oleh
Maryanti
SMA Negeri 1 Bontang
Email : maryanti25@yahoo.com

ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Bontang Kelas XI IPA sebanyak 75 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel dengan rumus Slovin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan analisis regresi dalam pendekatan kuantitatif. Analisis regresi merupakan salah satu analisis yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh suatu variabel terhadap variabel lain.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa kontribusi kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa sebesar 9 %, kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 7%, serta kontribusi kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 13,90 %.

Full Text


PENERAPAN METODE DRILL DAN RESITASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LIMIT FUNGSI PADA SISWA KELAS X IPA-1
SMA NEGERI 1 LONG IKIS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Oleh
Riama BR Sianturi
SMA Negeri 1 Long Ikis
Email : riama.brs@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode drill dan resitasi, serta ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode metode drill dan resitasi.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65%), siklus II (75%), siklus III (95%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode drill dan resitasi dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPA 1 serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika.

Full Text


PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI ORGAN UNGGAS KELAS VII TUNA RUNGU WICARA SLBN JEPON BLORA

Oleh
Nudjedwi Raleg Tiwan
SLB Negeri Jepon Kabupaten Blora
Email : raleg123@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi nama-nama organ unggas setelah diberikan tindakan penerapan model pembelajaran discovery learning. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 4 siswa.Pelaksanaan dalam dua siklus, tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada tahap perencanaan peneliti menyiapkan silabus, RPP, LKS, lembar observasi siswa dan guru. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama 3 bulan pada semester I tahun pelajaran 2017/2018. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil analisis data aktivitas dan hasil belajar materi nama-nama organ unggas mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I( 50%), siklus II (75%),dan siklus III(100%). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi nama-nama organ unggas serta secara klasikal sudah dapat dikatakan tuntas.

Full Text

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *