Jurnal Online Mitra Pendidikan Volume I, Nomor 9, November 2017

Artikel JMP Online dapat dilihat dan diunduh di website OJS Jurna Online Mitra Pendidikan.

PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SDN 02 TUKSONGO SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Jayanti Tri Wardani
jayantitriwardani@gmail.com
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Kristen Satya Wacana

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas IV SDN 02 Tuksongo diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Picture and Picture. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan sebagai berikut (1)Penggunaan model picture and picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA untuk siswa kelas IV SDN 02 Tuksongo. Hal ini terbukti bahwa pembelajaran yang terjadi dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPA tentang Sumber daya alam, siswa kelas IV SDN 02 Tuksongo. Hal ini terlihat juga pada penilaian proses tentang aspek keaktifan, kerjasama, dan ketepatan yang selalu meningkat di setiap siklus. Sedangkan pada penilaian hasil belajar juga selalu meningkat dari siklus I sampai siklus II. Pada pertemuan prasiklus nilai rata-ratanya 50,7, siklus I rata-ratanya 76,43, dan pada pertemuan siklus II rata-ratanya menjadi 85. (2) Langkah-langkah penggunaan model picture and picture dengan media flashcard yang tebukti dapat meningkatkan hasil belajar adalah presentasi kelas, tim kelompok.


PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMEN (TGT) BERBANTUAN KARTU DOMINO MATEMATIKA
PADA SISWA KELAS V SD

Maria Dian Riya Prihantini
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Kristen Satya Wacana
mariadian16@yahoo.com

Penelitian ini membahas mengenai permasalahan pada siswa kelas V SD Negeri Gondoriyo 02 yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan harian, banyak siswa yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 70. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SD Negeri Gondoriyo 02 menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) berbantuan Kartu Domino Matematika. Waktu penelitian adalah semester II bulan April tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan di setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan dengan tahapan Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Tes yang telah di uji Validitas dan Reabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan teknik Kualitatif dan Kuantitatif. Hasil penelitian menunnjukan adanya peningkatan hasil belajar matematika, setelah diberikan tindakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen. Hasil pada Siklus I diperoleh 17 siswa yang Tuntas (60,71%) dan 11 siswa tidak tuntas (39,29%), sedangkan pada Siklus II 24 siswa Tuntas (85,71%) dan 4 siswa Tidak Tuntas (14,29%). Jadi penggunaan Model kooperatif tipe Teams Games Tournamen berbantuan Kartu Domino Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gondoriyo 02 Tahun Pelajaran 2016/2017.


UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI
PENDEKATAN INKUIRI DAN MODEL PEMBELAJARAN
STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS IV SD

Ayu Sekti Pinuntun Kawuri
ayusekti20@gmail.com
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Kristen Satya Wacana

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Jetak 03 melalui penerapan pendekatan Inkuiri dan model pembelajaran STAD. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan dengan tahap perencanaan, tindakan yang dilakukan bersamaan dengan observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Inkuiri dan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Jetak 03. Langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Inkuiri dan model pembelajaran STAD yaitu: membentuk kelompok secara heterogen, menyimak penjelasan materi, merumuskan masalah, belajar bersama saling berdiskusi untuk membantu pemahaman, mengajukan hipotesis, mengumpulkan informasi, menganalisis informasi, menarik kesimpulan, menyajikan hasil karya, mendapat penghargaan, dan melakukan tes evaluasi. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini nampak pada persentase ketuntasan belajar siswa dari pra siklus sebesar 39,3% pada siklus I meningkat menjadi 56,5% serta dilanjutkan pada siklus II meningkat menjadi 86,9 %. Penerapan pendekatan Inkuiri dan model pembelajaran STAD ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa.


UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE

Paulus Ongki Gunawan
292013221@student.uksw.edu
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Kristen Satya Wacana

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dengan penerapan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran think talk write, hasil belajar yang di maksud dalam penelitian ini adalah ketuntasan belajar atau dalam ranah kognif. Penelitian ini merupakan penlitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Bringin 02 kecamatan bringin kabupaten semarang yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes, instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran think talk write, Peningkatan ketuntasan hasil belajar terjadi secara bertahap di mana pada kondisi pra siklus presentase ketuntasan siswa (64,6%) dengan rata-rata nilai 72,08 , pada siklus 1 presentase ketuntasan siswa (77,4%) dengan rata- rata nilai 75. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan presentase (90,4%) dan rata-rata nilai 80,01. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa.


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIFAT-SIFAT CAHAYA DENGAN METODE INQUIRI PADA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI SUMOGAWE 04

Birawan Cahyo Saputro
292013106@student.uksw.edu
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Kristen Satya Wacana

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan penerapan model pembelajaran inquiri. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang setiap siklusnya terdiri dari (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan dan observasi, dan (3) Refleksi. Penelitian dilakukan pada kelas V SD Negeri Sumogawe 04 Kecamatan Getasan dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan siswa juga soal tes evaluasi. Teknik analisis data menggunakan analisis ketuntasan dan analisis deskriptif komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa yang mulanya pada pra siklus sebesar 34%. Pada siklus I meningkat dengan tingkat ketuntasan sebesar 69%. Kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 93% dari jumlah keseluruhan siswa. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Sumogawe 04 pada materi sifat-sifat cahaya.


PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN INKUIRI BERBANTU PAPAN INKUIRI SISWA KELAS IV SD KRISTEN NGAMPIN

Telly Margaretha Huwae1, Eunice Widyanti Setyaningtyas2
292013121@student.uksw.edu1, eunice.widyanti@gmail.com2
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Kristen Satya Wacana

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPA dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotor siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes, data dianalisis menggunakan teknik diskriptif. Subyek penelitian adalah kelas IV SD Kristen Ngampin Kecamatan Ambarawa yang berjumlah 16 siswa. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kognitif yang tuntas dari pra siklus 6 siswa (44%) meningkat menjadi 13 siswa (81%) pada siklus I dan meningkat menjadi 16 siswa (100%) pada siklus II. Pada hasil belajar afektif pada siklus I dan siklus II menunjukkan rata-rata sikap ingin tahu dari dari 80 menjadi 97, aspek bekerjasama dari 86 menjadi 91, keberanian dari 81 menjadi 86, dan percaya diri dari 87 menjadi 89. Pada ranah psikomotor juga mengalami peningkatan pada aspek membawa alat dan bahan dari 72 menjadi 89, berpartisipasi aktif dalam eksperimen dari 81 menjadi 89, dapat menemukan jawaban dari permasalahan dari 81 menjadi 91 dan dapat melaksanakan percobaan sesuai dengan perintah guru dari 83 menjadi 97. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan inkuiri berbantu papan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA, baik hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan inkuiri berbantu papan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA baik, hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik.


UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN
MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DIPADUKAN DENGAN EKSPERIMEN
PADA SISWA KELAS V SD

Tony Muhammad Irfan1, Krisma Widi Wardani2
292013112@student.uksw.edu1, krisma.uksw@gmail.com2
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Kristen Satya Wacana

Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS) dipadukan dengan eksperimen pada siswa kelas V SD. Jenis peneltian ini adalah PTK dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri Tolokan Kecamatan Getasan dengan jumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kognitif yang tuntas pada pra siklus 24 siswa (67%) meningkat menjadi 29 siswa (80%) pada siklus I dan meningkat menjadi 34 siswa (94%) pada siklus II. Hasil belajar afektif pada siklus I sikap menghormati cenderung bernilai baik, pada siklus II cenderung bernlai baik sekali. Sikap partisipasi pada siklus I cenderung bernilai baik, pada siklus II cenderung bernilai baik sekali. Sikap bekerjasama sama ada siklus I cenderung bernilai baik, pada siklus II cenderung bernilai baik sekali. Sikap tanggung jawab pada siklus I cenderung bernilai baik, pada siklus II cenderung bernilai baik sekali. Hasil belajar psikomotor pada siklus I Aspek keaktifan cenderung bernilai baik pada siklus II cenderung bernilai baik sekali. Aspek mengoperasikan alat pada siklus I cenderung bernilai baik, pada siklus II cenderung bernilai baik sekali. Aspek ketelitian pada siklus I cenderung bernilai baik pada siklus II cenderung bernilai baik sekali. Aspek presentasi pada siklus I cenderung bernilai baik, pada siklus II cenderung bernilai baik sekali.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *