Jurnal Online Mitra Manajemen Volume II, Nomor 1, Januari 2018

Share to

Artikel JMM Online dapat dilihat dan diunduh di website OJS Jurna Online Mitra Manajemen.

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR EKONOMI MAKRO :
INFLASI, KURS, HARGA MINYAK, DAN HARGA BAHAN BANGUNAN TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN PROPERTI DI BEI

Posma Sariguna Johnson Kennedy, Rupiko Hayrani
posmahutasoit@gmail, rupikohayrani21@gmail.com
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Kristen Indonesia, Jakarta

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh dari variabel-variabel ekonomi makro, yaitu inflasi, nilai tukar, harga minyak dan indeks harga bahan bangunan terhadap perubahan harga saham untuk perusahaan-perusahaan sektor properti di Bursa Efek Indonesia (BEI) secara parsial atau simultan untuk periode 2008-2015. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah lima perusahaan sektor properti di BEI. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inflasi, nilai tukar dan harga minyak berpengaruh terhadap perubahan harga saham. Namun indeks harga bahan bangunan tidak berpengaruh terhadap perubahan harga saham. Hasil pengujian F menjelaskan bahwa inflasi, nilai tukar, harga minyak, dan indeks harga bahan bangunan berpengaruh terhadap perubahan harga saham sektor properti perusahaan secara simultan.


KAJIAN MENGENAI KELEMAHAN PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DI JAWA TENGAH DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

Fitri Rahmiyatun1, Ellyta Muchtar2, Rina Lestari3
fitri.frn@bsi.ac.id1, ellyta.ely@bsi.ac.id2, rina.rls@bsi.ac.id3
Akademi Manajemen Informatika dan Komputer1, Akademi Manajemen Keuangan2, Akademi Bahasa Asing3
Bina Sarana Informatika, Tangerang1, Bina Sarana Informatika, Jakarta Timur2,
Bina Sarana Informatika, DKI Jakarta3

Penelitian ini menggunakan deskriptif untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi, size, Pendapatan Asli Daerah dan kompleksitas terhadap kelemahan pengendalian intern pemerintah daerah kabupaten di Jawa Tengah pada periode 2012-2016. Dengan populasi adalah 7 pemerintah daerah kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Sampel penelitian adalah data keuangan 7 pemerintah daerah kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi ganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian: (1) Pertumbuhan ekonomi berpengaruh terhadap kelemahan pengendalian intern Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah; (2) Ukuran pemerintah daerah (size) tidak berpengaruh terhadap kelemahan pengendalian intern Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.; (3) Pendapatan Asli Daerah berpengaruh positif terhadap kelemahan pengendalian intern Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.; (4) Kompleksitas tidak berpengaruh terhadap kelemahan pengendalian intern Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Kompleksitas tidak berimplikasi pada meningkatnya kelemahan pengendalian intern. Hasil uji t ditolak taraf signifikansi 5%. Kompleksitas tidak berimplikasi pada meningkatnya kelemahan pengendalian intern.


KESADARAN PAJAK DAN PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG KEWAJIBAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR PBB DI DESA NGASEM KECAMATAN COLOMADU
KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2016

Rina Oktiyani1, Sugiarti2, Lavita Vanda3
rina.roi@bsi.ac.id1, sugiarti.ugt@bsi.ac.id2, lavita.lvd@bsi.ac.id3
Akademi Manajemen Informatika dan Komputer1,
Akademi Sekretari dan Manajemen2, Akademi Manajemen Keuangan3
Bina Sarana Informatika, Bekasi1, Bina Sarana Informatika, Jakarta Timur2,
Bina Sarana Informatika, Jakarta Timur3

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kesadaran dan persepsi masyarakat tentang kewajiban membayar pajak terhadap kepatuhan membayar PBB. Penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi adalah seluruh anggota masyarakat di Desa Ngasem Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar yang memiliki rumah dan tanah sehingga menjadi wajib pajak PBB yaitu sebanyak 926 orang. Sampel diambil sebanyak 93 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji t, uji F, uji R2, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Kesadaran membayar pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan membayar PBB. Sumbangan efektif variabel kesadaran membayar pajak terhadap kepatuhan membayar PBB mencapai 36,5%; (2) Persepsi tentang kewajiban pajak secara individu (parsial) berpengaruh positif terhadap kepatuhan membayar PBB. Sumbangan efektif variabel persepsi tentang kewajiban pajak terhadap kepatuhan membayar PBB mencapai 24,7%; (3) Kesadaran membayar pajak dan persepsi tentang kewajiban pajak secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif terhadap kepatuhan membayar PBB. Koefisien determinasi (R2) atau total sumbangan variabel kesadaran membayar pajak dan persepsi tentang kewajiban pajak terhadap kepatuhan membayar PBB adalah 61,2%, sedangkan 38,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.


PENGARUH NET PROFIT MARGIN TERHADAP HARGA SAHAM PT. UNILEVER TBK
TAHUN 2011-2016

Eko Widarta Utama
ekowidarta2712@gmail.com
Universitas Prof. Dr. hazairin, S.H., Bengkulu

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh net profit margin terhadap harga saham. Sifat pada penelitian ini adalah penelitian asosiatif yaitu penelitian untuk mengetahui hubungan antar variabel, yang mengungkapkan hubungan antara net profit margin dan harga saham PT Unilever Tbk. Penelitian dilakukan pada awal bulan Desember 2017 hingga akhir bulan Desember 2017. Alat analisa menggunakan regresi linier sederhana. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan purposive sampling. Populasi penelitian ini mencakup semua total laporan tahunan yang sudah diterbitkan PT. Unilever Tbk yaitu empat belas, sementara sampel yang digunakan adalah laporan tahunan PT. Unilever Tbk tahun 2011-2016 yang berjumlah enam.
Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa net profit margin tidak berpengaruh terhadap harga saham PT. Unilever Tbk tahun 2011-2016. Selama enam tahun terakhir sejak tahun 2011 sampai 2016, net profit margin mengalami kemerosotan yang konsisten sementara dilain sisi sahamnya justru semakin tinggi serta hasil penelitian yang diperoleh peneliti menunjukkan bahwa setiap kenaikan yang terjadi pada harga saham tidak dipengaruhi oleh net profit margin dan belum dapat dipastikan akan berdampak besar atau berpotensi bagi perubahan-perubahan yang ada pada harga saham.


MODEL PRODUKTIVITAS KARYAWAN DITINJAU DARI KREATIVITAS TERKAIT OTOMATISASI MESIN PADA PERUSAHAAN MEBEL DI JAWA TIMUR

H. Hidayat, Woro Utari, Bachtiar Rahman Malik
masday_brew@yahoo.co.id
Universitas Wijaya Putra, Surabaya

Penelitian yang berjudul Model Pengembangan Produktivitas Karyawan Melalui Kreativitas Pada Perusahaan Mebel di Jawa Timur ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas karyawan terhadap produktivitas karyawan. Disamping itu mengetahui dimensi kreativitas yang mempengaruhi produktivitas karyawan. Jenis penelitian ini eksplanatoris menggunakan pendekatan cross sectional study untuk mengetahui produktivitas karyawan dan beberapa dimensi kreativitas yang menentukan produktivitas karyawan tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan mebel di Jawa Timur sebanyak 248. Penelitian ini terdiri dari dua kelompok sampel yaitu sampel perusahaan dan sampel karyawan bagian produksi perusahaan mebel di Jawa Timur. Pengambilan sampel perusahaan ditentukan melalui teknik purposive, sehingga didapatakan sebanyak 15 perusahaan. Sedangkan sampel karyawan ditentukan dengan cara stratified quota random sampling, sehingga didapatkan jumlah sampel karyawan pada masing-masing perusahaan sebanyak 15 karyawan. Jumlah total sampel karyawan pada penelitian ini sebanyak 225 karyawan. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa kreativitas karyawan secara simultan berpengaruh langsung signifikan terhadap produktivitas karyawan, ada perbedaan produktivitas karyawan pada tingkat kreativitas yang berbeda pada perusahaan mebel di Jawa Timur. Adapun secara parsial bahwa hanya dimensi individu yang berpengaruh signifikan terhadap produktivitas karyawan, sedangkan dimensi kelompok dan dimensi perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap produktivitas karyawan pada perusahaan mebel di Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *