Jurnal Online Mitra Manajemen Volume II, Nomor 3, Mei 2018

Artikel JMM Online dapat dilihat dan diunduh di website OJS Jurna Online Mitra Manajemen.

IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SISWA DI MTS ISHLAHUL MUSLIMIN SENTELUK LOMBOK BARAT

Abdul Hanan 1), Nurul Jum’ah Fathi 2), Heru Sulistia 3)
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Email : sameeranan10@gmail.com 1), nuruljumah25@gmail.com 2), herusulistya7@gmail.com 3)

ABSTRAK
Manajemen Berbasis Sekolah merupakan suatu konsep pengelolaan yang menawarkan otonomi kepada sekolah untuk mengambil keputusan dalam upaya melibatkan seluruh komponen sekolah secara efektif dan efisien untuk meningkatan mutu pembelajaran siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan bersifat kualitatif deskriptif yang mengkaji tentang penerapan Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah (MBS) dalam meningkatkan mutu pembelajaran siswa di Madrasah Tsanawiyah Ishlahul Muslimin Senteluk Lombok Barat. Penelitian tentang manajemen berbasis sekolah/madrasah di MTs Ishlahul Muslimin Senteluk memiliki tujuan, sebagai berikut: (1) mengetahui bentuk kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTs Ishlahul Muslimin Senteluk, (2) mendeskripsikan implementasi manajemen berbasis sekolah/madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran siswa MTs Ishlahul Muslimin Senteluk, dan (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari implementasi manajemen berbasis sekolah/madrasah di lingkungan MTs Ishlahul Muslimin Senteluk.


HUBUNGAN ANTARA IKLIM ORGANISASI DENGAN STRES KERJA
PADA PERAWAT DI RUMAH SAKIT X JAKARTA TIMUR

Delon Yericho Natalio Runtu
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Email : deruntu@gmail.com

ABSTRAK
Stres kerja dapat dialami oleh siapa saja dan dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor lingkungan, faktor organisasi dan faktor individu. Salah satu hal yang termasuk adalah faktor organisasi yaitu iklim organisasi dimana iklim organisasi berpengaruh pada proses menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Salah satu pekerjaan yang paling berpotensi menciptakan stres kerja adalah perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim organisasi dengan stres kerja pada perawat. Subjek penelitian adalah perawat bagian rawat inap rumah sakit X di Jakarta Timur yang berjumlah 150 responden. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan penyebaran kuesioner dengan pendekatan korelasional.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan teknik korelasi product moment, diperoleh nilai koefisien korelasi (rxy) = -0,2; (p > 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan antara iklim organisasi dengan stres kerja. Artinya iklim organisasi tidak berhubungan stres kerja. Berdasarkan hasil analisis variabel iklim organisasi mempunyai rerata empirik (ME) = 159.72 dan rerata hipotetik (MH) = 171 yang berarti iklim organisasi pada subjek penelitian tergolong sedang. Variabel stres kerja mempunyai rerata empirik (ME) = 73.50 dan rerata hipotetik (MH) = 123.4 yang berarti stres kerja pada subjek penelitian tergolong sedang.


EFEKTIFITAS PENGELOLAAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS KOGNITIF PERSONAL MELALUI PENGGUNAAN INFRASTRUKTUR DIGITAL (MEDIA SOSIAL)

Misnawati 1) , Yusriadi 2)
Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) 1) ,
Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Pengayoman 2)
Email : misnawati_amir@yahoo.com 1) , yusriadi.yusriadi@uqconnect.edu.au 2)

ABSTRAK
Efektifitas pengelolaan kewirausahaan ditentukan oleh beberapa aspek berhasil atau tidaknya suatu usaha yang dijalankan, yaitu aspek modal, pengelolaan, dan pemasaran. Profit suatu usaha bergantung pada strategi pemasaran yang dilakukan oleh wirausahawan.
Di era globalisasi ini, salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif dilakukan adalah penggunaan infrastruktur digital dalam hal ini digital marketing melalui jejaring sosial. Namun penggunaan jejaring sosial seyogyanya didukung dengan kemampuan yang dimiliki oleh wirausahawan yang disebut dengan kognitif personal. Sinergitas antara kognitif personal wirausahawan dan pemanfaatan digital marketing berimplikasi terhadap kinerja suatu bisnis.
Tulisan ini mendeskripsikan efektifitas pengelolaan usaha melalui penggunaan infrastruktur digital berbasis kognitif personal seorang wirausahawan. Tulisan ini mengkaji tentang kewirausahaan melalui : (1) Efektifitas usaha yang didukung oleh kognitif personal; (2) Peran strategis media sosial dalam pengembangan kewirausahaan: dan (3) Implikasi kognitif personal terhadap efektifitas penggunaan infrastruktur digital.


RELATIONSHIP MARKETING, POWER DAN LOYALITAS PADA HUBUNGAN BISNIS ANTARA PEMASOK DENGAN PERITEL

I Dewa Nyoman Arta Jiwa
Universitas Panji Sakti
Email : idnarta0874@gmail.com

ABSTRAK
Terdapat hubungan antara relationship marketing, power dan loyalitas dalam industri di Indonesia khususnya pada peritel dan pemasok. Hubungan business to business (B2B) tersebut terkait dengan penggunaan pengaruh untuk mengikuti kemauan salah satu pihak dalam hubungan bisnis. Salah satu masalah penting dalam penggunaan power perusahaan terhadap mitra bisnisnya adalah adanya fenomena kesenjangan kekuasaan (Jain et al, 2014; Martadisastra, 2017; Setyawan, 2014). Pemahaman, identifikasi dan kemampuan menggunakan strategi pengaruh akan memperkuat posisi tawar-menawar pelaku bisnis terhadap mitra bisnis mereka. Hal ini bisa menghindarkan dari resiko tereksploitasi oleh kekuasaan yang dominan. Pemasok dari skala usahanya sebagian besar merupakan perusahaan kecil dan UMKM. Posisi pemerintah sebagai penyusun dan penegak regulasi bisnis bisa memfaatkan hasil pemikiran dan temuan penelitian yang telah dilakukan sebagai dasar untuk menyusun dan menegakkan sebuah kebijakan kemitraan bisnis antara perusahaan besar dan UMKM.


PENGARUH KEBIJAKAN PENALTI KREDIT KONSUMTIF PNS TERHADAP MINAT MEMINJAM DEBITUR PNS (Studi Kasus pada Bank Sumsel Babel Cabang Tebing Tinggi)

Ari Cahyadi
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Musi Rawas
Email : arie.obito@gmail.com

ABSTRAK
Penyaluran kredit adalah bisnis utama dalam dunia perbankan, salah satu yang menjadi tujuan utama adalah kredit konsumtif, Bank Sumsel babel sebagai Bank Pembangunan Daerah adalah pemain penyalur dominan kredit konsumtif untuk PNS. Salah satu masalah dalam penyaluran kredit konsumtif adalah kebijakan penalti yang memberatkan debitur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kebijakan penalti kredit konsumtif PNS terhadap minat meminjam Debitur PNS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh debitur kredit Konsumtif PNS dan sampel yang diambil adalah 100 (seratus) responden yang diambil secara acak. Teknik pengambilan data dengan menggunakan kuisioner dan teknik analisis data dengan menggunukan analisis regresi, uji validitas, Uji reabilitas, dan uji T. Hasil dari peneilitian menunjukkan bahwa varibel kebijakan penalti berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat meminjam. Hasil ini didukung oleh hasil perhitungan koefisien korelasi sebesar 0.456 dan hasil uji T sebesar 4.178.


SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PEMESANAN DAZZLE STORE BERBASIS WEBSITE

Ovie Nur Khasanah
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Email : ovienurkhasanah4@gmail.com

ABSTRAK
Dazzle Store salah satu usaha yang bergerak di bidang penjualan pakaian pria yang sudah menggunakan layanan internet sebagai media pemasaran produk. Layanan internet yang dipakai untuk pemasaran atau mempromosikan produk pakaian adalah Instagram dan Facebook. Namun, dalam pencatatan transaksi jual beli masih menggunaka cara yang manual menyebabkan sering kehilangan data penjualan sehingga hasil laporan yang ada menjadi tidak akurat. Ditengah persaingan pasar yang begitu ketat Dazzle Store ingin memberikan pelayanan yang memuaskan dengan selalu menghadirkan inovasi dan kemudahan bagi para konsumen. Untuk itu Dazzle Store membutuhkan sebuah sarana untuk menunjang transaksi penjualan dan media promosi dan efektif. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis menggunakan metode waterfall. Proses transaksi jual-beli masih harus dilakukan secara konvesional yaitu konsumen harus datang ke toko dan melakukan transaksi ditempat. Penulis membuat Sistem Informasi Penjualan dan Pemesanan berbasis website yang diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada dan mampu meningkatkan penjualan pada Dazzle Store.


ANALISIS PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)
DI DEPARTEMEN HRD PT SUMBER MANIKO UTAMA

A. A. Gede Ajusta 1), Syahrial Addin 2)
AMIK BSI Bogor 1), AMIK BSI Jakarta 2)
Email : a.gede.age@bsi.ac.id 1) , syahrial.sra@bsi.ac.id 2)

ABSTRAK
PT Sumber Maniko Utama merupakan perusahaan yang bergerak bidang Kontraktor. Perusahaan menunjukkan pengembangan usaha cukup baik. Namun belum diimbangi penerapan SOP sesuai dengan aturan yang telah dibuat. Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) mengacu kepada standar kelola ISO, dimana dalam pelakasanaanya akan terus disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat komplesitas usaha. Sehingga dalam implementasinya akan terus ditingkatkan, berikut sistem kendali manajemen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan SOP yang terjadi pada departemen HRD PT Sumber Maniko Utama. Metode Penelitian yang digunakan Metode Kualitatif dengan mengacu pada 7 hal pokok dalam SOP yang meliputi efisiensi, konsisten, meminimalisasi kesalahan, penyelesaiaan masalah dan batasan pertahanan. Informan penelitian sebanyak 5 orang yaitu: 1 Manajer HRD dan 4 Karyawan HRD. Teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil analisis menunjukan bahwa karyawan Departemen HRD telah menerapkan SOP yang dibuat perusahaan. Adapun tentang hal pokok dalam SOP memiliki beberapa kekurangan diantaranya penyelesaiaan masalah, perlindungan tenaga kerja dan peta kerja.


SISTEM KLASIFIKASI KECELAKAAN LALU LINTAS JALAN RAYA DI KOTA BOYOLALI MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES

Shinta Budi Utami
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Email : shinta.utami03@gmail.com

ABSTRAK
Kota Boyolali mengalami peningkatan pertumbuhan penduduk per tahun dari tahun 2011-2014 sebesar 1,4% (BPS Boyolali 2016). Boyolali merupakan salah satu kota jalan lintas Solo-Semarang, sering dilewati beberapa kendaraan seperti container, truk, motor, mobil dan bus. Diperoleh informasi dari Satlantas Boyolali dalam tiga tahun terakhir terjadi peningkatan jumlah kecelakaan pada pelajar, mahasiswa, dan pekerja kurang dari 30 tahun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui klasifikasisering atau tidaknya terjadi kecelakaan. Penelitian ini dilakukan untuk membangun sistem klasifikasi kecelakaan lalu lintas jalan raya di Kota Boyolali berbasis web dengan menggunakan teknik data mining yaitu metode naïve bayes. Metode naïve bayes yang di terapkan dalam sistem ini untuk menghitung probabilitas terbesar pada variabel independen yang telah ditentukan seperti umur, penyebab, tempat kejadian, hari, dan jam. Sedangkan variabel dependen dalam klasifikasi ini adalah sering atau tidaknya kecelakaan lalu lintas di Kota Boyolali. Hasil penelitian ini berupa sistem yang dapat membantu polisi untuk mengevaluasi klasifikasi kecelakaan.


PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PT PINDAD PERSERO BANDUNG

Dhea Nur Fitrianti 1), Arif Partono Prasetio 2)
Mahasiswa Prodi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan
Informatika Fakultas Ekonomi dan Bisnis 1),
Dosen Prodi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan
Informatika Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2)
Universitas Telkom
Email : dheanurf66@gmail.com 1), partono67@gmail.com 2)

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahuipengaruh kompensasi terhadap produktivitas kerja karyawan PT Pindad Persero Bandung.Metode penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif. Untuk memperoleh data, penelitian ini melakukan penyebaran kuesioner kepada 120 responden karyawan PT Pindad Persero Bandung. Total kuesioner yang digunakan yaitu sebanyak 19 pernyataan yang mencakup pernyataan mengenai kompensasi dan produktivitas kerja dengan menggunakan skala likert 6 titik.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana.Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kompensasi memiliki pengaruh signifikan positif terhadap produktivitas kerja. Dengan hasil koefisien determinasi yang didapat yaitu 0,262 artinya kompensasi memiliki pengaruh sebesar 26,2% terhadap produktivitas kerja sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Hasil dari penelitiandiharapkan dapat menjadi masukan bagi perusahaan dalam mengelola sumber daya manusia, terutama untuk mengingkatkan tingkat produktivitas kerja karyawan.


ANALISIS DAMPAK STRES TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN WITEL YOGYAKARTA

Mega Nur Asofa 1), Arif Partono Prasetio 2)
Mahasiswa Prodi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan
Informatika Fakultas Ekonomi dan Bisnis 1),
Dosen Prodi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan
Informatika Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2)
Universitas Telkom
Email : meganurasofa29@gmail.com 1), partono67@gmail.com 2)

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh stres kerja terhadap kepuasan kerja pada karyawan Witel Telkom Yogyakarta. Metode pengumpulan data penelitian diperoleh dengan penyebaran kuisoner terhadap karyawan Witel Telkom Yogyakarta sebanyak 104 responden. Kuisoner yang disebar memiliki 28 butir pertanyaan dengan skala likert 6 poin. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linier. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan tingkat stres kerja dan kepuasan kerja karyawan, sedangkan analisis regresi sederhana untuk menganalisis pengaruh stres kerja terhadap kepuasan kerja pada karyawan Witel Telkom Yogyakarta. Hasil yang didapat pada penelitian ini menunjukan bahwa stres berpengaruh signifikan negatif terhadap kepuasan kerja pada karyawan Witel Telkom Yogyakarta dan penelitian menunjukkan bahwa pengaruh stres kerja terhadap kepuasan kerja karyawan Witel Telkom Yogyakarta sangat rendah, dengan pengaruh stres kerja sebesar 10,9%.


PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PT. TELKOM INDONESIA WITEL BEKASI

Dian Satri Cahya Wardani 1), Arif Partono Prasetio 2)
Mahasiswa Prodi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan
Informatika Fakultas Ekonomi dan Bisnis 1),
Dosen Prodi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan
Informatika Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2)
Universitas Telkom
Email : diansatri@gmail.com 1), partono67@gmail.com 2)

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahuipengaruh kompensasi terhadap produktivitas kerja karyawan PT Pindad Persero Bandung.Metode penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif. Untuk memperoleh data, penelitian ini melakukan penyebaran kuesioner kepada 120 responden karyawan PT Pindad Persero Bandung. Total kuesioner yang digunakan yaitu sebanyak 19 pernyataan yang mencakup pernyataan mengenai kompensasi dan produktivitas kerja dengan menggunakan skala likert 6 titik. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kompensasi memiliki pengaruh signifikan positif terhadap produktivitas kerja. Dengan hasil koefisien determinasi yang didapat yaitu 0,262 artinya kompensasi memiliki pengaruh sebesar 26,2% terhadap produktivitas kerja sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Hasil dari penelitian diharapkan dapat menjadi masukan bagi perusahaan dalam mengelola sumber daya manusia, terutama untuk mengingkatkan tingkat produktivitas kerja karyawan.


PENGARUH MODAL, LOKASI DAN JENIS DAGANGAN TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PASAR

Rheza Pratama
Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Email : rhezakonoras@gmail.com

ABSTRAK
Terhadap pendapatan pedagang Pasar Sarimalaha Kota Tidore Kepulauan. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto bersifat asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pedagang pasar sebanyak 471 pedagang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, sampel yang digunakan berjumlah 82 pedagang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif modal terhadap pendapatan pedagang; 2) Variabel lokasi tidak berpengaruh terhadap pendapatan pedagang; 3) terdapat pengaruh jenis dagangan terhadap pendapatan pedagang; Berdasarkan hasil regresi koefisien determinasi R² 0,059. Dan diperoleh keterangan bahwa variabel kondisi tempat berdagang berpengaruh positif terhadap pendapatan pedagang dengan nilai signifikan sebesar 0,001 < 5%. Hal Ini berarti semakin bervariasi jenis dagangannya diyakini dapat mengakibatkan semakin bertambah pendapatan pedagang. Karena dengan bervariasi jenis daganganya akan meningkatkan daya beli masyarakat.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *