Jurnal Online Mitra Manajemen Volume II, Nomor 5, September 2018

Artikel JMM Online dapat dilihat dan diunduh di website OJS Jurna Online Mitra Manajemen.

BIAYA DAN MANFAAT PENDIDIKAN
(Studi kasus MTs Nurul Ummah dan Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta)

Siti Nur Khasanah
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Email : chinungaja@gmail.com

ABSTRAK
Dalam pendidikan, biaya pendidikan memiliki peran yang penting karena membantu memudahkan dalam pelaksanaan pendidikan. Pembiayaan pendidikan berasal dari pemerintah dan non pemerintah atau masyarakat. Dalam rangka efesiensi dan evektifitas pengelolaan pembiayaan pendidikan dilakukan metodelogi dengan cara analisis cost and bebefit (biaya dan manfaat). Analisis cost and benefit digunakan untuk menganalisis investasi pendidikan, dengan memanfaatkan sumber daya ekonomi yang terbatas dan memberikan keuntungan yang maksimal. Sumber daya yang terbatas inilah kemudian dapat digunakan secara efisien dan efektif. Oleh karena pendidikan juga sebagai investasi, maka pengembangan pengetahuan, ketrampilan, pengalaman, dan kesempatan kerja diharapkan mampu memberikan keuntungan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkwalitas melalui pendidikan ini. Kata kunci: biaya dan manfaat, pendidikan.


KINERJA PELAYANAN PUBLIK PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS)
SEMEMI SURABAYA

Priyo Utomo 1) , Syamsul Arifin 2) , Nuryadi 3)
Universitas Wijaya Putra Surabaya
Email : priyoutomo.stiepemuda@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian yang berjudul Kinerja Pelayanan Publik Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Sememi Surabaya ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kinerja Pelayanan Publik Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sememi Surabaya.
Peneliti menggunakan Metode deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan pelayanan publik di Puskesmas Sememi Surabaya. Fokus penelitian didasarkan pada sembilan Indikator yang meliputi: 1) Responsivitas, 2) Responsibilitas, 3) Akuntabilitas, 4) Empati, 5) Efektivitas, 6) Produktivitas, 7) Efisiensi, 8) Kepuasan, 9) Keadilan. Dalam penelitian ini, sumber data diperoleh dari dua instrumen yaitu kuesioner dan wawancara. Responden yang diberi pertanyaan berkaitan dengan fokus penelitian adalah 52 orang pegawai Puskesmas Sememi Surabaya.
Hasil penelitian menunjukkan dilihat dari aspek proses yang diukur melalui indikator responsivitas, responsibilitas, akuntabilitas, dan empati termasuk dalam kriteria tinggi. Kinerja Puskesmas Sememi Surabaya jika dilihat dari aspek hasil yang diukur melalui indikator efektivitas, produktivitas, efisiensi, kepuasan dan keadilan termasuk dalam kriteria sedang. Secara keseluruhan kinerja organisasi Puskesmas Sememi Surabaya termasuk dalam kriteria rendah.


PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, ETIKA AUDITOR,
DAN KECERMATAN PROFESIONAL PADA KUALITAS AUDIT
APARAT INSPEKTORAT JENDERAL KEMENTERIAN SOSIAL RI

Dimas Wicaksono
Universitas Islam As Syafiiah Bekasi
Email : dimas.wicaksono22@ymail.com

ABSTRAK
Peran audit internal yang dijalankan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Sosial RI dipertanyakan karena adanya korupsi yang tidak terdeteksi oleh aparat inspektorat sebagai auditor internal namun ditemukan oleh auditor eksternal yakni Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris tentang pengaruh kompetensi, independensi, etika auditor dan kecermatan profesional pada kualitas audit aparat Inspektorat Jenderal Kementerian Sosial RI. Kuesioner disebarkan kepada auditor sebanyak 43 kuesioner. Jumlah yang kembali adalah 32 kuesioner (74%). Metode analisis data yang digunakan ialah analisa regresi linear berganda (multiple regretion) dimana kompetensi, independensi, etika auditor dan kecermatan profesional sebagai variabel independen sedangkan kualitas audit sebagai variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan kompetensi, independensi, etika auditor, dan kecermatan profesional secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Secara parsial kompetensi, etika auditor, dan kecermatan profesional berpengaruh pada kualitas audit. Sedangkan independensi tidak berpengaruh pada kualitas audit.


TITIK IMPAS DAN PERENCANAAN LABA DALAM BISNIS

Didi Chariadi Chalil
Dosen Pranata Indonesia
Email : chalildidi@gmail.com

ABSTRAK
Dalam ekonomi, khususnya biaya akuntansi, titik impas adalah titik di mana biaya atau pengeluaran dan pendapatan seimbang sehingga tidak ada kerugian atau keuntungan. Titik Impas atau Break Even Point menjadi ukuran penting dalam bisnis. Namun, pengusaha sering menafsirkan BEP dengan perputaran. Titik impas dan laba atas investasi adalah dua hal yang sangat berbeda.
Ketika kita menjalankan bisnis, pasti akan mengeluarkan biaya operasional. Ada dua jenis biaya operasi, biaya tetap dan biaya variabel. Biaya tetap adalah perhitungan biaya didasarkan pada saat penjualan produk. Misalnya, dalam menjalankan bisnis ini kita harus menyewa tempat dengan biaya sewa sebesar Rp. 2 juta / bulan, jadi meskipun tidak ada penjualan produk yang kita pajang, kita tetap harus membayar sewa tempat ini. Jadi meskipun usaha kita sepi dan tidak ada penghasilan tapi tetap ada biaya tetap.
Perencanaan laba adalah rencana kerja yang telah dipertimbangkan dengan cermat dan dijelaskan secara kuantitatif dalam hal laporan keuangan untuk jangka pendek dan jangka panjang.
Beberapa faktor yang mempengaruhi perencanaan laba :
a. Keuntungan atau kerugian yang diderita dari volume penjualan tertentu.
b. Volume penjualan yang harus dicapai untuk menutup semua biaya yang digunakan dengan tujuan untuk memperoleh laba yang memadai.
c. Balik modal (titik impas).


PENGARUH EPS, DER DAN ROA TERHADAP TOBIN’S Q
PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DAN ENERGI YANG GO PUBLIK
DI BURSA EFEK INDONESIA

Dewi Cahyani Pangestuti
Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
Email : dewichepe@upnvj.ac.id

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Earning Per Share (EPS), Debt to Equity Ratio (DER), dan Return On Asset (ROA) terhadap Tobins Q baik secara parsial maupun simultan dan untuk mengetahui faktor mana yang paling dominan mempengaruhi Tobin’s Q. Penelitian ini menggunakan panel data dengan uji Teknik Estimasi Random Effect Model (REM). Sampel yang digunakan adalah 15 (lima belas) perusahaan pertambangan dan energi yang go publik di Bursa Efek Indonesia pada periode waktu 2012-2016. Hasil penelitian yang telah diuraikan secara statistik, diperoleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0.2166 yang berarti bahwa korelasi atau hubungan antara Tobins’Q dengan variabel independennya (EPS, DER dan ROA) adalah rendah. Angka adjusted R square atau koefisien determinasi adalah 0.1835. Hal ini berarti 18.35% variasi atau perubahan dalam Tobins’Q dapat dijelaskan oleh variasi EPS, DER dan ROA sedangkan sisanya (81.64%) dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam model regresi. Pada taraf signifikan 5%, nilai Fhitung = 6.5466 lebih besar dari Ftabel = 2.734. Nilai signifikansinya sebesar 0.000569 lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05. Persamaan regresi yang terbentuk Y = 1.701374 + 0.0000223 X1 – 0.073825 X2 + 0.049017 X3 + Wit. maka dapat disimpulkan variabel EPS, DER dan ROA secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Tobin’s Q pada perusahaan-perusahaan pertambangan dan energi yang go publik di Bursa Efek Indonesia.


ANALISA PENGARUH TATA RUANG KANTOR TERHADAP
KINERJA KARYAWAN DI BPRS SARANA PRIMA MANDIRI (SPM)
PAMEKASAN MADURA

Didin Burhanuddin Rabbani 1) , Syamsul Arifin 2)
Universitas Islam Negeri Malang 1), STIE PEMUDA Surabaya 2)
Email : aldinrabbani@gmail.com1), syamsularifin556@gmail.com2)

ABSTRAK
Kinerja karyawan yang terus meningkat dan tata ruang kantor yang nyaman adalah bagian dari unsur-unsur manajemen tersebut, sehingga stigma positif perbankan syariah dapat mewabah pada masyarakat luas.
Tujuan dari penelitian ini adalah pertama: peneliti ingin mengetahui bagaimana keadaan tata ruang kantor pusat PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) PamekasanMadura; kedua, peneliti ingin mengetahui analisa pengaruh tata ruang kantor terhadap kinerja karyawan di BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan Madura; ketiga, peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh tata ruang kantor terhadap kinerja karyawan di BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan Madura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tata ruang kantor pusat PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan Madura terhadap kinerja karyawannya.


PENGARUH PEMBERIAN MATA KULIAH PERPAJAKAN
DAN PELATIHAN PAJAK TERHADAP MINAT MAHASISWA BERKARIR
DI BIDANG PERPAJAKAN

G. Oka Warmana 1) , I Wayan Widnyana 2)
Universitas Mahasaraswati Denpasar
Email : okawarmana@unmas.ac.id 1), wywid@unmas.ac.id 2)

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati (FE Unmas) Denpasar. Tidak seperti penelitian sebelumnya yang hanya dilakukan pada mahasiswa program studi akuntansi, penelitian ini juga dilakukan pada mahasiswa program studi manajemen. Penelitian ini akan menjawab pertanyaan apakah pemberian mata kuliah perpajakan dan pelatihan pajak dapat meningkatkan minat mahasiswa untuk berkarir di bidang pajak. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa : 1) Mata kuliah perpajakan berpengaruh positif terhadap minat berkarir di bidang perpajakan. 2) Pelatihan pajak berpengaruh positif terhadap minat berkarir di bidang pajak. 3) Minat mahasiswa program studi akuntansi lebih tinggi daripada mahasiswa program studi manajemen untuk berkarir di bidang pajak.


IMPLEMENTASI FUNGSI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH
DI MTs MAFATIKHUL HUDA JAGASIMA

Afif Nur Asafu
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Email : afifnur76@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisi dan mengkaji secara deskriftif mengenai implementasi fungsi kepemimpinan kepala madrasah di MTs Mafatikhul Huda Jagasima. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, Sedangkan Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan analisis deskriptif, sebagaimana yang dikembangkan oleh miles dan huberman mengemukakan bahwa aktifitas dalam analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing / verification. Sumber informan dalam penelitian ini adalah, Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, Wakil Kepala Tata Usaha, Guru-guru serta karyawan MTs Mafatikhul Huda Jagasima. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bisa dikatakan bahwa kepala madrasah MTs Mafatikhul Huda Jagasima, mengerti dan memahami tentang fungsi kepemimpinan hal tersebut dibuktikann dari cara beliau dalam menjalankan roda kepemimpinan, dari hasil penelitian dapat simpulkan bahwa dalam menjalankan roda kepemimpinannya kepala madrasah MTs Mafatikhul Huda menjalankan fungsi kepemimpinannya yaitu fungsi konsultatif, fungsi partisipasi dan fungsi pengendalian.


PENGARUH PENGETAHUAN MANAJEMEN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN

Afi Parnawi
STAI Ibnu Sina Batam
Email : affi354@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi dari rasa puas dan ketidak puasan kerja karyawan pada suatu organisasi yang dipimpin oleh seorang kepala madrasah. Keberhasilan kepala madrasah dalam mengelola organisasinya tidak lepas dari pengetahuan manajemen, gaya kepemimpinan dan komunikasi interpersonalnya.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Hasil riset adalah bahwa pengetahuan manajemen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan baik secara parsial maupun secara simultan. Dari hasil analisis determinasi masih ada faktor lain yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan selain variabel pengetahuan manajemen. Semakin baik pengetahuan manajemen maka akan semakin baik pula kepuasan kerja karyawan pada Madrasah Aliyah Negeri Provinsi Kepulauan Riau.


IMPLEMENTASI KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI
PADA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS STKIP PGRI BANJARMASIN

Vivi Aulia
STKIP PGRI Banjarmasin
Email : viviauliavasa@yahoo.com

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi keterampilan mengadakan variasi pada Praktik Pengalaman Lapangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Banjarmasin. Subyek penelitian ini adalah lima orang mahasiswa yang melaksanakan praktik mengajar di SMAN 5 Banjarmasin, MAN 3 Banjarmasin, dan SMKN 1 Banjarmasin. Data penelitian digali dengan menggunakan lembar observasi yang memuat indikator keterampilan mengadakan variasi yang ditampilkan mahasiswa. Selain itu, catatan lapangan digunakan dalam merekam pengamatan untuk mendukung hasil yang belum tercantum pada lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelima mahasiswa praktik menampilkan keterampilan mengadakan variasi pada aspek penggunaan variasi suara, gerak dan mimik, kesenyapan guru, variasi dalam penggunaan media pembelajaran visual, serta variasi dalam pola interaksi satu arah dari guru kepada peserta didik. Masih banyak terdapat keterampilan mengadakan variasi lain yang belum dilakukan. Diperlukan evaluasi bersama antara dosen pembimbing PPL, guru pamong di sekolah praktik, kepala sekolah dan mahasiswa praktik itu sendiri untuk merancang dan menerapkan proses pembelajaran yang optimal.


ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Niken Herawati 1), Aris Hidayat 2), Suwarsito 3)
AMIK BSI Jakarta 1), AMIK BSI Jakarta 2), AMIK BSI Bogor 3)
Email : niken.nhr@bsi.ac.id 1) , aris.aay@bsi.ac.id 2) , suwarsito.swr@bsi.ac.id 3)

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh variabel kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan Indosat Yellow. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survey melalui kuesioner. Berdasarkan hasil dari analisa penelitian ini, mengindikasikan bahwa kualitas layanan secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, ditunjukan dari nilai signifikan si uji t =0.001 lebih kecil dari α =0.05 dengan koefisien regresi =0.102. Harga secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, ditunjukan dengan nilai signifikansi uji t =0.000 lebih kecil dari α=0,05. Kualitas layanan dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan ditunjukan dari nilai signifikansi uji F =0,000 lebih kecil dari α=0.05 dan mampu memiliki kontribusi terhadap variabel kinerja sebesar 0.496 atau 49.6%. sisanya sebesar 50.4% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak dianalisa dalam penelitian ini.


PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA, KEPUASAN PELANGGAN SERTA LOYALITAS PELANGGAN PADA PT KAI KOMMUTER JABODETABEK STASIUN DEPOK JAWA BARAT

Syahrial Addin 1), Putie Maharani Basa 2), Nurullah Sururi Afif 3)
AMIK BSI Jakarta 1), AMIK BSI Bogor 2), AMIK BSI Jakarta 3)
Email : syahrial.sra@bsi.ac.id 1) , putie.pmb@bsi.ac.id 2) , nurul.afif_bsi@yahoo.com 3)

ABSTRAK
Kebijakan pada kualitas pelayanan dan harga tiket dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan jasa PT KAI Commuter Jabodetabek. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga tiket terhadap loyalitas pelanggan jasa PT KAI Commuter Jabodetabek, baik secara simultan maupun parsial. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif dan verifikatif dengan ukuran populasi 100 responden dengan teknik sampling. Pengolahan data menggunakan analisis regresi linear berganda dan koefisien determinasi pada taraf signifikan 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan harga tiket terhadap loyalitas pelanggan jasa PT KAI Commuter Jabodetabek sebesar 31.9%, model dapat dijalankan dan sisanya (68.1%) tidak dapat dijalankan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti. Kualitas pelayanan memberikan pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan harga tiket terhadap loyalitas pelanggan.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *