Jurnal Online Mitra Pendidikan Volume II, Nomor 12, Desember 2018

Artikel JMP Online dapat dilihat dan diunduh di website OJS Jurna Online Mitra Pendidikan.

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BUKIT

Ni Kadek Putu Parwati 1) , I Wayan Jatiyasa 2) , I Made Subagia 3)
STKIP Agama Hindu Amlapura
Email : kadekparwati69@gmail.com 1) , jatiyanz@gmail.com 2) , imadesubagia@gmail.com 3)

ABSTRAK
Penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Bukit ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, karena beberapa faktor pembelajaran yang didomonasi oleh ceramah dan belum memotivasi siswa untuk belajar secara aktif.
Berdasarkan penerapan yang telah dilakukan dihasilkan kesimpulan model kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Bukit dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu tahun pelajaran 2017/2018. Hal tersebut dapat diketahui melalui nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dari refleksi awal sebasar 65,67 menjadi 77,11 pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 80,44. Daya serap pada refleksi awal adalah 65,67% meningkat menjadi 77,11% pada siklus I, dan pada siklus II menjadi 80,44%. Sementara itu, ketuntasan klasikal belajar siswa pada refleksi awal 33%, pada siklus I tetap sama 33%, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 100%.


PENINGKATAN PEMBELAJARAN SAINS (IPA) DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS
DAN MEDIA GAMBAR

Guakman
Kepala Sekolah SD Negeri Mangkahui 1 Murung Raya
Email : guakmanspd2018@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V (lima) SDN Mangkahui – 1 pada materi Tata Surya dengan menggunakan model pembelajaran pemberian tugas dan media gambar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus hingga November 2017.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, pada siklus I dari hasil tes menunjukkan bahwa terjadi peningkatan skor siswa sebelum tindakan dengan rata-rata 3,53 dan sesudah tindakan dengan rata-rata 6,87. Dilihat dari hasil tersebut, perlu dilanjutkan ke tahap siklus II. Dari tahap ini didapatkan hasil skor siswa yang juga menunjukkan peningkatan dari pre tes dengan rata-rata 6,73 ke pos tes dengan rata-rata 8. Berdasarkan hasil tersebut, maka dengan menggunakan metode pemberian tugas dan media gambar dapat meningkatkan pembelajaran Sains (IPA) pada siswa SD Negeri Mangkahui 1 Murung Raya.


PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN PADA PELAJARAN IPA TENTANG FUNGSI BATANG TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV
SDN TUMBANG KOLON I MURUNG RAYA

Sulaiman Bhoka
Kepala Sekolah SD Negeri Tumbang Kolon 1 Murung Raya
Email : sulaimanspd2018@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui upaya guru dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang “Fungsi Batang Tumbuhan” melalui metode eksperimen dan mengetahui manfaat pelaksanaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa kelas IV SDN Tumbang Kolon I tahun pelajaran 2016/2017 pada pelajaran IPA tentang Fungsi Batang Tumbuhan menggunakan metode eksperimen.
Pada siklus I, setelah diterapkan metode eksperimen, hasil yang diperoleh menunjukkan peningkatan pemahaman siswa yang dibuktikan dengan adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa. Siswa yang dinyatakan tuntas dalam belajar sebesar 60% atau sebanyak 18 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, yaitu 90% atau 27 siswa dinyatakan tuntas dalam belajar. Walaupun masih terdapat 3 siswa yang belum tuntas dalam belajar, tetapi hasil yang dicapai sudah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditentukan.
Maka, hal ini menunjukkan adanya dampak yang sangatbesar bagi pemahaman siswa setelah diterapkannya metode eksperimen pada pembelajaran IPA materi Fungsi Batang Tumbuhan. Serta metode ini juga meningkatkan hasil nilai evaluasi siswa.


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGARANG MELALUI METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA DI KELAS V SD NEGERI 135911 KOTA TANJUNGBALAI

Nurlela
SD Negeri 135911 Kota Tanjungbalai
Email : nurlela583@yahoo.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mengarang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode pembelajaran Example non example pada siswa kelas V SD Negeri 135911 Kota Tanjungbalai. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 135911 Kota Tanjungbalai yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan. Hasil yang diperoleh dari pembelajaran mengarang dengan menggunakan metode Example non example pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dikelas V, memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan nilai ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus. Siklus I sebanyak 56,66% dan siklus II sebanyak 93,33%, sehingga dalam hal ini dinyatakan berhasil.


PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDI ST.YOSEF MAUMERE KABUPATEN SIKKA

Yosephina Roswinda
SDI ST.Yosef Maumere Kabupaten Sikka
Email : memywilhelmina02@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah dengan menerapkan supervisi sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di SDI St.Yosef Maumere. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru di SDI St.Yosef Maumere. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketuntasan nilai yang di peroleh pada siklus I adalah 53,33%. Dari jumlah guru yang tuntas 8 orang mendapat kategori B dan ketuntasan nilai yang diperoleh pada siklus II mencapai 86,66%. Dari jumlah guru 13 orang dan mendapat kategori A. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka disimpulkan bahwa dengan menerapkan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru maka hasil yang di capai meningkat 86,66% di atas nilai rata-rata 75.


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDK 030 WOLOMETANG KECAMATAN WAIBLAMA KABUPATEN SIKKA

Godefridus
SDK 030 Wolometang Kecamatan Waiblama Kabupaten Sikka
Email : goferdius77@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigasi (GI). Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran Matematika materi penyederhanaan pecahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus 1 adalah 35% dan siklus II 100%. Aktivitas guru pada siklus 1 adalah 62% dan siklus II adalah 80%. Sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I 35% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigasi pada materi penyederhanaan pecahan, hasil yang dicapai meningkat dengan mencapai 100%.


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS 2 B SDI GEMBIRA KECAMATAN TALIBURA
KABUPATEN SIKKA

Lusia Sia
SDI Gembira Kecamatan Talibura Kabupaten Sikka
Email : lusia_sia26@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini menerapkan model pembelajaran bermain peran pada mata pelajaran matematika di kelas 2 B. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam menerapkan model pembelajaran bermain peran pada mata pelajaran matematika.
Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa pada siklus 1 adalah 44,44% dan siklus II 100%, aktivitas guru pada siklus 1 adalah 62% dan siklus II adalah 80 % sedangkan ketuntasan belajar anak pada siklus I 44,44% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran bermain peran pada mata pelajaran matematika, hasil yang dicapai meningkat dengan mencapai 100%.


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI METODE ROLE PLAY
DI KELAS VIII B SMPN 1 TALIBURA KABUPATEN SIKKA

Mase Ahmad
SMP Negeri 1 Talibura Kabupaten Sikka
Email : mase_ahmad@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini menerapkan metode role play pada materi menulis teks resount berbasis genre. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam menerapkan metode role play pada materi menulis teks recount berbasis genre.
Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa pada siklus 1 adalah 16,66% dan siklus II 100 %,aktivitas guru pada siklus 1 adalah 53,5% dan siklus II adalah 60,5% sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I 16,66% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode role play pada materi menulis teks berbasis genre, hasil yang di capai meningkat dengan mencapai 100%.


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX B PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
DI SMP MUHAMADIYAH MAUMERE

Muhammad Lautama
SMP Muhamadiyah Maumere
Email : muhammad_lautama@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini menerapkan model pembelajaran think talk writen di SMP Muhamadiyah Maumere. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran think talk write untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX B di SMP Muhamadiyah Maumere.
Hasil dari penelitian pada siklus II setelah guru menerapkan model pembelajaran think talk write maka prestasi belajar siswa kelas IX B dapat meningkat dengan baik. Setelah dibagi dalam lima kelompok dengan mencapai ketuntasan kategori A dengan indikator keberhasilan mencapai 100% pada materi memuji, mengeritik berbagai karya seni dengan bahasa yang lugas dan santun.


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX A DI SMPN I TALIBURA KABUPATEN SIKKA

Silifester Moa
SMPN I Talibura Kabupaten Sikka
Email : silifester_moa@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi potensi dan upaya Indonesia menuju negara maju. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi potensi dan upaya Indonesia menuju negara maju. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Talibura Kabupaten SIKKA. Metode penelitian ini menggunakan model (Action Research) dan memiliki 2 siklus dan setiap siklus memiliki 4 tahap, perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa pada siklus 1 adalah 60,60% dan siklus II 100 %, aktivitas guru pada siklus 1 adalah 53,5% dan siklus II adalah 60,5% sedangkan ketuntasan belajar anak pada siklus I 60,60% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi potensi dan upaya Indonesia menuju negara Maju, hasil yang dicapai meningkat dengan mencapai 100%.


MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF PADA SISWA KELAS I A SDI GEMBIRA KECAMATAN TALIBURA KABUPATEN SIKKA

Theresia Tekhla
SDI Gembira Kecamatan Talibura Kabupaten Sikka
Email : theresia_011@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini menerapkan permainan kartu huruf pada materi kemampuan membaca pada siswa kelas 1. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam menerapkan permainan kartu huruf pada materi kemampuan membaca. Penelitian ini dilakukan di SDI Gembira Kecamatan Talibura pada tahun 2018 Kabupaten Sikka. Meode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah (Action Research) yang dilakukan pada 2 siklus dan memiliki 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaa, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas anak pada siklus 1 adalah 45,83% dan siklus II 100%, aktivitas guru pada siklus 1 adalah 62% dan siklus II adalah 80% sedangkan ketuntasan belajar anak pada siklus I 45,83% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka disimpulkan bahwa dengan menerapkan permainan kartu huruf pada materi kemampuan membaca permulaan hasil yang di capai meningkat dengan mencapai 100%.


PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BERBICARA (SPEAKING) BAHASA INGGRIS TENTANG PREPOSITION PADA SISWA KELAS VII B
SMP NEGERI I TALIBURA KABUPATEN SIKKA

Yudas Thadeus
SMPN I Talibura Kabupaten Sikka
Email : yudastha_75@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini menerapkan strategi mind mapping pada materi Preposition (Kata depan). Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam menerapkan starategi mind mapping pada materi preposition (kata depan). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN I Talibura Kabupaten Sikka pada tahun 2018. Metode penelitian ini menggunakan (Action Research) yang terdiri dari 2 Siklus dan metode tersebut memiliki 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaa, observasi dan refleksi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus 1 adalah 62,5% dan siklus II 100%, aktivitas guru pada siklus 1 adalah 46% dan siklus II adalah 63,25%. Sedangkan ketuntasan belajar anak pada siklus I 37,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi mind mapping pada materi preposition dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta hasil yang di capai meningkat dengan mencapai 100%.


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI 010 BULANG KOTA BATAM

Susiyandi
SD Negeri 010 Bulang Kota Batam
Email : yandi46@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terbagi dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 (empat) tahapan yaitu: (1) Rencana Perbaikan, (2) Pelaksanaan Perbaikan, (3) Pengumpulan Data, (4) Refleksi. Penelitian dilakukan di SD Negeri 010 Bulang Kota Batam, dengan jumlah siswa kelas V sebanyak 27 siswa.
Dari dua siklus yang telah dilakukan dapat dilihat bahwa pada siklus 1, jumlah siswa yang mencapai KKM pada UH 1 adalah 16 orang atau 69,25% dan yang belum mencapai KKM adalah 11 orang atau 70,75%, setelah mendapatkan hasil tersebut maka peneliti melanjutkan dengan melakukan siklus 2 jumlah siswa yang mencapai KKM pada UH 2 adalah 23 orang atau 85,15% dan belum mencapai KKM adalah 4 orang atau 14,85%. Dari hasil penelitian tersebut tampak jelas bahwa dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran PKn Siswa SD Negeri 010 Bulang Kota Batam.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *