Jurnal Online Mitra Manajemen Volume II, Nomor 4, Juli 2018

Artikel JMM Online dapat dilihat dan diunduh di website OJS Jurna Online Mitra Manajemen.

PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN PADA
PT. TRI MANUNGGAL KARYA

Dwima Nur Shabrina 1) , Arif Partono Prasetio 2)
Universitas Telkom
Email : dwimanurs@yahoo.co.id 1) , partono1905@gmail.com 2)

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap turnover intention pada karyawan PT. Tri Manunggal Karya yang merupakan perusahaan jasa di bidang konstruksi dan supplier. Metode penelitian menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada karyawan PT. Tri Manunggal Karya. Sampel terpilih adalah sebanyak 110 orang melalui convenience sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala likert. Item yang digunakan pada variabel independent (X) yaitu kepuasan kerja sebanyak 20 item pernyataan dan variabel dependet (Y) yaitu turnover intention sebanyak 6 item pernyataan. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis deskriptif. Sementara untuk menguji data menggunakan uji normalitas one sample Kolmograv-Smirnov, uji heteroskedastisitas Glejser dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh nilai signifikansi sbesar 0,031 < 0,05 maka penelitian ini mendukung hipotesis H1 yaitu kepuasan kerja berpengaruh signifikan negatif terhadap turnover intention PT. Tri Manunggal Karya.


PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN DI BIZNET NETWORKS

Jericho Haganta Sembiring 1) , Arif Partono Prasetio 2)
Universitas Telkom
Email : mrjericho7@gmail.com 1) , partono1905@gmail.com 2)

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap motivasi kerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di perusahaan Biznet Networks yang berlokasi di Jakarta Pusat, total responden dalam penelitian ini berjumlah 171 responden dari seluruh karyawan yang ada di perusahaan Biznet Networks. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini dengan cara melakukan penyebaran kuesioner kepada 171 responden. Kuesioner yang digunakan memiliki 43 butir pernyataan dengan skala likert 6 titik. Metode sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu nonprobability sampling dengan teknik convenience sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, sedangkan teknik analisis regresi linier sederhana digunakan untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel yaitu kompensasi dan motivasi. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa kompensasi memiliki pengaruh signifikan positif terhadap motivasi kerja karyawan pada perusahaan Biznet Networks, hasil tersebut diharapkan dapat menjadi masukan bagi perusahaan dalam mengelola sistem pemberian kompensasi secara lebih baik lagi agar dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan.


PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENJUALAN
PT. TEJA SEKAWAN JAKARTA UTARA

Inggit Dessy Susanti 1), Rachmawati Darma Astuti 2), Findi Ayu Sariasih 3), Jordy Lasmana Putra 4)
Bina Sarana Informatika Jakarta 1) , STMIK Nusa Mandiri 2) , STMIK Nusa Mandiri 3) , Bina Sarana Informatika Jakarta 4)
Email : inggitdessys@gmail.com 1) , rachmawati.rcd@nusamandiri.ac.id 2) , findy.fav@bsi.ac.id 3) , jordy.jlp@bsi.ac.id 4)

ABSTRAK
Kegiatan penjualan dalam rangka menginformasikan dan mendorong permintaan terhadap produk dari perusahaan dengan cara mempengaruhi konsumen agar mau membeli produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut serta mempengaruhi calon pelanggan menjadi pelanggan setia. Sasaran promosi dapat tercapai apabila perusahaan menganggarkan biaya promosi yang memadai dan dengan adanya biaya promosi yang memadai diharapkan dapat membantu perusahaan dalam memasarkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan analisis biaya promosi dengan penjualan. Biaya promosi dapat diukur dengan besarnya biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan promosi, sedangkan penjualan dapat diukur oleh banyaknya produk yang telah terjual secara kredit konsinyasi dan secara tunai atau cash. Dengan adanya biaya promosi yang memadai maka akan dapat membantu penjualan produk kepada calon pelanggan atau masyarakat serta memperkenalkan produk-produk perusahaan kepada calon pelanggan atau masyarakat luas. Maka dari itu disarankan kepada pihak manajemen pemasaran atau bagian marketing untuk mengelola biaya promosi secara efektif dan efisien untuk meningkatkan penjualan perusahaan.


EFEKTIVITAS TEAM TRAINING TERHADAP PENINGKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL KARYAWAN LEVEL MANAJERIAL PT X

Mira Sekar Arumi 1 ) , Nurul Atiqoh 2) , Sri Kijang Hartini 3)
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Email : mira.sekar@dsn.ubharajaya.ac.id 1) , nurulatiqoh892@gmail.com 2) , kj.srikijang97@gmail.com 3)

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Team Training yang berjudul “Team Communication” yang sudah dilakukan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal karyawan level manajerial di PT.X. Desain penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test group design. Sebanyak 24 (dua puluh empat) orang peserta berpartisipasi dalam team training. Seluruh peserta mengisi persoalan yang berkaitan dengan materi komunikasi interpersonal dan skala komunikasi interpersonal, sebelum (pre-test) dan setelah (post-test) team training dilakukan. Hasil pengukuran pemahaman materi komunikasi interpersonal menunjukkan team training dapat meningkatkan pemahaman sebelum dan sesudah dilaksanakannya team training secara signifikan (t = -5,900, p = 0,000<0,001). Adapun hasil pengukuran dari skala komunikasi interpersonal menunjukkan peningkatan yang signifikan antara komunikasi interpersonal peserta sebelum dan sesudah team training (t = -12,500, p = 0,000 < 0,001), sehingga dapat disimpulkan team training yang telah dilaksanakan efektif dalam meningkatkan komunikasi interpersonal level manajerial PT X.


PENGOLAHAN DAN MANAJEMEN USAHA KELOMPOK MAWAR DAN DAHLIA
UNTUK PANGAN ENBAL

Elizabeth Juleny Tapotubun 1) , Bruri B. Tumiwa 2)
Politeknik Perikanan Negeri Tual
Email : elizabethjuleny.polikant@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan penerapan ipteks bagi masyarakat ini merupakan salah satu jawaban bagi upaya mendorong dan meningkatkan minat usaha sebagai calon wirausaha baru yang dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti kelompok usaha olahan enbal di Ohoi Wain Kecamatan Kei kecil. Tahap pendekatan, sosialisasi, pelaksanaan, evaluasi dan pendampingan kepada mitra kelompok olahan enbal merupakan langkah yang dilakukan sehingga luaran yang dihasilkan dari IbM ini yaitu dapat memberikan konstribusi yang baru dalam pengelolaan hasil perikanan di Kabupaten Maluku Tenggara serta organisasi usaha yang permanen dengan manajemen usaha yang baik, pembukuan yang baik, peralatan produksi yang memadai, peningkatan nilai estetika produk melalui pengemasan dan label yang baik dan menarik serta publikasi ilmiah. Tahapan kegiatan yang dilakukan dari kegiatan IbM ini yaitu tahap pendekatan awal dengan mitra, penyuluhan dan pelatihan manajemen usaha, sistem pengemasan, strategi pemasaran, pembuatan enbal ikan, pembuatan cap kelompok usaha, pendampingan serta pemberian bantuan peralatan pembuatan tepung ikan kepada kedua mitra.


PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA
KARYAWAN INDOGROSIR SAMARINDA

Citha Agathanisa 1) , Arif Partono Prasetio 2)
Universitas Telkom
Email : cithaagathanisa@gmail.com 1) , partono1905@gmail.com 2)

ABSTRAK
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja pada karyawan Indogrosir Samarinda. Penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner untuk memperoleh data yang telah disebar kepada 107 karyawan Indogrosir Samarinda. Kuesioner yang telah tersebar terdiri dari 45 butir pernyataan dengan menggunakan enam (6) skala Likert. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis deskriptif yang digunakan untuk menganalisis pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja pada karyawan Indogrosir Samarida. Dalam penelitian ini analisis regresi linear sederhana juga digunakan dalam mengolah data kuesioner dan untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan positif antara kompensasi dengan kepuasan kerja pada karyawan Indogrosir Samarinda.. Nilai koefisien determinasi yang didapat pada nilai ini ialah 0,620 yang menunjukkan bahwa tingkat kompensasi yang diberikan terhadap kepuasan kerja sebesar 62%. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan untuk perusahaan untuk meningkatkatkan pengelolaan pemberian kompensasi terhadap kepuasan karja demi menjaga tingkat kepuasan kerja yang dirasakan oleh karyawan.


ANALISIS BIAYA UMUM DAN ADMINISTRASI
PADA CV. DIGITAL PRINTING (DIMENSI) KOTA BIMA

Puji Muniarty 1) , Nurhayati 2)
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima
Email : puji.stiebima@gmail.com 1) , nurhayati.stiebima@gmail.com 2)

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui seberapa besar biaya administrasi dan umum pada CV. Digital Printing (Dimensi) Kota Bima. Jumlah variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel mandiri yaitu biaya administrasi dan umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi penelitian yaitu data target dan realisasi penggunaan biaya administrasi dan umum pada CV Digital Printing (Dimensi) Kota Bima selama 10 tahun yaitu tahun 2001 sampai dengan tahun 2015. Sampel yang digunakan yaitu data keuangan biaya administrasi dan umum selama 5 tahun yaitu tahun 2011 sanpai dengan tahun 2015 dengan pendekatan sampling yaitu purposive sampling dengan kriteria ketersediaan data terbaru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji hipotesis dengan uji t one sample. Berdasarkan nilai t hitung sebesar 7,332 dan nilai t table sebesar 2,132 (7,332 > 2,132) sehingga dapat simpulkan bahwa biaya administrasi dan umum pada CV Digital Printing (Dimensi) Kota Bima tidak efisien.


DETERMINAN PERDAGANGAN EKSPOR INDONESIA
KE NEGARA TUJUAN UTAMA EKSPOR 2000 – 2015

Nancy Nopeline
Universitas HKBP Nommensen Medan
Email : sitompunancy84@gmail.com

ABSTRAK
Ekspor sangat dibutuhkan bagi proses pertumbuhan ekonomi karena peningkatan ekspor dapat meningkatkan pendapatan suatu negara yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara, maka export-led growth strategy karena semakin penting bagi negara berkembang seperti Indonesia.
Penulis ingin meneliti mengenai determinan ekspor non-migas dari Indonesia ke lima negara partner dagang Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data panel dan diolah dengan menggunakan eviews.
Variael Distance (jarak) merupakan variabel yang memiliki nilai korelasi yang cukup tinggi terhadap GDP sehingga harus dihapus dari model penelitian (multikolinieritas terjadi) dan akhirnya ada empat variabel yang akan dilakukan uji lebih lanjut.
Hasil penelitian ini adalah variabel PDB negara partner dagang, PDB Domestik dan Tariff berpengaruh terhadap nilai ekspor Non-migas di Indonesia. Variabel Nilai tukar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai ekspor non-migas di Indonesia.


PENGARUH IMPLEMENTASI KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP RETURN SAHAM
YANG DIMODERASI CORPORATE GOVERNANCE

Eny Purwaningsih
Universitas Esa Unggul
Email : eny.purwaningsih@esaunggul.ac.id

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan kinerja lingkungan terhadap return saham dengan corporate governance sebagai variabel moderasi. Cumulative Abnormal Return digunakan sebagai proksi untuk return saham. Data untuk penelitian ini diperoleh dari data sekunder dengan metode purposive sampling. Ada 85 perusahaan sektor manufaktur peserta PROPER yang berturut-turut terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2013-2017 yang digunakan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan teknik regresi linier sederhana sebagai metode analisis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kinerja lingkungan memiliki pengaruh positif terhadap return saham. Hasil pengujian pada variabel moderasi menunjukkan bahwa corporate governance menggunakan proksi adalah keahlian komisaris independen dan keahlian komite audit tidak memoderasi hubungan antara kinerja lingkungan dengan return saham.


STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN IJARAH
PADA BANK ABC SYARIAH CILEDUG PERIODE 2015

Ellyta Muchtar 1) , Fitri Rahmiyatun 2) , Rina Oktiyani 3) , Sugiharti 4)
Bina Sarana Informatika Jakarta
Email : ellyta.ely@bsi.ac.id ¹), fitri.frn@bsi.ac.id ²), rina.roi@bsi.ac.id 3), sugiarti.ugt@bsi.ac.id 4)

ABSTRAK
Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi pemasaran pembiayaan ijarah di Bank ABC Syariah cabang Ciledug. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan Bank ABC Syariah tahun 2015 yang telah dipublikasikan melalui website Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif dimana data penelitian dianalisa secara deskriptif untuk mendeskripsikan objek penelitian tanpa perhitungan statistik. Hasil penelitian menunjukan terjadi sedikit penurunan jumlah rekening debitur atau berkurangnya dana pembiayaan ijarah yang disalurkan ke masyarakat dari kuartal ke II ke kuartal III sekitar ≥ 2.5%. Hal itu dikarenakan kurangnya minat masyarakat akan pembiayaan ijarah yang ditawarkan oleh Bank. Dapat disimpulkan bahwa turunnya minat masyarakat untuk mengajukan pembiayaan ijarah dikarenakan taktik pemasaran yang dilakukan bagian pemasaran dengan menggunakan formula 7P tidak dilaksanakan secara optimal. Untuk itu perlu dilakukannya kegiatan promosi yang gencar melalui pemberian brosur, personal selling untuk memberikan penjelasan dan pemahaman tentang pembiayaan syariah dengan sistem bagi hasil, dan cara pengajuan pembiayaan ijarah.


PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI, KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN AFEKTIF TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR

Dewi Cahyani Pangestuti
Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
Email : dewichepe@yahoo.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh dukungan organisasi (POS) X1, kepuasan kerja (SAT) X2 dan komitmen afektif (AFC) X3 serta dampaknya pada Organizational Citizenship Behavior (OCB) Y Pegawai Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan dan Informasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Jakarta. Penelitian ini menggunakan model persamaan SEM (Structural Equational Modeling) untuk menguji hubungan/pengaruh antar variabel. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 160 orang.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : Persepsi Dukungan Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai, besarnya pengaruh langsung sebesar 34.81%. Persepsi Dukungan Organisasi berpengaruh terhadap komitmen afektif pegawai, besarnya pengaruh langsung sebesar 14.44%. Kepuasan kerja berpengaruh terhadap komitmen afektif pegawai, besarnya pengaruh langsung sebesar 20.25%. Persepsi Dukungan Organisasi berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior pegawai, besarnya pengaruh langsung sebesar 5.76%. Kepuasan kerja berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior pegawai, besarnya pengaruh langsung sebesar 9.61%. Komitmen afektif berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior pegawai, besarnya pengaruh langsung sebesar 6.25%.


MENGANALISIS FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN UMKM DI BEKASI

Rahmi Rosita 1) , Kun Purwanto 2) , Rahayu Tri Utami 3) , Darmawan 4)
Politeknik LP3I Jakarta
Email : rahmirosita44@yahoo.com 1) , kun.purwanto@gmail.com 2) , ayyu.sam@gmail.com 3) , dawmawan.sg3@gmail.com 4)

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan di Kota Bekasi.Dalam penelitian ini penulis memfokuskan penelitian kepada pengusaha UMKM yaitu usaha sektor informal kuliner di Kota Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor: karakter(X1) kebersihan tempat(X2), lokasi(X3), pengalaman menjual(X4) kenyamanan tempat(X5), keamanan area parker(X6), dan cita rasa(X7) berpengaruh terhadap keberhasilan usaha kuliner (Y). Serta untuk mengetahui variabel mana diantara ketujuh variabel tersebut yang paling doninan terhadap keberhasilan usaha kuliner di kota Bekasi. Populasi dalam penelitian ini adalah para pemilik usaha kuliner yang usahanya masih bergerak dalam sektor informal, namun telah menjalankan usahanya lebih dari 5 (lima) tahun. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda dengan skala likert. Dengan menyebarkan kuesioner yang berisi pertanyaan tertutup sebanyak 100 responden.
Dari analisis koefisien regresi, maka persamaan regresi yang terbentuk adalah Y = 0,145 + 0,096X1 + 0,254X2 + 0,347X3 + 0,199X4 + 0,024X5 + 0,064X6 + 0,806X7
Dari hasil uji ANOVA, menunjukkan bahwa F hitung sebesar 204,064 dengan tingkat signifikan 0.001. karena nilai signifikansinya < 0.05, maka cita rasa, pengalaman menjual, kebersihan tempat, karakter penjulan, keamanan area parkir, lokasi dan kenyamanan tempat, secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha kuliner.
Berdasarkan perhitungan nilai koefisien determinasi (R Square) adalah sebesar 0,938. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independent (cita rasa, pengalaman menjual, kebersihan tempat, karakter, keamanan area parkir, lokasi, dan kenyamanan tempat) terhadap variabel dependent(keberhasilan usaha kuliner) sebesar 93,8%. Dengan kata lain variabel independent (cita rasa, pengalaman menjual, kebersihan tempat, karakter, keamanan area parkir, lokasi, dan kenyamanan tempat), mampu menjelaskan sebesar 93,8% variabel dependent (keberhasilan usaha kuliner), sedangkansisanya 6,2% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain.

 

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *