Jurnal Online Mitra Manajemen Volume III, Nomor 4, April 2019

PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KOMPETENSI DOSEN DAN MOTIVASI DOSEN TERHADAP KINERJA DOSEN SERTA IMPLIKASINYA PADA KEPUASAN MAHASISWA
STAI SABILI BANDUNG

Setya Indrawanto
STEI Al-Amar Subang
Email : setyaindrawanto77@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Kompetensi Dosen dan Motivasi Dosen Terhadap Kinerja Dosen Serta Implikasinya Pada Kepuasan Mahasiswa STAI Sabili Bandung.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kinerja dosen terhadap kepuasan mahasiswa, pengaruh kepemimpinan transformasional, kompetensi dosen, motivasi dosen terhadap kinerja dosen serta pengaruh kepemimpinan ransformasional, kompetensi dosen dan motivasi dosen terhadap kepuasan mahasiswa.Penelitian menggunakan analisis jalur, populasi penelitian ini adalah 201 mahasiswa STAI Sabili Bandung tahun 2017 dengan jumlah sample sebanyak 134 orang yang ditetapkan dengan rumus Slovin.
Hasil peneliian yang pertama menunjukkan bahwa kinerja dosen mempengaruhi kepuasan mahasiswa secara positive dan signifikan karena nilai t hitung = 19,562 > nilai t tabel = 1,656.Nilai signifikansi <0,05. Persamaan analisis jalurnya adalah Z= ρzyY+pzε. Z = 0,862 Y + 0,256 ε. Hasil penelitian yang kedua menunjukkan kepemimpinan transformasional, kompetensi dosen dan motivasi dosen mempengaruhi kinerja dosen secara positif dan signifikan dengan nilai t hitung masing-masing untuk kepemimpinan transformasional= 14,291, kompetensi dosen= 4,079, dan motivasi dosen= 2,878 dimana nilai t hitung > t tabel dan nilai nilai signifikansi kurang dari 0,05. Nilai R2 sebesar 0,862 artinya nilai koefisien determinasi = 86,20%.Maknanya kepemimpinan transformasional, kompetensi dosen, motivasi dosen memberikan kontribusi untuk mempengaruhi kinerja dosen sebesar 86,20%.Persamaan analisis jalur Y= ρyx1X1 + ρyx2X2 + ρyx3X3 + ε.Y= 0,540 X1 + 0,317 X2 + 0, 229 X3 + 0,138 ε. Hasil penelitian yang ketiga adalah kepemimpinan transformasional leadership, kompetensi dosen, motivasi dosen mempengaruhi kepuasan mahasiswa secara parsial dan simultan sebab nilai t hitung > nilai t tabel sebesar 1,656 dan nilai signifikansi < 0,05. Persamaan analisis jalur Z= ρzx1X1 + ρzx2X2 + ρzx3X3 + ε dengan R square = 0,732. Z= 0,461 X1 + 0,112 X2 + 0, 421 X3 + 0,268 ε.


PENGARUH ‘APPSCAPE’ TERHADAP ADOPSI APLIKASI MOBILE
DAN M-LOYALTY PADA PENGGUNA APLIKASI TRAVELOKA DI INDONESIA

Zelda Wildhania Basuki 1) , Indira Rachmawati 2)
Universitas Telkom
Email : zelda.wildhania@gmail.com 1), indirarachmawati@telkomuniversity.ac.id 2)

ABSTRAK
Perbelanjaan produk dan jasa sudah bisa dilakukan dalam belanja online serta pengembangan teknologi bisa menunjang belanja online dalam mobile phone. Salah satunya adalah aplikasi belanja travel online, Traveloka sebagai penguasa belanja travel online dengan pengunduhan aplikasi tertinggi mempunyai peluang dan potensi besar dimasa depan untuk lebih berkembang lagi dan mampu bersaing dengan kompetitor sejenis.
Penelitian ini menggunakan SEM-PLS untuk mengetahui pengaruh ‘Appscape’ terhadap Adopsi Aplikasi Mobile dan M-Loyalty pada pengguna Aplikasi Traveloka di Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada semua pengguna aplikasi Traveloka di Indonesia. Menggunakan metode kuantitatif, menyebarkan kuisioner kepada 400 responden. Menggunakan skala likert dengan jenis quota sampling. Teknik analisis data dengan Structural Equation Model diolah dengan SmartPLS versi 3.0.
Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat 6 item hipotesis yang ditolak dan 17 item hipotesis yang diterima. Saran dari penelitian ini yaitu perceived enjoyment dan perceived ease of use menjadi prioritas utama untuk dikembangkan oleh perusahaan pada aplikasi Traveloka.


ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, NILAI-NILAI BUDAYA DAN KINERJA BADAN USAHA MILIK DESA DI KABUPATEN BULELENG

I Dewa Nyoman Arta Jiwa 1) , I Made Madiarsa 2)
Universitas Panji Sakti
Email : idnarta0874@gmail.com 1) , mademadiarsa@yahoo.co.id 2)

ABSTRAK
Sebagai salah satu lembaga ekonomi yang beroperasi di pedesaan, BUMDes harus memiliki perbedaan dengan lembaga ekonomi pada umumnya. Hal ini dimaksudkan agar keberadaan dan kinerjanya mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan warga desa. Pengembangan BUMDes di Bali akan berbeda kondisi dan situasi lingkungan sosial dan budayanya dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Nilai budaya lokal Bali masih perlu dipelajari dan diteliti untuk mengetahui perannya dalam meningkatkan orientasi kewirausahaan dan kinerja oganisasi. Metode penelitian kuantitatif melalui penyebaran kuisioner dengan 49 responden dan teknik pengolahan data dengan PLS digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Hasilnya menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan nilai-nilai budaya Bali terhadap orientasi kewirausahaan dan kinerja Organisasi.Terdapat pengaruh positif dan signifikan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja Organisasi. Orientasi kewirausahaan tidak berperan memediasi pengaruh nilai-nilai budaya Bali terhadap kinerja Organisasi pada BUMDes di Kabupaten Buleleng.


PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU
SMA SULTAN AGUNG PEMATANGSIANTAR

Sudung Simatupang 1) , Marto Silalahi 2)
STIE Sultan Agung
Email : selitaefraim@gmail.com 1) , martolinsondan@yahoo.co.id 2)

ABSTRAK
Guru merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh pihak sekolah dalam rangka mencapai tujuannya. Dalam prosesnya tenaga kerja dalam bidang pendikan juga sering dihadapkan pada kompetensi atas tugas yang ditetapkan kepada guru tersebut. Penelitian bertujuan untuk mempelajari implikasi hasil dari kompetensi terhadap kinerja guru SMA Sultan Agung.
Dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada para Guru Tetap Yayasan (GTY) di SMA Swasta Sultan Agung Pematangsiantar yang berjumlah 30 orang. Hasil hipotesa dari penelitian ini adalah secara parsial kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMA Sultan Agung Pematangsiantar dengan nilai diperoleh thitung 8.497 > tabel 2.045 dengan probabilitas signifikan 0.000 lebih kecil dari tingkat keyakinan (level of significant)  = 0,05 yang artinya menolak H0 dan menerima H1, artinya secara parsial kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMA Sultan Agung Pematangsiantar.


PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI PERDESAAN
(Studi Tentang Program Simpan Pinjam Perempuan di Desa Cagak Agung Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik)

Priyo Utomo 1) , Anik Puji Prihatin 2)
STIE Pemuda Surabaya
Email : priyoutomo.stiepemuda@gmail.com 1) adiy24@yahoo.co.id 2)

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan pada kegiatan Simpan Pinjam Perempuan di Desa Cagak Agung Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Informan penelitian dalam penelitian ini merupakan Kepala Desa, Fasilitator Desa, serta pengurus SPP itu sendiri. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Tahapan pengelolan kegiatan Program Nasional pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan salah satunya adalah melakukan sosialisai baik di desa maupun di antar dusun yang memiliki tujuan agar pelaku-pelaku di tingkat desa maupun di kecamatan memahami adanya program Nasional pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan salah satunya adalah program simpan pinjam perempuan supaya dimanfaatkan serta melakukan proses lanjutan. Sasaran dari pemanfaat program simpan pinjam perempuan efektif karena semua kelompok yang berjenis kelamin perempuan serta pengembalian pinjaman adalah 12 bulan.
Perubahan nyata yang dapat dirasakan oleh pemanfaat program simpan pinjam perempuan yakni ibu-ibu atau wanita yang sebelumnya tidak memiliki pekerjaan, kini memiliki pekerjaan pokok sebagai penjahit dan ada juga yang mulai berdagang dan kini mereka mampu untuk membiayai kehidupan sehari-hari.


MEMBANGUN BRAND IMAGE PADA UKM ALAS KAKI SIDOARJO

Yurilla Endah Muliatie 1) , Agus Riyadi 2)
Universitas Wijaya Putra Surabaya
Email : yurillaendah@uwp.ac.id 1) , agusriyadi@uwp.ac.id 2)

ABSTRAK
Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi terhadap teori pemasaran yang telah ada maupun implementasinya. Juga dapat memberikan dasar dalam menemukan model kerangka konseptual yang baru bagi peneliti selanjutnya dengan memadukan, memodifikasi, serta memperluas konstruk-konstruk dalam penelitian ini sehingga akan memberikan komtribusi yang sangat berarti bagi pengembangan konsep pemasaran tentang branding. Penelitian ini secara praktis juga merupakan masukan bagi pelaku usaha alas kaki untuk menentukan kebijakan dan keputusan yang terkait dengan peningkatan kepuasan, kepercayaan dan loyalitas pelanggan.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah pelanggan UKM alas kaki di Kabupaten Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk memberi gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data sampel atau populasi sebagaimana adanya, tanpa melakukan analisis dan membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum. Analisis deskriptif bertujuan untuk mengubah kumpulan data mentah menjadi bentuk yang mudah dipahami, dalam bentuk informasi yang lebih ringkas sehingga memberikan informasi yang berguna.


KEPUASAN KERJA PEGAWAI DINAS P3AKB KABUPATEN BOJONEGORO DITINJAU
DARI PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA DAN KOMUNIKASI

Anita Erviana 1) , Mei Indrawati 2) , Hidayat 3)
Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro 1) , Universitas Wijaya Putra 2) ,
Universitas Wijaya Putra 3)
Email : anitabojonegoro4@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini yang berjudul “Kepuasan Kerja Pegawai Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro Ditinjau dari Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja dan Komunikasi”. Tujuan dari dilaksanakannya penelitian adalah untuk Mendeskripsikan kepemimpinan, motivasi kerja, komunikasi dan kepuasan kerja di Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro. Mengetahui dan Menganalisis pengaruh kepemimpinan, motivasi kerja dan komunikasi secara simultan dan parsial terhadap kepuasan kerja pegawai di Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro.
Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory yaitu penelitian yang bertujuan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro yang berjumlah 31 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan total sampling adalah teknik penentuan sampel dengan cara mengambil seluruh anggota populasi sebagai responden atau sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi variabel kepemimpinan, motivasi kerja dan komunikasi Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro dalam kategori baik. Secara simultan variabel kepemimpinan, motivasi belajar, sarana dan prasarana mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro dengan memberikan kontribusi sebesar 56.4% terhadap Prestasi belajar Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro.


ANALISIS SEMANGAT KERJA, LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA
TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI SEKERTARIAT DAERAH KABUPATEN BOJONEGORO

Dadang Aris Subiantoro1) , Woro Utari 2) , Sri Hartati 3)
Sekretariat Daerah Kabupaten Bojonegoro 1) , Universitas Wijaya Putra 2) ,
Universitas Wijaya Putra 3)
Email : aris.dadang81@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan semangat, lingkungan kerja dan motivasi terhadap prestasi kerja pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Bojonegoro. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh semangat kerja, lingkungan kerja dan motivasi kerja secara simultan dan parsial terhadap prestasi kerja pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Bojonegoro.
Penelitian ini berjenis explanatory research dan Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai sekretariat daerah Bojonegoro yang berjumlah 217 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel semangat kerja, lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap prestasi kerja pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Bojonegoro dalam kondisi baik. Serta variabel semangat dalam kondisi sangat baik di Sekretariat Daerah Kabupaten Bojonegoro. Semangat, lingkungan kerja dan motivasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Sekretariat Daerah Kabupaten Bojonegoro dapat dilihat dari nilai R2 = 0.560 yang berarti bahwa 56.0% prestasi kerja dapat dijelaskan oleh semangat kerja, motivasi, lingkungan kerja.


PENGARUH TRUST MARKETING, COMMUNICATION MARKETING
DAN CORPORATE IMAGE TERHADAP CUSTOMER BEHAVIOR
INTENTION MELALUI CUSTOMER SATISFACTION
PADA OBYEK WISATA GEOPARK BOJONEGORO

Dedy Karuniawan1) , Woro Utari 2) , Sri Hartati 3)
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro 1) ,
Universitas Wijaya Putra 2) , Universitas Wijaya Putra 3)
Email : dedy4karuniawan@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendiskripsikan marketing trust, communication marketing dan corporate image terhadap customer behavior intention melalui customer satisfaction pada Obyek Wisata Geopark Bojonegoro.
Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai explanatory research yang menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan pada obyek wisata Geopark Bojonegoro. Adapun teknik pengambilan sampelnya dengan menggunakan insidental sampling, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel.
Hasil penelitian didapatkan bahwa Kondisi variabel Marketing trust, Corporate image, Customer satisfaction dan Customer behavior intention pada obyek wisata Geopark Bojonegoro dalam kondisi cukup baik dan Communication Marketing dalam kondisi baik. Communication Marketing dan Corporate image berpengaruh signifikan terhadap Customer behavior intention pada obyek wisata Geopark Bojonegoro, sedangkan Marketing trust dan Customer satisfaction tidak berpengaruh signifikan. Marketing trust, Communication Marketing, Corporate image berpengaruh signifikan terhadap Customer satisfaction pada obyek wisata Geopark Bojonegoro.


PENGARUH KOMPENSASI, KOMITMEN TERHADAP KINERJA MELALUI SEMANGAT KERJA DINAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN KABUPATEN BOJONEGORO

M. Cholilur Rahman1) , Mei Indrawati 2) , Hidayat 3)
Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro 1) ,
Universitas Wijaya Putra 2) , Universitas Wijaya Putra 3)
Email : cholilrohman72bjn@gmail.com

ABSTRAK
Kinerja pegawai merupakan tingkat pencapaian atau hasil kerja seseorang dari sasaran yang harus dicapai atau tugas yang harus dicapai atau tugas yang harus dilaksanakan sesuai dengan tanggung jawab masing-masing dalam kurun waktu tertentu.
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan kompensasi, komitmen, semangat kerja dan kinerja Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro. Untuk menganalisis pengaruh kompensasi, komitmen terhadap semangat kerja di Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survey yang berupa Penelitian Eksplanasi (penjelasan) yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel melalui pengujian hipotesis atau penelitian pengujian hipotesis. Sedangkan pendekatannya menggunakan pendekatan kuantitatif karena berhubungan dengan angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro yang berjumlah 38 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan total sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi variabel Kompensasi, Komitmen, Kinerja dan Semangat Kerja pegawai dalam kondisi baik di Dinas Perternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro. Komitmen berpengaruh langsung signifikan terhadap kinerja.


ANALISIS PRESTASI KERJA PEGAWAI BAPPEDA BOJONEGORO DITINJAU DARI KEDISIPLINAN, MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA

Megasari Rismawardani 1) , Mei Indrawati 2) , Hidayat 3)
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bojonegoro 1) ,
Universitas Wijaya Putra 2) , Universitas Wijaya Putra 3)
Email : mega23ganendra@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kedisiplinan, motivasi, kepuasan kerja dan prestasi kerja pegawai Bappeda Bojonegoro.
Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai explanatory research yang menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Bappeda Bojonerogo yang berjumlah 39 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan sensus sampling.
Hasil penelitian didapatkan bahwa kondisi variabel kedisplinan, motivasi dan kepuasan kerja pegawai di kantor Bappeda Bojonegoro dalam kondisi baik. Kedisplinan, motivasi dan kepuasan kerja pegawai di kantor Bappeda Bojonegoro sebesar 0.815 atau sebesar 81.5% Artinya bahwa sebesar 81.5% prestasi kerja pegawai dapat dijelaskan oleh kedisiplinan, motivasi dan kepuasan kerja, sedangkan sisanya sebesar 18.5% dijelaskan oleh variabel lain diluar peneltian ini.


PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN DAN PEMELIHARAAN TANAH WAKAF PEMAKAMAN UMAT ISLAM KERAMAT BEJI KOTA DEPOK

A.A. Gede Ajusta 1), Luthfanida2)
Universitas Bina Sarana Informatika
Email : a.gede.age@bsi.ac.id 1), luthfani1010@bsi.ac.id 2)

ABSTRAK
Pemakaman sebagai kebutuhan individu karena pada hakikatnya adalah makhluk yang bernyawa akan mati dan dikuburkan didalam tanah. Jumlah penduduk di Indonesia sangatlah banyak maka tanah yang dibutuhkan harus sesuai luasnya dengan yang akan digunakan untuk tempat pemakaman. Dengan perkembangan teknologi informasi membuat para pencari informasi dengan mudah dapat melakukan pengaksesan terhadap data atau informasi yang diinginkan. Dengan dibantu adanya dukungan teknologi komputer terbukti bahwa mekanisme kerja menjadi lebih efektif dan efisien. Komputer memang memegang peran penting dalam menunjan gkelancaran aktifitas pekerjaan, cara pengaturan data dan informasi pun dapat disampaikan kepada pihak yang membutuhkan. Penggunaan sistem basis data jugamendukung kinerja banyak instansi. SistemPembayaran Pendaftaran dan Pemeliharaan di Tanah Wakaf Pemakaman Umat Islam Keramat Beji Kota Depok masih manual. Dimana segala prosesnya mulai dari pendaftaran, pencatatan, pengolahan, penyimpanan serta laporan pembayaran masih dilakukan pengarsipan untuk data pembayaran pun menjadi mudah hilang. Sehingga dalam pembuatan laporannya membutuhkan waktu yang lama.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *