Kemampuan Guru Menyusun RPP Berkarakter dengan Strategi Portofolio – Suryaningsih

Penulis : Suryaningsih
ISBN 978-602-6276-64-3
Penerbit : Kresna Bina Insan Prima
Editor : Muhammad Ainul Firdaus
Desain Isi : Vicki Deo Umardi
Desain Sampul : Siska Amelia

Buku ini disusun berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang berjudul “Penerapan Skenario Pembelajaran menggunakan Strategi Portofolio dapat Meningkatkan Kemampuan Menyusun RPP Berkarakter bagi Guru Kelas 1 pada Sekolah Binaan Semester Genap Tahun 2017/2018” yang dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kecamatan Jiken Kabupaten Blora. Strategi ini dapat meningkatkan keaktifan guru dalam menysusun RPP.
Dalam RPP ada 2 komponen penting yang harus dicantumkan, yaitu indikator dan tujuan pembelajaran. Pada dua komponen ini dapat dipahami bahwa apa yang harus dicapai dari proses pembelajaran. Dimana indikator merupakan poin-poin yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran. Sedangkan tujuan pembelajaran merupakan hasil akhir yang diharapkan dari proses pembelajaran yakni berupa perubahan tingkah laku siswa yang menjadi lebih baik. Perubahan tingkah laku yang dicapai diantaranya dapat dilihat dari hasil evaluasi yang telah diperoleh siswa.
Model pembelajaran berbasis portofolio memiliki prinsip dasar seperti prinsip belajar siswa aktif, kelompok belajar kooperatif, pembelajaran partisipatorik dan reactive teaching. Disamping itu, model pembelajaran ini memiliki landasan pemikiran yang kuat, yaitu membelajarkan kembali (Re-edukasi) dan merefleksi pengalaman belajar.
Dengan penerapan strategi portofolio pada kemampuan guru dalam menyusun RPP berkarakter memiliki dampak yang baik bagi siswa sehingga siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar (KBM).

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *