Jurnal Online Mitra Pendidikan Volume II, Nomor 5, Mei 2018

Artikel JMP Online dapat dilihat dan diunduh di website OJS Jurna Online Mitra Pendidikan.

BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN TEKNIK MULTIKULTURAL TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI

Luky Umami Khoirunnisa’
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Email : umamiluky@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dasar bimbingan konseling adalah membantu seluruh siswa mengembangkan keterampilan dasar termasuk siswa dengan berkebutuhan khusus (ABK). Pengajaran dalam layanan dasar bimbingan dan konseling ini diawali sejak pengalaman pertama siswa ABK masuk sekolah. Anak berkebutuhan khusus seringkali mendapatkan hambatan dan kesulitan sebagai dampak dari keluar biasanya, yaitu berupa hambatan aktivitas sehari-hari. Layanan bimbingan konseling di sekolah untuk membantu siswa ABK menghadapi kesulitannya. Dalam pendidikan inklusi, layanan bimbingan konseling untuk ABK disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan khusus anak secara individual. Layanan bimbingan dan konseling adalah proses bantuan atau pertolongan yang diberikan oleh pembimbing (konselor) kepada individu (konseli) melalu pertemuan tatap muka atau hubungan timbal balik antara keduanya, agar konseli memiliki kemampuan atau kecakapan melihat dan menemukan masalahnya serta mampu menerima dirinya sendiri sesuai dengan potensinya. Bimbingan dan konseling untuk ABK di sekolah inklusi diarahkan pada pengembangan kepribadian dan keterampilan hidup sehingga mampu berpartisipasi dalam masyarakat.


SISTEM PREDIKSI KESIAPAN SISWA SMP DALAM MENGHADAPI
UJIAN NASIONAL MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES

Medika Purnama Putri
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Email : medikapputri@gmail.com

ABSTRAK
Ujian nasional merupakan sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional. Ujian nasional sendiri memberi pengaruh kepada siswa dalam cara belajar untuk menghadapi ujian nasional. Setiap siswa dalam menghadapi ujian sendiri berbeda, ada siswa yang menghadapi dengan serius dan ada yang menghadapinya dengan santai. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kesiapan siswa SMP Negeri 1 Mojolaban dalam menghadapi ujian nasional, penulis disini merancang sebuah sistem prediksi kesiapan siswa smp dalam menghadapi ujian nasional berbasis web, yang menggunakan teknik data mining dengan metode naïve bayes. Metode naïve bayes diterapkan untuk mencari probabilitas terbesar dari variabel yang sudah ditentukan meliputi nilai IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris untuk mengetahui siap dan kurang siap dalam menghadapi ujian nasional. Hasil dari penelitian ini adalah suatu sistem yang membantu admin dari pihak sekolah untuk mengetahui kesiapan siswa dalam menghadapi ujian nasional. Sehingga dapat menjadikan pertimbangan pihak sekolah untuk meningkatkan minat belajar siswa.


PEMANFAATAN BONGGOL JAMUR PLEOROTUS OSTREATUS DALAM BIOREMEDIASI LIMBAH LABORATORIUM KIMIA

Wahyu Juli Hastuti 1) , Ilham Rahmat Zarkasi 2)
SMK Negeri 1 Bontang 1) , Petro & Oleo Kimia Politeknik Negeri Samarinda 2)
Email : wahyujulihastuti@gmail.com 1) , ilhamzarkasi25@gmail.com 2)

ABSTRAK
Air limbah laboratorium kimia mengandung COD dan logam berat diatas ambang batas. Apabila limbah ini terbuang tanpa pengolahan akan menimbukan bahaya terhadap lingkungan ekosistem dan kesehatan manusia. Disatu sisi, bonggol jamur P. Ostreatus berpotensi menurunkan nilai COD dan logam berat. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan bonggol jamur sebagai agen bioremediasi pengolahan limbah laboratorium kimia.
Penelitian dilakukan dengan menguji penurunan kandungan logam oleh bonggol jamur, supernatan enzim, serta pengujian serapan maksimum. Hasil penelitian menunjukkan Bonggol jamur P. Ostreatus mengurangi kandungan logam berat Pb, Zn, Cu, Fe, Mn, Hg, dan Cd dalam air limbah laboratorium kimia mencapai 99%, dengan kapasitas yang besar. Persamaan absorpsi yang sesuai adalah persamaan Freundlich.
Penelitian menunjukkan bonggol jamur P. Ostreatus dapat digunakan untuk pengolahan air limbah kimia. Penerapan teknologi penjerapan dengan bonggol jamur dapat digunakan sebagai alternatif bioremediasi dalam pengolahan air limbah kimia di laboratorium maupun industri kimia.


PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KRISTEN SATYA WACANA KOTA SALATIGA MAPEL PPKn MENGGUNAKAN METODE STAD DAN NHT

Dionisius Heckie Puspoko Jati
Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
Email : puspokojati@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji ada tidaknya perbedaan yang signifikan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa SMA Kristen Satya Wacana Kota Salatiga. Desain penelitian yang digunakan adalah “Quasi Experiment Design”. Populasi adalah seluruh siswa Kelas XII yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian adalah kelas XII IPA 3 sebagai kelas eksperimen, kelas XII IPA 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data meliputi penilaian aspek pengetahuan dengan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan penilaian aspek sikap dengan penilaian diri. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan Uji-T dengan bantuan SPSS 21.00. Hasil penelitian disimpulkan tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar aspek pengetahuan dan aspek sikap siswa kelas XII SMA Kristen Satya Wacana Kota Salatiga. Peneliti memberikan saran kepada kepala sekolah dalam kegiatan supervisi internal terhadap guru-guru untuk menggunakan metode STAD dan NHT untuk meningkatkan hasil belajar siswa.


PENERAPAN MEDIA STIK ICE CREAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I-A DI SDN SUMORAME KECAMATAN CANDI SIDOARJO

Sri Suharti
SDN Sumorame Kecamatan Candi Sidoarjo
Email : bu.srisuharti62@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika anak melalui media bermain Stik Ice Cream di siswa kelas I-A SDN Sumorame Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini berlokasi di SDN Sumorame Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Subyek penelitian adalah siswa-siswi kelas I-A dengan jumlah 37 siswa. Media bermain Stik Ice Cream memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus,yaitu siklus I (74,07%) dan siklus II (87,03%).

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *