Jurnal Mitra Pendidikan Volume V, Nomor 1, Januari 2018

PENGARUH MOTIVASI, PERHATIAN ORANG TUA, KEPEMIMPINAN DAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 22 SURABAYA

Oleh
Karyanto
SMA Negeri 22 Surabaya
Email : sman22surabya@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh motivasi belajar, mengetahui besarnya perhatian orang tua, mengetahui besarnya pengaruh efektivitas kepemimpinan kepala sekolah, mengetahui besarnya pengaruh kemampuan mengajar, mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh motivasi, kepemimpinan kepala sekolah, perhatian orang tua dan kemampuan mengajar guru, secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 22 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 22 Surabaya sebanyak 1006 siswa dan sampel penelitian ditentukan 265 siswa sebagai responden dengan teknik simple random sampling. Hasil analisa data menggunakan Mutiple Linier Regression Analysis menunjukkan (1) motivasi belajar siswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa (2) perhatian orang tua mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa (3) kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa (4) kemampuan guru mengajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa (5) secara bersama-sama motivasi belajar siswa, perhatian orang tua, kepemimipinan kepala sekolah dan kemampuan guru mengajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa.


MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT KBM MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMP NEGERI 1 JORONG TANAH LAUT
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Oleh
Aliansyah
SMP Negeri 1 Jorong
Email : aliansyah89@yahoo.co.id

ABSTRAK
Salah satu kemampuan profesional yang harus dimiliki guru dalam mengelola pembelajaran di kelas adalah kemampuan menyusun perangkat kegiatan belajar-mengajar (KBM). Namun, pada kenyataannya, tidak semua guru sudah dengan baik mampu menyusun perangkat KBM yang diperlukan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukanlah supervisi akademik untuk membina guru dalam menyusun perangkat KBM. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun perangkat KBM melalui supervisi akademik di SMP Negeri 1 Jorong Kecamatan Jorong. Penelitian ini dirancang melalui tindakan sekolah yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah seluruh guru SMP Negeri 1 Jorong yang berjumlah 17 orang. Penelitian dilaksanakan pada Semester I Tahun Pelajaran 2017-2018 pada bulan Juli-Oktober 2017. Perangkat KBM yang disusun guru dalam penelitian ini meliputi: (1) program tahunan, (2) program semester, (3) silabus/AMP, (4) RPP, (5) perangkat tagihan, (6) jurnal mengajar, (7) buku nilai, dan (8) kalender pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata keseluruhan (Siklus 1 dan Siklus 2) untuk aspek perangkat KBM dari 17 guru yang disupervisi adalah 3,59 dengan kualifikasi “BAIK”. Nilai rata-rata Siklus 1 adalah 3,21 sedangkan Siklus 2 adalah 3,97. Dengan demikian, terjadi peningkatan sebesar 0,76 atau dengan persentase 23,68%.


PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI SMAN 2 RENGAT BARAT
KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Oleh
Mulyady
SMAN 2 Rengat Barat
Email : saidiwandharta@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Kompetensi Guru dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru di SMAN 2 Rengat Barat Kabupten Indragiri Hulu. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Guru di SMAN 2 Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling, yaitu pengambilan sampel dari populasi. Data akan dianalisis dalam penelitian diperoleh dari subyek penelitian yang dapat dikumpulkan dengan metode angket dan dokumentasi.prosedur pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan skoring jawaban kuesioner, rekapitulasi nilai, analisis, dan menjumlahkan nilai setiap variabel.Hasil penelitian dan analisis data menjelaskan 1) kompetensi guru dan pengalaman mengajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap propfesionalisme guru 2) Kompetensi guru dan pengalaman mengajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru. 3) Pengalaman mengajar mempunyai pengaruh dominan terhadap profesionalisme guru.


PENINGKATAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK MELALUI PENERAPAN PENDAMPINGAN PADA GUGUS PAUD PELANGI
DAN PAUD WILIS TK DI KECAMATAN BANYAKAN KEDIRI

Oleh:
Sumiarsih
UPTD Pendidikan TK dan SD
Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri
Email : sumiarsihs281@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam kegiatan supervisi akademik melaui penerapan pendampingan. 2). mengetahui persepsi kepala sekolah terhadap pelaksanaan penerapan pendampingan yang dilakukan pengawas pada kepala sekolah dalam peningkatan kegiatan supervisi akademik. 3). menambah wawasan pengawas sekolah terhadap penerapan pendam-pingan dalam penelitian tindakan sekolah. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan selama 3 siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan pendampingan mampu meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam kegiatan supervisi akademik di semester II tahun pelajaran 2016-2017 pada Gugus PAUD Pelangi dan PAUD Wilis TK di Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri.


MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PROSES PENILAIAN AKHIR SEKOLAH KURIKULUM 2013 DI KKG GUGUS GERBANG SARI KABUPATEN INDRAGIRI HULU 

Oleh
Laksana
Pengawas SD Kecamatan Sungai Lala
Email : laksanasurbakti63@gmail.coom

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah supervisi akademik berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses penilaian dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah  (PTS). Lokasi penelitian adalah di Gugus Gerbang Sari Kecamatan Sungai Lala Kabupaten Indragiri Hulu. Adapun waktu penelitian dilaksanakan selama enam bulan pada Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukandengan menggunakan model siklus yang dimulai dari aspek mengembangkan perencanaan, melakukan observasi terhadap tindakan dan melakukan refleksi terhadap perencanaan kegiatan tindakan dan kesuksesan hasil yang diperoleh. Pada setiap akhir tindakan dinilai dengan instrument bimbingan setelah belajar. Data dalam PTS ini dikumpulkan dengan menggunakan berbagai instrumen penelitian (alat monitoring), seperti: catatan harian, lapangan, lembar observasi; pedoman wawancara; lembar angket/kuesioner, lembar masukan guru (refleksi tindakan); lembar penilaian unjuk kerja, dan instrumen perekam gambar/suara (video). Data yang telah terkumpul dalam penelitian ini selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Pelaksanaan supervisi akademik berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dilaksanakan di Gugus Gerbang Sari mampu meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses penilaian dalam pembelajaran K13. Hal ini karena proses supervisi akademik yang dilakukan disesuaikan dengan karakteristik guru dan diawali melalui proses pembinaan, dan pelatihan dengan rekan sejawat.


ANALISIS HARAPAN DAN KENYATAAN PELAYANAN PENDIDIKAN
DI SD NEGERI NGAWONGGO 2 KECAMATAN KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG

Oleh
Mukawanatun
SD Negeri Ngawonggo 2
Email : mukawanatun14@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui harapan orang tua siswa terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan di SDN Ngawonggo 2 Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, untuk mengetahui kualitas pelayanan Pendidikan di SDN Ngawonggo 2 Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, untuk mengetahui upaya peningkatan kualitas pelayanan Pendidikan Sekolah Dasar Di SDN Ngawonggo 2 Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dimana data yang diperoleh dari sampel populasi penelitian dianalisis sesuai dengan metode statistik yang digunakan kemudian diinterprestasikan.
Harapan orang tua terhadap kualitas pelayanan pendidikan di SDN Ngawonggo 2 antara lain harapan bahwa jadwal pelajaran yang tepat, keramahan, perhatian, dan kesopanan guru, kesigapan guru serta ketepatan proses belajar mengajar mendapat banyak harapan orang tua dan lainnya. Kualitas pelayanan guru di SDN Ngawonggo 2. Mendapat tanggapan orang tua merasa puas dengan nilai rata-rata kepuasan 3,64 yang berarti antara harapan dan kualitas pelayanan pendidikan di SDN Ngawonggo 2 sudah sesuai. Kemudian tanggapan orang tua siswa terhadap kepuasan orang tua dalam menyekolahkan anaknya di SDN Ngawonggo 2 rata-rata mengatakan puas dengan nilai rata-rata 3,51.


EFEKTIVITAS PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN
DI SMPN 2 RAKIT KULIM KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Oleh
Cahyadi
SMPN 2 Rakit Kulim
Email : nonoirawan001@gmail.com

ABSTRAK
Rumusan tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui dan mendiskripsikan efektifitas peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu Pendidikan di SMPN 2 Rakit Kulim Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Indragiri Hulu Propinsi Riau.” Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, oleh karena itu teknik pengambilan sampel secara selektif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif. Adapun teknik pengumpul data pada penelitian ini menggunakan : 1) Analisis dokumen, 2) Wawancara, dan 3) Observasi. Setelah dilakukan penelitian di SMPN 2 Rakit Kulim maka diperoleh hasil, yaitu : 1) Peran komite sekolah dalam rangka peningkatan mutu cukup membanggakan. Mutu akademis menunjukkan selama tiga tahun terakhir tingkat kelulusan siswa mencapai 100% dan memperoleh nilai cukup tinggi. dan 2) Peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan dalam menentukan dan melaksanakan kebijakan pendidikan di sekolah sangat menonjol, serta 3) Peran komite sekolah sebagai pendukung, baik yang berupa materi maupun non materi. Hal ini merupakan patner yang sangat efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMPN 2 Rakit Kulim Kabupaten Indragiri Hulu, karena komite sekolah selalu mendukung dan mencarikan jalan keluar pada saat sekolah akan membangun atau menambah sarana dan prasarana.


PENINGKATAN KINERJA GURU PADA KOMPETENSI PEDAGOGIK MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF DI GUGUS PAUD III KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI

Oleh
Suminah
Dinas Pendidikan Kota Kediri
Email: suminahheri@gmail.com

ABSTRAK
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah : 1. Apakah dengan supervisi edukatif kolaboratif dapat meningkatkan kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran? 2.Apakah dengan supervisi edukatif kolaboratif dapat meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran? 3. Apakah dengan supervisi edukatif kolaboratif dapat meningkatkan kinerja guru dalam menilai perkembangan anak? 4.Apakah dengan supervisi edukatif kolaboratif dapat meningkatkan guru dalam melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian perkembangan anak?. Sedangkan tujuan Penelitian ini adalah : 1. Mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif dalam menyusun rencana pembelajaran, 2.Melaksanakan pembelajaran, 3. Menilai perkembangan anak, 4 Melaksanakan tindak lanjut penilaian perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (Action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu persiapan tindakan, pelaksanan tindakan, pemantauan dan evaluasi dan refleksi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : Pertama, tentang peningkatan kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai perkembangan anak, dan peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian perkembangan anak.


PENGARUH PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI MENGAJAR GURU SD NEGERI 011 PERANAP KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Oleh
Nurlasmi
SD Negeri 011 Peranap
Email : id.nurlasmi@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui kondisi prestasi, kompetensi dan motivasi mengajar guru di SD Negeri 011 Peranap Kabupaten Indragiri Hulu. 2) untuk mengetahui pelatihan kompetensi dan motivasi guru dalam meningkatkan prestasi mengajar guru SD Negeri 011 Peranap Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian deskriptif kuantitatif, merupakan data yang diperoleh dari sampel populasi penelitian dianalisis sesuai dengan metode statistik yang digunakan. Waktu penelitian ini adalah tanggal 19 Agustus 2017 sampai dengan September 2017 Semester 1 Tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 011 Peranap Kabupaten Indragiri Hulu dengan subjek penelitian guru SD Negeri 011 Peranap yang berjumlah 22 guru. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kondisi prestasi guru di SD Negeri 011 Peranap Kabupaten Indragiri Hulu berada pada kondisi baik, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai mean yang diperoleh disetiap variabelnya. Pada variabel kompetensi memiliki nilai mean sebesar 4.6696, variabel motivasi memiliki nilai mean sebesar 4.4087. dengan kategori interval 3,41-4,20 yang masuk dalam kategori baik.


PENINGKATAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN YANG MENDUKUNG PELAKSANAAN TUGAS GURU PROFESIONAL MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SEKOLAH SASARAN PENGAWAS TK
DI KECAMATAN JIKEN BLORA

Oleh
Mardi
Pengawas TK Dinas Pendidikan Kabupaten Blora
Email : mardikspdmm@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian tindakan sekolah (PTS) bertujuan untuk menerapkan supervisi akademik sekolah sasaran Pengawas TK, peneliti ingin meningkatkan dan mengetahui peningkatan efektifitas pembelajaran yang mendukung pelaksanaan tugas guru profesional di Kecamatan Jiken Blora Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan sekolah kepengawasan (PTS), sebanyak 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri: (1)Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Pengamatan/Evaluasi, (4) Refleksi. Efektifitas pembelajaran yang mendukung pelaksanaan tugas guru profesional dari 17 sekolah sasaran menunjukkan peningkatan dari siklus pertama 12 orang atau 70,58% pada siklus kedua 14 orang atau 82,34 %, pada siklus ketiga, 16 orang atau 94,12 % memeroleh kriteria skor baik.


MENINGKATKAN KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN SUPERVISI AKADEMIK MELALUI METODE MONITORING DAN EVALUASI
DI SDN SUNGAI LALA INDRAGIRI HULU

Oleh
Suhendra
Pengawas SD Kecamatan Sungai Lala
Email : yose9574@gmail.com

ABSTRAK
Monitoring adalah suatu kegiatan yang ditujukan untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan dalam penyelenggaraan sekolah, apakah sudah sesuai dengan rencana, program, dan/atau standar yang telah ditetapkan, serta menemukan hambatan-hambatan yang harus di atasi dalam pelaksanaan program.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode monitoring dan evaluasi oleh pengawas sekolah dapat meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam pelaksanaan supervise akademik di Sekolah Dasar Kecamatan Sungai Lala Kabupaten Indragiri Hulu Riau. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan sekolah yang dilakukan di 12 Sekolah Dasar dikecamatan Sungai Lala Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan sekolah, dapat di jelaskan bahwa: dalam penerapan metode monitoring dan evalusi oleh pengawas Sekolah Dasar dapat meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam melaksnakan supervise akademik di Kecamatan Sungai Lala.


UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI BIMBINGAN KEPALA SEKOLAH SD NEGERI 1 BLEBOH
KABUPATEN BLORA

Oleh
Suwito
SD Negeri 1 Bleboh Kabupaten Blora
Email :tripartono62@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran kontekstual melalui bimbingan kepala sekolahdi SD Negeri 1 Bleboh Kecamatan Jiken Kabupaten Blora semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Subjek Tindakan dalam penelitan adalah guru di SD Negeri 1 Bleboh sebanyak 10 orang guru. Objek Penelitian; Objek penelitiannya adalah perencanaan, pelaksanaan, menilai dan mengevaluasi proses pembelajaran guru kelas di Sekolah Dasar Negeri 1 Bleboh kelas I-VI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menyusun perencanaan, pelaksanaan, menilai dan mengevaluasi proses pembelajaran dari 30% atau 3 orang kategori terampil dan sangat terampil menjadi 80% aatau 8 orang meningkat secara signifikan. Selain peningkatan pada kompetensi guru, terjadi peningkatan kualitas pembelajaran guru SD kelas I-IV, dari 50% menjadi 90%. Ini terbukti nyata dari hasil bimbingan kepala sekolah dalam supervisi akademik di SD Negeri 1 Bleboh Kecamatan Jiken Kabupaten Blora.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *