Jurnal Mitra Pendidikan Volume VI, Nomor 1, Januari 2019

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN
MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SDN 005 TELUK BINJAI

Oleh
Saini
SD Negeri 005 Teluk Binjai
Email : saini005_tb@yahoo.com

ABSTRAK
Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan metode pembelajaran melalui supervisi klinis. Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan di SD Negeri 005 Teluk Binjai Kecamatan Dumai Timur Kota Dumai. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV, V, dan VI SD Negeri 005 Teluk Binjai. Tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan metode pembelajaran pada guru kelas IV, V, dan VI adalah melalui Penelitian Tindakan Sekolah melalui teknik supervisi klinis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunity, Threat). Berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan supervisi klinis di SD Negeri 005 Teluk Binjai Kecamatan Dumai Timur Kota Dumai, target yang diharapkan adalah kemampuan guru dalam menggunakan metode pembelajaran dengan asumsi bahwa melalui penerapan metode yang tepat maka proses ekplorasi, elaborasi dan konfirmasi dalam kegiatan inti pembelajaran dapat dioptimalkan sehingga prestasi belajar siswa menjadi meningkat.

Full Text


PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN
DI KELAS MELALUI SUPERVISI EDUKATIF
KOLABORATIF SECARA PERIODIK

Oleh
Amir Syarifuddin
SD Negeri 010 Ratu Sima
Email : amirsyarifuddin_010ratusima@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang bertujuan untuk memperbaiki kinerja dan wawasan guru dalam pembelajaran di SD Negeri 010 Ratu Sima Kecamatan Dumai Selatan Kota Dumai. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian tindakan sekolah ini adalah melalui supervisi edukatif kolaboratif secara periodik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 010 Ratu Sima Kecamatan Dumai Selatan Kota Dumai pada tahun pelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri 010 Ratu Sima yang mempunyai latar belakang pendidikan beragam yang berjumlah 10 orang guru. Berdasarkan temuan hasil penelitian ada empat hal yang dikemukakan dalam penelitian tindakan ini, yakni simpulan tentang: (1) Peningkatan kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran, (2) Peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran, (3) Peningkatan kinerja guru dalam menilai prestasi belajar, (4) Peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar siswa.

Full Text


PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU-GURU TK
DALAM MENGAJAR MELALUI PRAKTEK REFLEKTIF PEMBELAJARAN SEMESTER I
TAHUN 2018/2019 KECAMATAN JIKEN KABUPATEN BLORA

Oleh
Mardi
Pengawas TK Kecamatan Jiken Kabupaten Blora
Email: mardikspdmm@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini bertujuan dengan praktek reflektif pembelajaran, peneliti ingin meningkatkan dan mengetahui profesionalisme guru-guru TK dalam mengajar apakah guru aktif dan hasilnya baik pada Semester I Tahun 2018/2019 di Kecamatan Jiken Kabupaten Blora. Dirumusan masalah penelitian apakah apakah melalui praktek reflektif pembelajaran guru aktif dan hasilnya baik untuk meningkatkan profesionalisme guru – guru TK dalam mengajar pada Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019 di Kecamatan Jiken Kabupaten Blora?. Subjek penelitian sejumlah 40 orang Guru Kelas TK. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Jiken Kabupaten Blora. Penelitian Tindakan Sekolah Se Wilayah untuk Pengawas TK dilaksanakan selama 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Teknik analisa data: untuk menganalisis, mengolah, menyajikan dan menarik kesimpulan. Data nilai baik pada siklus 1; 25 orang (62,5%), siklus 2; 34 orang (85%), siklus 3: 37 orang(92,5). Sesuai tujuan penelitian, guru aktif dan hasilnya baik, profesional dalam mengajar. Guru TK dapat menyusun jurnal refleksi pembelajaran.

Full Text


PENINGKATAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR MENGENAL LINGKUNGAN SOSIAL MELALUI METODE ROLE PLAYING SEMESTER 1 TAHUN 2018/2019 TK PERTIWI II TURIREJO

Oleh
Ninik Andriani
TK Pertiwi II Turirejo Kecamata Jepon Kabupaten Blora
Email : ninikandrianispdaudmm@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini, bertujuan dengan metode role playing, peneliti ingin meningkatkan hasil dan aktivitas belajar mengenal lingkungan sosial pada peserta didik Kelompok B semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 di TK Pertiwi II Turirejo. Dirumusan masalah apakah melalui metode role playing dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar mengenal lingkungan sosial pada peserta didik Kelompok B semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 di TK Pertiwi II Turirejo ?. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus/putaran?. Tiga putaran dimaksudkan untuk memperbaiki pelaksanaan KBM yang telah dilaksanakan. Pada akhir siklus kedua belum tercapai keberhasilan, akan dilakukan lagi tindakan siklus tiga. Subjek dalam penelitiannya sejumlah 20 orang peserta didik, 13 orang peserta didik laki-laki dan 7 orang peserta didik perempuan. Lokasi di TK Pertiwi II Turirejo Kecamatan Jepon Kabupaten Blora. Peserta didik kelompok B di TK Pertiwi II Turirejo menggunakan metode role playing memeroleh pencapaian 85% memenuhi tuntas belajar sekolah.

Full Text


UPAYA KEPALA SEKOLAH MENINGKATKAN DISIPLIN UNTUK MENGURANGI KETIDAKHADIRAN GURU DENGAN MEMBERIKAN PUNISHMENT
DI SDN 018 SAGULUNG KOTA BATAM TAHUN 2018

Oleh
Nurmala
SD Negeri 018 Sagulung Kota Batam
Email : nurmala11@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan kepala sekolah dengan bertindak sebagai peneliti di sekolah ini bermula dikarenakan tingginya persentase ketidakhadiran guru dan staff pada bulan Agustus 2018. Maka dari itu peneliti melaksanakan penelitian ini dalam dua siklus yang dilaksanakan tiap siklus selama satu bulan di SDN 018 Sagulung Kota Batam dengan tujuan menekan angka ketidakhadiran guru dan staff menggunakan punishment yang akan diberikan dari yang terendah berupa teguran hingga tertinggi berupa surat perjanjian. Setelah dilaksanakan penelitian ini ditemukan bahwa persentase ketidakhadiran menurun, guru yang tidak hadir pada pra siklus adalah 3.14% dari 25 hari efektif pada bulan Agustus, lalu turun lagi menjadi 2.08% pada siklus I dari total 24 hari efektif pada bulan September dan turun lagi menjadi 0,52% dari total 27 hari efektif pada siklus II, maka peneliti menyimpulkan penggunaan punishment dapat meningkatkan kedisiplinan guru dan staff juga dapat menekan ketidakhadiran guru dan staff di sekolah.

Full Text


MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MELAKSANAKAN ELABORASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR
DI SMK NEGERI 1 KINTAP

Oleh
Rukiyanto
SMK Negeri 1 Kintap
Email : rukiyantoruki@gmail.com

ABSTRAK
Berdasarkan supervisi kelas yang dilakukan kepala sekolah terhadap guru Bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Kintap diketahui bahwa selama ini guru belum banyak melibatkan siswa dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari telaah RPP yang dibuat guru. Keberhasilan pembelajaran di sekolah bukan saja tanggung jawab guru, akan tetapi peran kepala sekolah dalam menjalankan kompetensinya. Melihat kondisi tersebut perlu diupayakan adanya peningkatan kemampuan guru baik dalam merencanakan maupun dalam pelaksanaan agar tercapai tujuan pengajaran. Oleh karena itu, diperlukan pembinaan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kemampuan guru.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah dengan masing-masing 2 siklus. Subjek penelitian berjumlah 2 orang yaitu Mansyur Haryadi, S.Pd dan Nurul Atiyah, S.Pd selaku guru Bahasa Indonesia Kelas X ATPH dan kelas XI ATPH di SMK Negeri 1 Kintap.
Hasil penelitian di SMK Negeri 1 Kintap menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada kinerja guru kelas X ATPH maupun kelas XI ATPH dari siklus 1 ke siklus 2 khususnya dalam melaksanakan kegiatan elaborasi.

Full Text


PELAKSANAAN BIMBINGAN DALAM MENINGKATKAN
AKHLAK SISWA DI SD NEGERI NO 1/IX SENGETI
KABUPATEN MUARO JAMBI PROVINSI JAMBI

Oleh
Sunaryah
SD Negeri No 1/IX Sengeti
Email : sunaryahspd@gmail.com

ABSTRAK
Berdasarkan keadaan yang terdapat di SD Negeri No. 1/IX Sengeti bahwa Sekolah Dasar tidak memiliki guru BP atau Bimbingan dan Penyuluhan, maka dari itu peranan guru kelas, guru Pendidikan Agama sangat berpengaruh dalam hal memberikan bimbingan. Hanya saja terkadang masalah tersebut tidak dapat diselesaikan sebatas dengan guru saja, maka Kepala Sekolah sangat berpengaruh besar dalam hal bimbingan tersebut terutama terhadap siswa yang melanggar aturan sekolah lebih dari ketentuan yang berlaku.
Adapun permasalahan yang ditemukan di SD Negeri No. 1/IX Sengeti pada umumnya adalah perkelahian antar siswa, Siswa yang bolos sekolah, dan siswa yang malas menyelesaikan tugas dari guru. Selanjutnya jenis permasalahan belajar yang ditemukan berupa sejumlah siswa yang memperoleh hasil belajar yang jauh dibawah prestasi normal, jenis permasalahan tersebut belum dapat diatasi sepenuhnya oleh guru. Faktor yang jadi penghambat yaitu tidak adanya kerja sama antara sekolah dengan pihak orang tuan siswa, kurangnya kerja sama guru dalam membimbing siswa, kurangnya pendekatan guru terhadap siswa yang bermasalah
Dengan adanya penerapan hukuman dan bimbingan dari guru tersebut dalam proses pembelajaran membawa pengaruh yang sangat positif karena siswa cenderung tidak lagi melakukan pelanggaran. Hal ini penulis lihat pada saat pembelajaran tidak ada lagi siswa yang keluar-keluar dari kelasnya dan siswa yang bolos sekolah.

Full Text


PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENYUSUNAN
SOAL PILIHAN GANDA MELALUI BIMBINGAN DENGAN BANTUAN KARTU ANALISIS SOAL
DI SD NEGERI KALIANGKRI KABUPATEN MAGELANG

Oleh
Susila Widiantara
SD Negeri Kaliangkrik Kabupaten Magelang
Email : widiantarasusila@gmail.com

ABSTRAK
Berdasarkan supervisi kelas yang dilakukan kepala sekolah terhadap guru di SD Negeri Kaliangkrik Kabupaten Magelang diketahui bahwa selama ini masih banyak guru yang belum memiliki kemampuan yang baik dalam penyusunan naskah soal, hal ini dapat dilihat dari naskah soal ulangan harian bentuk pilihan ganda yang dibuat oleh guru masih terdapat naskah soal yang belum memenuhi kadiah penulisan soal dari segi materi, konstruksi dan bahasa. Melihat kondisi tersebut perlu diupayakan adanya peningkatan kemampuan guru dalam penyusunan soal pilihan ganda melalui bimbingan dengan bantuan kartu analisis soal. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah dengan masing-masing 2 siklus. Subjek penelitian berjumlah 6 orang yaitu guru kelas dari kelas 1 sampai kelas 6 di SD Negeri Kaliangkrik Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang.Hasil penelitian di SD Negeri Kaliangkrik Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada kemampuan guru dalam penyususnan soal pilihan ganda setelah mengikuti bimbingan dengan bantuan kartu analisis soal.

Full Text


MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU
DALAM PENYUSUNAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN
MELALUI SUPERVISI AKADEMIKKEPALA SEKOLAH

Oleh
Yurida
SD Negeri 008 Bumi Ayu Dumai
Email : yurida008bumiayu@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SD Negeri 008 Bumi Ayu Kecamatan Dumai Selatan Kota Dumai yang tidak memiliki latarbelakang pendidikan keguruan melalui supervisi akademik kepala sekolah.Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan sekolah yang dilakukan terhadap terhadap 5 orang guru yang terdiri dari guru kelas IV, V, VI, guru bidang studi Pendidikan Agama Islam, dan guru bidang Studi Penjaskesdi SD Negeri 008 Bumi Ayu. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.Melihat data perolehan hasil penelitian dalam kegiatan penelitian tindakan sekolah ini, dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap 5 orang guru yang tidak memiliki latar belakang pendidikan keguruan tersebut, berhasil meningkatkan kompetensi pedagogik mereka dalam menyusun Perencanaan Pembelajaran. Peningkatan yang cukup signifikan juga dapat dilihat pada komponen perencanaan evaluasi pembelajaran. Dari yang semula hanya 40% pada awal kegiatan, menjadi 60% pada akhir siklus 1 dan berhasil mencapai 70% pada akhir siklus 2.

Full Text


PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN KREATIF MELALUI OPTIMALISASI SUPERVISI KELAS BAGI GURU SMP NEGERI 11 MUARO JAMBI

Oleh
Yeni Aziza
SMP Negeri 11 Muaro Jambi
Email : mayeza.aziza@gmail.com

ABSTRAK
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah dengan supervisi kelas, guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran kreatif. Tujuan penelitian ini Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran kreatif yang dilaksanakan guru dengan suvervisi kelas.
Hasil penelitian bahwa dengan supervisi kelas guru dapat meningkatkan kualitas penerapan pembelajaran kreatif dapat dilihat hasil pra-siklus rata-rata kualitas pembelajaran kreatif melalui supervisi kelasadalah sebesar 64.15 % yang masuk dalam kategori baik.Penilaian pada siklus I didapatkan hasil rata-kualitas pembelajaran kreatif melalui supervisi kelas adalah sebesar 74.6% yang masuk dalam kategori baik,hasil tersebut meningkat dibandingkan dengan hasil pra-siklus dengan peningkatan sebesar 64.15%. Penilaian pada siklus II didapatkan hasil rata-rata kualitas pembelajaran kreatif melalui supervisi kelas adalah sebesar 84.8% yang masuk dalam kategori Sangat baik hasil ini meningkat dibandingkan dengan siklus I. Dan prasiklus sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya Supervisi kelas guru dapat meningkatkan kualitas penerapan pembelajaran kreatif.

Full Text


PELAKSANAAN IN HOUSE TRAINING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MENGAJAR GURU
DI SMP BINAAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Oleh
Mohamad Jais
Dinas Pendidikan Kabupaten Jember
Email: mohamadjais@64gmail.com

ABSTRAK
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan kualitas mengajar guru di SMP Binaan Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? Bagaimana implementasi pelaksanaan in house training dalam meningkatkan kualitas mengajar guru di SMP Binaan Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan kualitas mengajar guru di SMP Binaan JemberTahun Pelajaran 2017/2018. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi pelaksanaan In House Training dalam meningkatkan kualitas mengajar guru.
Hasil penelitian ini pada pra-siklus rata-rata kualitas mengajar guru mata pelajaran bahasa indonesia oleh guru di kelas adalah sebesar 63.13% yang masuk dalam kategori cukup. Penilaian pada siklus I didapatkan hasil rata-rata kualitas mengajar guru sebesar 78.34% yang masuk dalam kategori baik, hasil tersebut meningkat dibandingkan dengan hasil pra-siklus dengan peningkatan sebesar 15.21%. Penilaian pada siklus II didapatkan hasil rata-rata kualitas mengajar guru sebesar 86.46% yang masuk dalam kategori sangat baik, hasil ini meningkat sebesar 8.12% dibandingkan dengan siklus I.

Full Text


PELAKSANAAN BIMBINGAN BERKELANJUTAN DALAM MENYUSUN RPP KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SMP NEGERI 6 MUARO JAMBI

Oleh
Joni Hasri
SMP Negeri 6 Muaro Jambi
Email : jonihasri316@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Bimbingan Berkelanjutan di SMP Negeri 6 Muaro Tahun pelajaran 2018/2019 untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP kurikulum 2013.Mengetahui upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi guru dalam penyusunan RPP kurikulum 2013 melalui Bimbingan Berkelanjutan yang dilakukan di SMP Negeri 6 Muaro Tahun pelajaran 2018/2019.Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan sekolah guru mata pelajaran pada beberapa SMP Negeri 6 Muaro Jambi sebanyak 10 orang..
Hasil penilitian ini pada pra-siklus rata-rata kompetensi guru dalam menyusun pengembangan RPP kurikulum 2013 adalah sebesar 62.5% yang masuk dalam kategori cukup. Penilaian pada siklus I didapatkan hasil rata-rata kompetensi guru dalam menyusun pengembangan RPP kurikulum 2013 adalah sebesar 78.4% yang masuk dalam kategori baik, hasil tersebut meningkat dibandingkan dengan hasil pra-siklus dengan peningkatan sebesar 12.9%. Penilaian pada siklus II didapatkan hasil rata-rata kualitas mengajar guru di kelas adalah sebesar 86.5% yang masuk dalam kategori baik sekali, hasil ini meningkat sebesar 8.1% dibandingkan dengan siklus I.

Full Text


MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS HURUF JAWA
DALAM PELAJARAN BAHASA JAWA MELALUI PEMBINAAN MODEL KTSP BAGI GURU
KELAS TINGGI DAERAH BINAAN III KECAMATAN JEPON KABUPATEN BLORA

Oleh
Parlan
Pengawas Sekolah Dasar pada UPT TK/SD Jepon Kabupaten Blora
Email: parlandrs@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah Melalui Pembinaan Model KTSP dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Huruf Jawa Dalam Pelajaran Bahasa Jawa Bagi Guru Kelas Tinggi Daerah Binaan III Kecamatan Jepon Kabupaten Blora Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah Guru Kelas Tinggi Daerah Binaan III Kecamatan Jepon Kabupaten Blora Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018sebanyak 36 orang. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil penilaian/pengamatan dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II
Pada akhir siklus II diketahui bahwa, nilai kemampuan guru kelas tinggi dalam membaca dan menulis huruf Jawa terendah meningkat sebesar 18,75 poin, yaitu dari 54,25 menjadi 73,00, peningkatnnya sebesar 34,56%. Nilai kemampuan guru kelas tinggi dalam membaca dan menulis huruf Jawa tertinggi meningkat sebesar 10,38 poin yaitu dari 81,88 menjadi 92,25 sehingga peningkatannya sebesar 12,67%. Nilai kemampuan guru kelas tinggi dalam membaca dan menulis huruf Jawa, rata-rata meningkat sebesar 9,39 poin yaitu dari 68,82 menjadi 78,21, sehingga peningkatannya mencapai 13,64 %.
Dengan demikian sebagian besar Guru Kelas Tinggi Daerah Binaan III Kecamatan Jepon Kabupaten Blora mengalami peningkatan dalam membaca dan menulis huruf Jawa.

Full Text

Share this

2 thoughts on “Jurnal Mitra Pendidikan Volume VI, Nomor 1, Januari 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *