Jurnal Online Mitra Pendidikan Volume III, Nomor 2, Februari 2019

Artikel JMP Online dapat dilihat dan diunduh di website OJS Jurna Online Mitra Pendidikan.

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN KELAS V SD NEGERI 021 BERAPIT TAHUN AJARAN 2017/2018

Agus Masturudin
SD Negeri 021 Berapit
Email : agus17@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan guru dengan bertindak sebagai peneliti di sekolah ini bermula dikarenakan rendahnya persentase hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran PKn, maka dari itu peneliti melaksanakan penelitian ini dalam dua siklus yang dilaksanakan tiap siklus selama satu bulan, yang dilaksanakan pada bulan Februari hingga Maret tahun 2018 di SD Negeri 021 Berapit dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe make a match. Setelah dilaksanakan penelitian ini ditemukan bahwa persentase hasil belajar siswa meningkat, pada pra siklus adalah 48,14% dari 27orang siswa, lalu naik lagi menjadi 70,77% pada siklus I dari total 27 siswadan pada siklus II naik menjadi 92,79%, maka peneliti menyimpulkan penggunaan pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V.


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV MELALUI PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY
SDN 012 BULUH RAMPAI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Eko Haryanto
SDN 012 Buluh Rampai
Email : eko98@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray SDN 012 Buluh Rampai Tahun Pelajaran 2016/2017 dilatarbelakangi oleh nilai pembelajaran IPS siswa banyak d bawah KKM. KKM IPS adalah 72. Dari 25 siswa hanya 11 orang yang mencapai KKM. Tujuan penulisan perbaikan pembelajaran adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 012 Buluh Rampai. Pelaksanaan penulisan perbaikan pembelajaran dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penulisan menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa SDN 012 Buluh Rampaipada siklus I sebesar 64%. Pada siklus II sebesar 88%. Hasil belajar-mengajar juga meningkat. Dengan demikian penggunaan metode two stay two stray untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 012 Buluh Rampai.


UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V
SD NEGERI 012 BULUH RAMPAI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sumarni
SDN 012 Buluh Rampai
Email : sumarni32@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 012 Buluh Rampai dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan bulan Maret hingga April semester II tahun 2016. Penelitian ini dilakukan karena sering terjadinya kendala proses dalam pembelajaran yang dilakukan guru dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran. Karena itu penelitian mengambil model pembelajaran jigsaw dengan tujuan agar siswa dalam pembelajaran tertarik dengan materi yang disajikan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 012 Buluh Rampai dengan jumlah siswa 27 orang. Prosedur penelitian berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Data awal siswa yang mencapai KKM 70 sebanyak 12 siswa dari 27 siswa atau 44,22 %. Pada perbaikan pembelajaran siklus I terjadi peningkatan. Siswa yang mendapat nilai 70 ke atas menjadi 19 siswa atau 70,37% dan pada perbaikan pembelajaran siklus II yang mendapat nilai 70 ke atas menjadi 24 siswa atau 88,88 %.


PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL TGT
MATERI OPERASI PENJUMLAHAN PECAHAN KELAS V
SDN GEDANG 2 KECAMATAN PORONG KABUPATEN SIDOARJO

Widiastutik
SDN Gedang 2 Sidoarjo
Email : widiastutik.1961@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model TGT materi bilangan pecahan pada siswa kelas V SDN Gedang 2 Porong Kabupaten Sidoarjo dan peningkatan hasil belajar materi pecahan melalui model TGT pada siswa kelas V SDN Gedang 2 Porong Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT pada pembelajaran matematika materi pecahan dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta nilai hasil belajar siswa. Terlihat pada persentase aktivitas guru dari siklus I dimulai dari 82% meningkat ke pertemuan 2 menjadi 84%, kemudian meningkat lagi ke siklus II menjadi 88% dan terakhir pada pertemuan 2 meningkat menjadi 90%. Pada persentase aktivitas siswa dari siklus I dimulai dari 79% meningkat ke pertemuan 2 menjadi 81%, kemudian meningkat lagi ke siklus II menjadi 83% dan terakhir pada pertemuan 2 meningkat menjadi 87%. Untuk hasil belajar persentase ketuntasan siswa dimulai dari siklus I 46% pada pertemuan 2 menjadi 65%, kemudian meningkat lagi ke siklus II menjadi 76% dan terakhir pada pertemuan 2 meningkat menjadi 82%.
Data tersebut dapat disimpulkan bahwa model TGT dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi mengubah, menjumlahkan dan mengurangkan pecahan pada siswa kelas V SDN Gedang 2 Kabupaten Sidoarjo. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar dapat menerapkan model TGT sebagai salah satu solusi atau alternatif bahan pertimbangan dalam perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar.


PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK MATERI KUBUS DI KELAS VI SDN KEDUNGSOLO PORONG

Winarsih
SDN Kedungsolo Porong Sidoarjo
Email : winarsih@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistic. Berdasarkan hasil studi pendidikan matematika, dapat disimpulkan bahwa ada kendala dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang harus ditingkatkan karena rata-ratanya masih rendah dan pembelajaran cenderung pasif karena pembelajaran masih menekankan pada transfer pengetahuan dari guru ke siswa sehingga tidak menempatkan diri siswa sebagai pengkontruksi pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan RME Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pada penelitian ini menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan Siklus II dengan subyek penelitian siswa SDN Kedungsolo kelas VI. Dari hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan mulai dari kegiatan pra siklus, kemudian dilanjutkan oleh siklus I sampai siklus II. Dengan penekatan RME pada siswa SDN Kedungsolo kelas VI mengalami peningkatan. Pada kegiatan pretest, persentasi ketuntasan belajar yang dicapai siswa hanya 50%, akan tetapi pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 60% dan pada siklus II meningkat lagi menjasi 80% atau dari 20 siswa ada 16 orang siswa yang sudah tuntas belajar.


PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KOMPETENSI DASAR MENGGUNAKAN SIFAT-SIFAT OPERASI HITUNG CAMPURAN FPB
DAN KPK KELAS VI DI SD NEGERI BOTO 02

Sukanah
SD Negeri Boto 02 Semarang
Email : sukanah@gmail.com

ABSTRAK
Pembelajaran yang berhasil ditunjukkan dengan dikuasainya materi oleh siswa yang dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa. Demikian halnya yang terjadi di kelas yang penulis alami di kelas VI 2017. Dari hasil tes formatif pada pembelajaran matematika Kompetensi Dasar menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran FPB dan KPK menunjukkan hasil yang masih kurang dari yang diharapkan. Hal ini ditunjukkan dani seluruh siswa kelas semester I Tahun 2017/2018. Dari hasil tes formatif pada pembelajaran matematika Kompetensi Dasar menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran FPB dan KPK menunjukkan hasil yang masih kurang dari yang diharapkan. Setelah dilakukan penggunaan model pembelajaran pakem dalam pembelajaran matematika kompetensi dasar menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran FPB dan KPK didapatkan hasil yang lebih baik sehingga dengan memanfaatkan pendekatan PAKEM dalam nembelajaran Matematika materi Menggunakan sifat-sifat opernal hitung termasuk operasi campuran FPB dan KPK siwa kelas VI di SD Neger Boto 02 maka hasil belajar siswa dapat ditingkatkan.


PENGEMBANGAN APLIKASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PJOK
BERBASIS ANDROID PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Luthfi Aidin
Universitas Negeri Surabaya
Email : luthfiaidin4@gmail.com

ABSTRAK
Ketersediaan buku dalam proses pembelajaran merupakan penunjang untuk meningkatkan kualitas proses pemebelajaran. Banyak Sekolah SMK dan SMA yang tidak menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan mendapatkan produk aplikasi LKPD PJOK berbasis android dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) oleh Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Driyorejo yang terdiri dari tiga kelas dengan jurusan berbeda, dengan jumlah sampel 92 orang. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari angket respon siswa dan lembar validasi dari tiga ahli.
Dari hasil penelitian diperoleh produk aplikasi LKPD PJOK berbasis android dengan respon positif peserta didik terhadap pembelajaran dan aplikasi LKPD. Respon peserta didik 90% sangat baik digunakan dan 10% masuk kategori baik terhadap LKPD yang digunakan. Respon guru dari penggunaan LKPD sebesar 68,75% sangat baik digunakan dan 31,25% baik digunakan.


PENGARUH KOMBINASI LATIHAN LADDER DRILL SINGLE PUNCH, ICKEY SHUFFLE
DAN LADDER DRILL DOUBLE PUNCH, SIDE TO SIDE JUMP TERHADAP KELINCAHAN, KECEPATAN DAN POWER OTOT LENGAN

Moh. Ghofur
Universitas Negeri Surabaya
Email : m.gofur28@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan yaitu untuk menganalisis tentang: (1) pengaruh latihan Ladder Drill Single Punch, Ickey Shuffle terhadap peningkatan kelincahan, power lengan, dan kecepatan; (2) pengaruh latihan Ladder Drill Double Punch, Crazy Climber terhadap kelincahan, power lengan, dan kecepatan; (3) perbedaan pengaruh latihan Ladder Drill Single Punch, Ickey Shuffle, Ladder Drill Double Punch, Crazy Climber terhadap kelincahan, power lengan, dan kecepatan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan Non-Randomize Control Group Pretest-Posttest Design, dan analisis data menggunakan Anova. Proses pengambilan data dilakukan dengan tes keseimbangan stork stand balance beem pada saat pretest dan posttest. Penelelitian ini dilakukan pada siswa ekstrakurikuler SDN Ngaban Tanggulangin, Sidoarjo.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan setelah diberikan perlakuan latihan Ladder Drill Single Punch, Ickey Shuffle, Ladder Drill Double Punch, Crazy Climber terhadap peningkatan komponen fisik kelincahan, power lengan, dan kecepatan.


PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN BERBURU BINATANG
DAN BENTENG-BENTENGAN TERHADAP GERAK DASAR LOKOMOTOR DAN MANIPULATIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Muhammad Setyo Hadisaputra
Universitas Negeri Surabaya
Email : setyo.msh@gmail.com

ABSTRAK
Secara umum, pendidikan mempunyai fungsi untuk membentuk dan mengembangkan karakter bangsa. Sehingga setelah menyelesaikan pendidikan maka siswa diharapkan dapat berperan serta untuk menjadi warga negara yang demokratis serta bertangung jawab. Salah satu dari mata pelajaran tersebut adalah pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Dalam aktivitas pembelajaran diperlukan adanya perkembangan gerak dasar motorik sehingga pembelajaran lebih aktif.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian true experimental design, dengan rancangan pretest-posttest control group design. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pacarkembang 4. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penilitian ini yaitu tes kemampuan Motorik.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa tidak adanya pengaruh penerapan permainan berburu binatang dan benteng-bentengan dalam gerak manipulatif siswa, dan gerak lokomotor terdapat pengaruh untuk penerapan permainan berburu binatang dan benteng-bentengan dalam pembelajaran PJOK.


PENGEMBANGAN KARTU PENGUKURAN KOMPETENSI SISWA SD PADA PEMBELAJARAN PJOK DI KECAMATAN BANYUWANGI KABUPATEN BANYUWANGI

Ferry Ivana Anggriawan
Universitas Negeri Surabaya
Email : ferry.pakis123@gmail.com

ASBTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah produk kartu pengukuran kompetensi siswa SD pada pembelajaran PJOK di Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi. Produk ini dikembangkan dengan tujuan untuk membantu guru PJOK didalam melakukan evaluasi pembelajaran. Produk ini merupakan sebuah instrumen penilaian hasil belajar siswa yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dikemas dalam sebuah produk kartu pengukuran kompetensi siswa. Penelitian ini mengacu pada desian penelitian pengembangan (research and development) dari Borg and Gall (1983, p.775). Teknik analisis datanya menggunakan teknik prosentase. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa guru PJOK SD di Kecamatan BanyuwanKabupaten Banyuwangi setuju dan mau memanfaatkan produk kartu pengukuran kompetensi siswa. Berdasarkan data hasil vaidasi produk oleh ahli evaluasi pembelajaran PJOK diperoleh skor 91,82% sehingga produk dikategorikan valid dan produk dapat diuji cobakan. Hasil uji coba yang telah peneliti lakukan, rata-rata prosentase hasil uji coba lapangan I sebesar 82,77% dan pada uji coba lapangan II sebesar 86,66%.


PENGEMBANGAN KARTU PENGUKURAN KOMPETENSI SISWA SMK PADA PEMBELAJARAN PJOK DI KECAMATAN BAAMANG SAMPIT

Ahmad Fahroq
Universitas Negeri Surabaya
Email : ahmadfahroq0@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk berupa kartu pengukuran kompetensi SMK pada pembelajaran PJOK. Penelitian ini mengacu pada penelitan dan pengembangan (research and development) oleh Borg and Gall (1983). Ahli pembelajaran pertama mendapatkan hasil validasi produk 90%, dan hasil validasi ahli kedua mendapat hasil 85%. Diuji coba lapangan pertama dari 3 guru PJOK dari 2 SMK mendapat hasil 80%. Untuk uji coba lapangan kedua menggunakan 4 guru PJOK dari 3 SMK yang ada di Kabupaten Baamang Sampit menndapat hasil 85%. Jadi kreteria produk yang sudah divalidasi 2 ahli pembelajaran dan dilakukan uji coba lapangan 1 dan uji coba lapangan 2 layak digunakan dan valid. Hasil dan dari penelitan ini berupa produk kartu dan microsof excel. Sehingga hasil produk kartu pengukuran kompetensi siswa SMK pada pembelajaran PJOK yang dikembangkan oleh peneliti dapat di kategorikan valid dan dapat digunakan sebagai alat ukur kompetensi siswa SMK.


PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAMES 6 LAWAN 6 DAN 7 LAWAN 7
TERHADAP KELINCAHAN DAN KETERAMPILAN DRIBBLING PEMAIN SEPAKBOLA

Adi Rianto
Universitas Negeri Surabaya
Email : adirianto1123@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh penerapan latihan Small Sided Games 6 Lawan 6, Small Sided Games 7 Lawan 7, Kelincahan, Keterampilan Dribbling pada siswa ekstrakurikuler cabang olahraga sepakbola MI Yapisthon Surabaya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dan desain menggunakan Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis uji beda (t-test) dan multivariat analisis of variance (ANOVA). Berdasarkan data yang diperoleh disimpulkan terjadi peningkatan yang signifikan pada kedua kelompok eksperimen dibanding dengan kelompok kontrol. Kelincahan terjadi peningkatan pada kedua kelompok eksperimen I dan II, tingkat keterampilan dribbling lebih terlihat pengaruhnya pada kelompok eksperimen I, hal ini bisa disebabkan karena pada pengamatan dilapangan kelompok eksperimen 1 dan 2 pada saat melakukan latihan small sided games tidak berani mennggiring bola.keterbatasan waktu yang ada dan minimnya pertemuan perlakuan per minggunya yang diberikan juga mempengaruhi.


HUBUNGAN PENGETAHUAN KESEHATAN DENGAN PERILAKU SEHAT PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DRIYOREJO GRESIK

Muhamad Thurham
SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik
Email : m.thurham@gmail.com

ABSTRAK
Pendidikan kesehatan merupakan suatu penerapan konsep pendidikan dalam bidang kesehatan sebagai upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahuan kesehatan dengan perilaku hidup sehat siswa dengan menggunakan angket pilihan ganda dan angket perilaku hidup sehat dengan menggunakan jawaban “Ya” atau “Tidak”.
Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian siswa kelas XI SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik, sampel 99 siswa diambil menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel kelas XI IPS1, XI IPS 2 dan XI Bahasa.
Hasil penelitian pengetahuan tentang kesehatan yang dimiliki siswa baik. Secara keseluruhan perilaku sehat siswa sangat baik. Analisis korelasi diperoleh hasil signifikan 0,027, sehingga ada hubungan pengetahuan kesehatan dengan perilaku sehat siswa. Koefisien determinasi (K) menghasilkan pengetahuan kesehatan berkontribusi sebesar 5,0176% terhap perilaku sehat siswa kelas XI SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *