Jurnal Online Mitra Pendidikan Volume II, Nomor 9, September 2018

Artikel JMP Online dapat dilihat dan diunduh di website OJS Jurna Online Mitra Pendidikan.

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PREZI
UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS

Eka Resty Novieta Sari 1) , Rizal Ula Ananta Fauzi 2)
Universitas PGRI Madiun
Email : ekaresty@unipma.ac.id 1), rizalmanajemen@gmail.com 2)

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran dengan menggunakan prezi untuk meningkatkan pemahaman matakuliah bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan di Universitas PGRI Madiun Tahun Akademik 2017/2018. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang digunakan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas yang berusaha mengkaji dan merefleksikan secara mendalam beberapa aspek dalam pembelajaran. Penelitian ini dibagi dalam dua siklus yang disesuaikan dengan alokasi waktu dan topic yang dipilih. Berdasarkan temuan penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan media prezi dapat meningkatkan pemahaman materi bahasa Inggris kelas 2B, Prodi PGSD. Peningkatan ini ditunjukkan dengan ketercapaian rata-rata skor pemahaman konsep siklus I sebesar 73 dengan ketuntasan 69% dan pada siklus II sebesar 83 dengan ketuntasan 94%. Jadi dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan sebesar 25%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran dengan menggunakan media prezi ini dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa.


PERAN SELF REGULATED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG SERING MENGIKUTI LOMBA EKSTRAKURIKULER
OLAHRAGA SEKOLAH

Dionysius Eri Wibowo
Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Email : e12iwibowo@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran self regulated learning dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa yang sering mengikuti lomba ekstrakurikuler. Penelitian ini dilakukan di SMA ST. Bellarminus, Jakarta dan SMA Bunda Hati Kudus, Kota wisata. Metode pengumpulan data menggunakan skala self regulated learning dan skala motivasi belajar yang di adaptasi dari skala motivasi ACRS John Keller. Prestasi belajar matematika diperoleh dari dokumentasi rapor siswa. Teknik analisis data yang digunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Analisis regresi sederhana self regulated learning terhadap prestasi belajar matematika memperoleh (r) sebesar 0.205 dan p = 0.010 < 0.05. Motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa yang sering mengikuti lomba ekstrakurikuler memperoleh (r) sebesar 0.184 dan nilai p = 0.022 < 0.05. Analisis regresi ganda self regulated learning dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa yang sering mengikuti lomba ekstrakurikuler memperoleh (R) 0.225. Skor R square adalah 0.050 yang berarti ada sebesar 5.0% variasi prestasi belajar mampu dijelaskan oleh dua variabel independen. Hasil dari analisis data ini menunjukkan ada peran yang kuat dari self regulated learning dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa yang sering mengikuti lomba esktrakurikuler olahraga.


STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
DI SMP NEGERI 5 SALATIGA

Ika Tyasing Kusumawati
Universitas Kristen Satya Wacana
Email : 942017001@student.uksw.edu

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 5 Salatiga. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Yang menjadi fokus penelitian adalah strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 5 Salatiga dengan subyek kepala sekolah, guru dan karyawan di SMP Negeri 5 Salatiga. Teknik pengumpulan data menggunakan wawncara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian dilakukan berdasarkan deskriptif kualitatif. Hasil dan analisis data dapat disimpulkan bahwa Kepala Sekolah telah melakukan berbagai macam strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 5 Salatiga yaitu meningkatkan kedisiplinan dan kualitas SDM, memperbaiki dan meningkatkan sarana dan prasarana di sekoah dan meningkatkan kometensi lulusan. Dari berbagai strategi yang dilakukan, memberikan dampak yang positif bagi perkembangan SMP Negeri 5 Salatiga. Masyarakat semakin mengakui mutu sekolah tersebut yang dibuktikan dengan semakin banyaknya pendaftar siswa baru dari tahun ke tahun.


PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS V
SDN 002 SEKIP HULU RENGAT

Helminaria
SDN 002 Sekip Hulu
Email : helminaria26@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN 002 Sekip Hulu Rengat semester genat tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan 1 kali ulangan harian. Peneliti menggunakan media gambar yang merupakan penunjang dalam menyampaikan materi pembelajaran dan metode demonstrasi di dalam kelas. Setelah dilakukan evaluasi UH-1 dan UH-2 hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan yaitu : prasiklus hanya 7 peserta didik yang mencapai KKM (78) atau 35%. Pada siklus 1 naik menjadi 12 orang siswa atau 60 % dan pada siklus 2 juga meningkat menjadi 16 orang siswa atau 16%. Jadi bisa disimpulkan dengan penggunaan metode demonstrasi dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Diharapkan guru dapat menerapkan metode Demonstrasi dalam proses pembelajaran.


PENERAPAN METODE DRILL GUNA MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR IPA KELAS V
SDN 018 BINJAI RENGAT BARAT

Herliana BR Damanik
SDN 018 Binjai Rengat Barat
Email : herlianadamanik04@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian dilaksanakan di SDN 018 Binjai Rengat Barat dengan menggunakan metode drill pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret sampai bulan April. Penelitian ini dilakukan karena sering terjadinya kendala proses dalam pembelajaran yang dilakukan guru dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran. Ditambah lagi dengan pemikiran siswa bahwa mata pelajaran IPA sangat membosankan karena banyak memuat fakta dan konsep sehingga siswa dituntut banyak menghafal. Karena itu penelitian mengambil metode drill dengan tujuan agar siswa dalam pembelajaran tertarik dengan materi yang disajikan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 018 Binjai Rengat Barat dengan jumlah siswa 26 orang. Prosedur penelitian berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada tahap perencanaan peneliti menyiapkan silabus, RPP, LKS, lembar observasi siswa dan alat penilaian kemampuan guru. Data awal siswa yang mencapai KKM 78 Dari 62 % pada siklus I menjadi 89 % pada siklus II dengan persentase kenaikan 27%.


UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN
MODEL PEMBELAJARAN CTL DI SDN 018 BINJAI RENGAT BARAT 2017/2018

Sri Kayati
SDN 018 Binjai Rengat Barat
Email : kayatisri66@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Kelas V Dengan Menggunakan Model Pembelajaran CTL Di SDN 018 Binjai Rengat Barat 2017/2018 dilatarbelakangi oleh nilai pembelajaran IPS siswa banyak di bawah KKM. KKM IPS adalah 75. Dari 27 siswa hanya 12 orang yang mencapai KKM.Tujuan penulisan perbaikan pembelajaran adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 018 Binjai Rengat Barat. Pelaksanaan penulisan perbaikan pembelajaran dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penulisan menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa SDN 018 Binjai Rengat Barat pada siklus I sebesar 66,7%. Pada siklus II sebesar 88,9%. Hasil belajar-mengajar juga meningkat. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran CTL untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 018 Binjai Rengat Barat.


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V MENGGUNAKAN METODE TUTORIAL TEMAN SEBAYA DI SDN 022 TITIAN TINGGI KECAMATAN RENGAT BARAT

Sri Martini
SDN 022 Titian Tinggi Kecamatan Rengat Barat
Email : srimartini01@gmail.com

ABSTRAK
Penulis ingin mencoba untuk melakukan suatu penelitian yang berfokus pada penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan semangat belajar siswa terhadap semua mata pelajaran di SD, khususnya mata pelajaran IPA. Penerapan metode tutorial teman sebaya pada pembelajaran IPA di SD, melalui Penelitian Tindakan Kelas ini diharapkan dapat menumbuhkan minat dan keaktifan belajar siswa serta menumbuhkan keberanian siswa untuk bertanya, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, yang pada akhirnya tercapai prestasi belajar yang optimal. Pada awal pra siklus jumlah siswa yang mampu mencapai KKM hanya 11 orang (45,83%) dari 24 orang jumlah siswa di kelas, pada siklus 1 meningkat menjadi 16 orang (66,66%) dan pada siklus 2 naik lagi menjadi 21 orang (87,5%). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode tutorial teman sebaya dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran IPA.


PENERAPAN NILAI PENDIDIKAN TOKOH KODE AGU BALAK
CERITA ANAK LOKAL MASYARAKAT MANGGARAI TIMUR

Imelda Oliva Wissang
Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
Email : wildawisangcij@yahoo.com

ABSTRAK
Penerapan nilai pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai cara untuk membentuk generasi penerus menjadi generasi yang berkarakter dan mampu menghidupi semangat keberagaman dalam hidup bermasyarakat. Salah satu media yang dapat digunakan dalam menerapkan nilai pendidikan adalah cerita rakyat. Kehadiran tokoh-tokoh dalam cerita sekaligus memberikan pengaruh bagi anak karena anak dapat mengidentifikasi diri dengan tokoh yang ada yang hadir sesuai perannya, seperti cerita rakyat Manggarai Timur dengan judul Kode agu Balak. Penelitian ini mengangkat masalah penerapan nilai pendidikan apa sajakah melalui kehadiran tokoh Kode agu Balak dalam cerita anak lokal masyarakat Manggarai Timur dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa cerita lokal Kode agu Balak memiliki makna, pesan dan nilai pendidikan yang dapat diterapkan dalam kehidupan, seperti a)penerapan nilai pendidikan membangun persahabatan, b)penerapan nilai pendidikan kerjasama, c)penerapan nilai pendidikan saling mengakui, d)penerapan nilai pendidikan permufakatan, e)penerapan nilai pendidikan kesetiaan atau komitmen, dan f)penerapan nilai pendidikan saling berdamai.


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) KELAS III SDN 013 TALANG SEI LIMAU

Suliyem
SDN 013 Talang Sei Limau
Email : suliyem40@gmail.com

ABSTRAK
Dalam proses pembelajaran di sekolah sering mengalami hambatan, karena kurangnya media dan alat peraga. Seperti hasil pengamatan yang penulis lakukan pada siswa kelas III 013 Talang Sei Limau, kemauan belajar siswa kurang, kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran, kurang menguasai materi pelajaran, dan suka mencontek hasil kerja teman sekelas.
Berdasarkan data hasil pelaksanaan perbaikan pembelajaran di kelas III SDN 013 Talang Sei Limau Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Indragiri Hulu dengan menerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat disimpulkan sebagai berikut:
Ketercapaian KKM siswa pada Siklus I sebanyak 18 siswa atau 64%. Sedangkan pada Siklus II seluruh siswa mencapai 23 orang atau 82%.
Dari kesimpulan diatas dapat dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 013 Talang Sei Limau telah berhasil dilaksanakan.


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV
MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
SDN 002 SEKIP HULU TAHUN PELAJARAN 2016/2017

R. Farida
SDN 002 Sekip Hulu
Email : farida42@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terbagi dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 (empat) tahapan yaitu: (1) Rencana Perbaikan, (2) Pelaksanaan Perbaikan, (3) Pengumpulan Data, (4) Refleksi. Penelitian dilakukan di SDN 002 Sekip Hulu, dengan jumlah siswa kelas IV sebanyak 20 siswa Dari dua siklus yang telah di lakukan dapat dilihat bahwa pada siklus 1, jumlah siswa yang mencapai KKM pada UH 1 adalah 12 orang atau 60% dan yang belum mencapai KKM adalah 8 orang atau 40%, setelah mendapat kan hasil tersebut maka peneliti melanjutkan dengan melakukan siklus 2 jumlah siswa yang mencapai KKM pada UH 2 adalah 17 orang atau 85% dan belum mencapai KKM adalah 3 orang atau 15%. Dari hasil penelitian tersebut tampak jelas bahwa dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar IPA Siswa SDN 002 Sekip Hulu.


UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERSTRUKTUR KOMPETENSI DASAR MENYELESAIKAN PERSAMAAN KUADRAT
DENGAN MEMFAKTORKAN PADA SISWA KELAS X TKJ 1 SMKN 1 DLANGGU

Totok Sugianto
SMK Negeri 1 Dlanggu Kabupaten Mojokerto
Email : totoksugianto086@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap matematika sehingga pelajaran Matematika tidak dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dimengerti oleh siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi serta analisis dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Dlanggu Tahun pelajaran 2015 / 2016, data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, dan lembar observasi .
Dari hasil analisis didapatkan bahwa rata-rata prestasi hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu ; siklus I = 65,49 dengan persentase ketuntasan belajar 71 % dan siklus II = 74,96. persentase ketuntasan belajar 89 %Sementara itu hasil belajar aspek afektif juga mengalami peningkatan yaitu ; siklus I = 11,05, dan siklus II = 11,71.yang menurut table konversi Rafting Scale (Sugiyono : 2007) kategori tinggi.
Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan LKS Berstruktur dalam materi pemfaktoran di kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Dlanggu yang dibuat sesuai dengan karakteristik materi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika dan juga dapat meningkatkan aktivitas siswadalam proses pembelajaran.


PENERAPAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Bambang Winarto
SMK Negeri 3 Probolinggo
Email : bambang_win66@yahoo.com

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi persoalan rendahnya minat aktivitas dan hasil belajar siswa. Persoalan tersebut disebabkan karena pembelajaran matematika masih berorientasi pada guru dan siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu digunakan pembelajaran kontekstual yang berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran kontekstual pada materi pokok kubus dan balok, bagaimana aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran kontekstual, dan bagaimana hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif serta jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. seluruh aktivitas siswa baik tingkah laku positif maupun negatif pada setiap kegiatan pembelajaran cukup memuaskan yaitu dengan perolehan prosentase mencapai 73,5%. Hal ini menunjukkan bahwa dalam kegiatan belajar mengajar dengan pembelajaran kontekstual siswa menjadi sangat aktif. Sedangkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 86,49% ketuntasan belajar. Hal ini menunjukkkan bahwa pembelajaran kontekstual dapat dipertimbangkan sebagai model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil analisis data dan pembahasan adalah dengan diterapkannya pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *