Jurnal Mitra Pendidikan Volume V, Nomor 4, Oktober 2018

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RPP BERBASIS PPK (PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER) MELALUI IN HOUSE TRAINING DI SDN KEDUNGKENDO KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO

Oleh
Endah Dwi Agustiani
Kepala SDN Kedungkendo
Email: endahdwiagustiani1961@gmail.com

ABSTRAK
Berdasarkan studi awal penelitian pada kompetensi guru SDN Kedungkendo dalam menyusun RPP belum mencapai kriteria yang dikehendaki. Hal ini disebabkan sebagian besar guru menyusun RPP hanya meng-copy paste dari teman maupun internet dengan sedikit perubahan-perubahan. Alternatif pemecahan masalah melalui IHT. Tujuan penelitiannya untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru SDN Kedungkendo dalam menyusun RPP melalui In House Training. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan sekolah (PTS). Subyek penelitian yaitu guru SDN Kedungkendo dengan jumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan In House Training dalam penyusunan RPP berbasis PPK terbukti kompetensi guru mengalami peningkatan. Pada pra tindakan sebesar 69 (cukup), siklus I sebesar 81 (baik), dan siklus II sebesar 92 (amat baik). Hal ini terbukti bahwa In House Training dapat meningkatkan kompetensi guru SDN Kedungkendo dalam menyusun RPP berbasis PPK.

Full Text


UPAYA KEPALA SEKOLAH MENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN
MODEL PEMBELAJARAN MELALUI WORKSHOP DI SD NEGERI 004 SUNGAI LALA

Oleh
Mimi Riani
SDN 004 Sungai Lala
Email : mimirianiispan@gmail.com

ABSTRAK
Pemberdayaan guru sangat menentukan kebijakan pada kepala sekolah sehingga dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengupayakan berbagai kebutuhan dalam proses pembelajaran. Upaya yang efektif yang dilaksanakan kepala sekolah di SDN 004 Sungai Lala dalam peningkatan kemampuan guru yaitu melakukan workshop atau kegiatan yang dapat memberikan dampak kolaborasi antar guru kelas dalam menyusun model pembelajaran yang efektif sehingga dapat meningkatkan kretifitas pembelajaran siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan workshop dalam kaitannya dengan peningkatan kemampuan guru dalam menyusun model pembelajaran Penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS).Langkah -langkah PTS terdiri atas empat tahap, yaitu planning (Rencana), action (tindakan), observasi (pengamatan) dan reflection (refleksi). Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa rata-rata kemampuan guru dalam menyusun model pembelajaran melalui Workshop pada siklus I adalah 68 % atau pada kategori cukup dan meningkat pada siklus ke II menjadi 85 % atau pada kategori Baik. Jika kita lihat dari nilai atau prosentase guru yang dapat menyusun model pembelajaran dengan memenuhi mekanisme dari siklus I dan siklus II dan menunjukkan peningkatan yang sangat berartila kecamatan Sungai Lala kabupaten Indragiri Hulu.

Full Text


PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENETAPKAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MELALUI METODE DISKUSI DI SDN 006 KELAWAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Oleh
Yuastam
SDN 006 Kelawat
Email : yuas_tam12@gmail.com

ABSTRAK
Perangkat pembelajaran harus disiapkan oleh seorang guru pada setiap awal tahun pembelajaran, karena perangkat tersebut juga sebagai bagian dari dokumen kurikulum tingkat satuan pendidikan.Namun, dari semua perangkat pembelajaran yang harus disiapkan, penetapan KKM yang jarang sekali dirancang oleh guru.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode diskusi dapat meningkatkan kinerja guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SDN 006 Kelawat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan pada suklus I didapatkan 8 guru atau 66,6% guru aktif dan 4 guru (33,4%) belum dapat mengikuti kegiatan diskusi dengan baik. Pada Siklus II keaktifan dari guru meningkat dari 66,6% menjadi 91,66% . Dari hasil pengamatan kemampuan guru dalam menetapkan KKM pada siklus I belum menunjukkan hasil sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu hanya 61,71%. Kemudian rata-rata kemampuan guru dalam menetapkan KKM meningkat pada siklus II hingga 86,11%. Berdasarkan analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa metode diskusi dapat meningkatkan kinerja guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SDN 006 Kelawat.

Full Text


PENINGKATAN MOTIVASI KERJA GURU TK DENGAN PEMBERIAN STIMULUS
DI KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Oleh
Sumiarsih
UPTD Pendidikan TK dan SD Kecamatan Banyakan
Email : sumiarsih796@yahoo.com

ABSTRAK
Motivasi merupakan salah satu faktor yang penting dan menentukan dalam proses manajemen pendidikan. Upaya meningkatkan pembangunan pendidikan telah mendapat kepedulian dari banyak pihak setelah menyadari esensi dan eksistensi pendidikan. Berbagai inovasi telah dilakukan antar komponen-komponen dalam lembaga pendidikan diantaranya masukan utama (peserta didik) masukan instrument (guru, administrator, kurikulum, metode, sarana dan prasarana, manajemen serta dana), proses belajar mengajar dan output.
Masalah dalam penelitian ini dirumuskan bagaimanakah motivasi kerja guru TK dengan pemberian stimulus di Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi kerja guru TK di Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian deskripsional. Adapun langkah-langkah yang ditempuh oleh peneliti adalah sebagai berikut: (1) identifikasi masalah yang akan diangkat; (2) membuat kerangka konseptual untuk masalah penelitian; (3) membuat spesifikasi masalah penelitian yang diformulasikan menjadi tujuan dan ruang lingkup penelitian; (4) memilih prosedur penelitian serta teknik sampling yang digunakan.
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: motivasi kerja guru TK di Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 mempunyai nilai rata-rata 84,4 dengan kategori Baik (B atau 60% mempunyai kategori Baik (B).

Full Text


PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI KERJA GURU SMP NEGERI 3 KELAYANG KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Oleh
Zulkarnaini
Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Indragiri Hulu
Email : anngimayrian7@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara parsial pengaruh disiplin kerja dan kompetensi guru terhadap prestasi kerja guru SMPN 3 Kelayang Kabupaten Indragiri hulu, mengetahui secara simultan pengaruh disiplin kerja dan kompetensi guru terhadap prestasi kerja guru SMPN 3 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu serta untuk mengetahui yang berpengaruh dominan diantara disiplin kerja dan kompetensi guru terhadap prestasi kerja guru SMPN 3 Kelayang Kabupaten Indragiri hulu. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian diskriptif. Metode penelitian diskriptif adalah metode penelitian dimana peneliti tidak melekukan manipulasi atau memberikan perlakuan-perlakuan terhadap variable atau merancang sesuatu yang diharapkan terjadi pada variable. Hasil penelitiannya adalah secara parsial disiplin kerja dan kompetensi berpengaruh siknifikan terhadap prestasi kerja guru. Secara simultan disiplin kerja dan kompetansi berpengaruh siknifikan terhadap prestasi kerja guru. Besarnya kontribusi pengaruh disiplin kerjadan kompetensi terhadap prestasi kerja sebesar 59.9%, sedangkan sisanya sebesar 40.1% dipengaruhi oleh variable lain. Diantara variable disiplin kerja dan kompetensi yang mempunyai pengaruh dominan terhadap prestasi kerja adalah variable kompetensi.

Full Text


PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN REALISASI TERTATIH GENERASI EMAS BERKARAKTER
(Tentang Mengapa Harus Melakukan Self Continuous Improvement)

Oleh
Mikyal Suyuthi
SMAN 2 Bontang Kalimantan Timur
Email : mikyalsuyuthi4@gmail.com

ABSTRAK
Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan proses berfikir kreatif siswa agar mampu menghadapi tantangan zaman. Perubahan kurikulum didasarkan pada hasil tes PISA dan tuntutan global sumber daya manusia. Pendidikan matematika prinsipnya harus mengembangkan kemampuan intelektual siswa, sikap dan keterampilannya. Guru perlu melaksanakan dengan baik berbagai pedoman tentang (1) strategi pembelajaran, (2) pendekatan pembelajaran, (3)metode pembelajaran dan (4) teknik pembelajaran. Guru mampu menggunakan metode, teknik dan strategi yang tepat dalam proses belajar. Memilih topik matematika yang memiliki aplikasi praktis, strategi pembelajaran peserta didik aktif yang digunakan dalam pembelajaran, pendekatannya adalah (1) metode pemecahan masalah dan (2) metode penemuan.

Full Text


PENINGKATAN PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH MELALUI PENDAMPINGAN SUPERVISI PENGAWAS SD DABIN 1 SEMESTER 2 TAHUN 2017/2018
KECAMATAN JEPON KABUPATEN BLORA

Oleh
Titik Suwarti
Pengawas SD Kecamatan Jepon Kabupaten Blora
Email : titiksuwarti64@gmail.com

ABSTRAK
Dalam upaya mengatasi permasalahan penilaian kinerja kepala sekolah di daerah binaan I sasaran pengawas SDKecamatan Jepon Kabupaten Blora, dilakukan penelitian tindakan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan penilaian kinerja kepala sekolah melalui pendampingan supervisi Pengawas SD Dabin 1 Semester 2 Tahun 2017/2018 Kecamatan Jepon Kabupaten Blora. Dirumusan masalah adalah bagaimanah meningkatkan penilaian kinerja kepala sekolah Semester 2 Tahun 2017/2018 melalui pendampingan supervisi Pengawas SD di Dabin 1 Kecamatan Jepon Kabupaten Blora?. Dalam penelitian tindakan sekolah dengan setiap siklus meliputi 4 tahapan yaitu (1) membuat perencanaan,(2) melakukan tindakan,(3) melakukan pengamatan,(4) merefleksi dan dengan menggunakan analisis data deskripsif komperatif. Hasil penelitian penilaian kinerja kepala sekolah, data pada kondisi awal nilai terendah 21 menjadi 40, nilai tertinggi 71 menjadi 75 dan nilai rat-rata 41 menjadi 53. Sedangkan hasil kompetensi nilai terendah 26 menjadi 42, nilai tertinggi 74 menjadi 75 dan nilai rata-rata 44 menjadi 58. Digabungkan secara teoritik dan empirik ternyata terdapat peningkatanpenilaian kinerja kepala sekolah. Dari analisis data tindakan dengan dua siklus ini mengalami peningkatan penilaian kinerja kepala sekolah. Simpulan penelitian ini adalah pendampingan supervisi Pengawas SD dapat meningkatkan peningkatan penilaian kinerja kepala sekolah di Daerah binaan 1 Semester 2 Tahun 2017/2018 Kecamatan Jepon Kabupaten Blora.

Full Text


PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA DONGENG MENGGUNAKAN STRATEGI READING ALOUD DI SISWA KELAS III
SDN SELOSARI 3 SELOSARI MAGETAN

Oleh:
Lilis Isnaini
SDN Selosari 3 Magetan
Email : lilis_isnaini@yahoo.com

ABSTRAK
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimanakah penerapan strategi reading aloud dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca dongeng di kelas III SDN Selosari 3 Magetan Tahun Pelajaran2017/2018? 2) Adakah peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca dongeng menggunakan strategi reading aloud di kelas III SDN Selosari 3 Magetan Tahun Pelajaran2017/2018?. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan setiap siklusnya dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia materi membaca dongeng menggunakan strategi reading aloud di kelas III SDN Selosari 3 Magetan tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan nilai kemampuan membaca siswa pada setiap siklusnya. Pada prasiklus siswa yang tuntas ada 2 siswa atau 33.3%, naik pada siklus I menjadi ada 4 siswa atau 66.7%, dan pada siklus II siswa yang tuntas sudah ada 5 siswa atau 83.3%. Hal ini menunjukkan indikator yang ditetapkan yaitu meningkatnya kemampuan membaca siswa yang ditandai rata-rata nilai hasil kuis 80 sebanyak 80% dari jumlah siswa terpenuhi.

Full Text


PENDAMPINGAN PENGAWAS SD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN RPP KURIKULUM 2013 SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019
KECAMATAN JIKEN KABUPATEN BLORA

Oleh
Eny Sulistyowati
Pengawas SD Kecamatan Jiken Kabupaten Blora
Email : enysulis0711@gmail.com

ABSTRAK
Pengelolaan kurikulum di sekolah perlu mengacu pada Standar Nasional Pendidikan khususnya standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusunRPP kurikulum 2013 dengan pendampinganPengawas SD pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 di Daerah Binaan I Kecamatan Jiken Kabupaten Blora. Dirumusan masalah penelitian yaitu bagaimanakah meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP kurikulum 2013 dengan pendampingan Pengawas SD pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 di Daerah Binaan I Kecamatan Jiken Kabupaten Blora? Waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019, pada bulan Juli-September 2018. Subjek penelitian adalah 10 orang guru dari 10 SD sasaran implementasi kurikulum 2013. Metode Penelitian Tindakan Sekolah dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan hasil tindakan, dan merefleksi hasil tindakan.Hasil pengamatan pelaksanaan pengelolaan pembelajaran sudah melampaui indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu ≥ 80.Oleh sebab itu penelitian ini diakhiri pada siklus II. Simpulan hasil penelitian menunjukkan, sudah memeroleh peningkatankemampuan gurudalam menyusun RPP Kurikulum 2013dengan pendampinganPengawas SDpada Semester Ganjil Tahun 2018/2019 di Daerah Binaan I Kecamatan Jiken Kabupaten Blora.

Full Text


MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI PENILAIAN KINERJA GURU TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Oleh
Jamiati
SDN Plumpang dan SDN Surabayan
Email: jamiati62@gmail.com

ABSTRAK
Penilaian adalah suatu proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data sebagai bahan dalam rangka pengambilan keputusan dalam setiap kegiatan penilaian, ujungnya adalah pengambilan keputusan. Penilaian kinerja seorang guru tidak hanya berkisar pada aspek karakter individu melainkan juga pada hal-hal yang menunjukkan proses dan hasil kerja yang dicapainya seperti kefektifan dalam proses pembelajaran, ketepatan waktu dalam penyampaian materi selama satu tahun, model dan media pembelajaran yang digunakan dan sebagainya. Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru meliputi penilaian formatif dan sumatif. Dalam satu tahun pelajaran, sekurang-kurangnya pelaksanaan penilaian kinerja sebanyak dua kali yakni awal tahun pelajaran dan akhir tahun pelajaran. Artinya setiap semester guru akan dinilai kinerjanya. Penilaian Kinerja Guru merupakan aspek yang sangat penting dalam pencapaian tujuan pendidikan. Jika ingin memiliki siswa yang cerdas baik secara jasmani maupun rohani (akal dan akhlak) maka diperlukan kualitas yang baik dalam proses pembelajarannya. Dan proses pembelajaran yang baik ditentukan dari unsur pengelolaan pembelajaran dan tak kalah penting dalam pengembangan kompetensi guru. Penilaian Kinerja Guru SDN Plumpang dan SDN Surabayan di Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan yang dilaksanakan di akhir semester I tahun pelajaran 2017/2018. Sebanyak 10 guru memperoleh hasil skor di siklus I Kompetensi guru SDN Plumpang sebesar 71% dan SDN Surabayan sebesar 71 %, hasil ini masih di bawah KKM yaitu 86, setelah diadakan supervisi dan pendampingan melalui kegiatan KKG, maka pada siklus ke II ada peningkatan kompetensi guru-guru di SDN Plumpang yaitu sebesar 86,6% dan SDN Surabayan sebesar 88%. Sudah berada di atas KKM, walau di atas sedikit tidak menjadi masalah, bisa ditarik kesimpulan bahwa dengan pelaksanaan penilaian kinerja guru mampu meningkatkan kompetensi guru-guru di sekolah binaan yaitu SDN Plumpang dan SDN Surabayan kecamatan Sukodadi kabupaten Lamongan.

Full Text


RENCANA PEMBANGUNAN TANGGUL PENAHAN BANJIR DI SDI BAOKREMOT
KECAMATAN TALIBURA KABUPATEN SIKKA

Oleh
Daniel Dan
SDI Baokremot Kecamatan Talibura Kabupaten Sikka
Email : memywilhelmina02@gmail.com

ABSTRAK
Latar belakang dari masalah ini adalah keadaan belakang sekolah yang berbatasan dengan kaki bukit yang mengakibatkan banjir karena air dari lereng bukit masuk ke areal lingkungan sekolah sehingga keadaan tanah ddi halaman sekolah menjadi miring dan tidak normal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi bahaya banjir pada waktu musim hujan yang masuk ke areal lingkungan sekolah yaitu dengan rencana pembangunan tanggul penahan banjir yang akan di bangun pada bulan April tahun 2019. Waktu penelitian adalah bulan Januari dan bulan Juli 2018. Manfaat dari penelitian ini adalah agar sekolah terhindar dari banjir dan aktifitas belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan aman. Kesimpulan dari penulisan dan penelitian ini adalah bagi siswa dan guru yaitu kegiatan belajar mengajar dan berjalan dengan baik dan aman dan bagi sekolah sendiri adalah terbebas dari bahaya banjir dan dapat mengatasi masalah yang di hadapi pihak sekolah dan bagi peneliti adalah sebagai salah satu persyaratan untuk kenaikan pangkat dengan melakukan penelitian sekolah.

Full Text


PENGGUNAAN METODE MISTERY GUESSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BONTANG

Oleh
Umi Mastur
SMA Negeri 1 Bontang
Email : umi856mastur@yahoo.com

ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan speaking siswa setelah diterapkannya metode mistery guessing pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bontang semester genap. Penulisan ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas XI SMA Negeri 1 Bontang semester ganjil dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Tindakan yang dilakukan dengan menerapkan metode mistery guessing. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus.
Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, dapat dijelaskan bahwa kemampuan speaking siswa mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum tindakan dengan persentase berturut-turut 43,3%, 66,6% dan 83,4%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mistery guessing dapat meningkatkan kemampuan speaking siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bontang.

Full Text


PENINGKATAN PROFESIONALISME MENGAJAR GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK
DI SD NEGERI BALEKERTO KECAMATAN KALIANGKRIK TAHUN 2017/2018

Oleh
Muh Tadin
SDN Balekerto
Email : tadinsemalimgl@yahoo.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme mengajar guru melalui supervisi akademik di SD Negeri Balekerto Kecamatan Kaliangkrik Tahun 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah guru di SD Negeri Balekerto Kecamatan Kaliangkrik sebanyak 9 (sembilan) orang. Namun penelitian ini lebih difokuskan untuk 4 orang guru yang berstatus sebagai PNS(Pegawai Negeri Sipil). Penelitian ini dilakukan untuk peningkatan profesionalisme mengajar guru melalui supervisi akademik. Lokasi penelitian yang dilakukan adalah di SD Negeri Balekerto Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang.Waktu palaksanaan penelitian ini, pada semester 1pada bulan September – Oktober tahun pelajaran 2017/2018. Data dikumpulkan dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa teknik yang dapat dijelaskan sebagai berikut yaitu oobservasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis data penelitian deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang berjudul peningkatan profesionalisme guru melalui supervise akademik di SD Negeri Balekerto Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang maka didapatkan kesimpulan yaitu supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi professional guru dalam penguasaan materi pembelajaran melalui bimbingan berkelanjutan dinilai dapat meningkatkan kompetensi penguasaan materi pembelajaran guru.

Full Text

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *