KINERJA PELAYANAN PUBLIK “PUSKESMAS” (PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT)

Penulis : Priyo Utomo
ISBN : 978-602-6276-88-9
Editor : Muhammad Ainul Firdaus
Desain Isi : Febriyanti Devita Sari
Desain Sampul : Siska Amelia

Dalam melaksanakan pelayanan kesehatan di Indonesia, pemerintah memiliki tujuan dalam meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap warga negara, agar warga negara tersebut dapat mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya sebagai perwujudan kesejahteraan umum sebagai yang dimaksud dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.
Pelayanan kesehatan tersebut dilakukan dengan berdasarkan pada Sistem Kesehatan Nasional (SKN). Sistem tersebut merupakan suatu tatanan yang menghimpun berbagai upaya bangsa Indonesia secara terpadu dan saling mendukung, guna menjamin derajat kesehatan yang setinggi-tingginya (Pujowati, 2012:49).
Puskesmas Sememi selaku salah satu Unit Pelaksana Teknis Dinas dalam bidang kesehatan adalah salah satu sekian banyak Puskesmas yang melakukan pelayanan kesehatan dengan sepenuh hati berdasarkan pada Perwali (Peraturan Walikota) Surabaya Nomor 48 Tahun 2012 menyebutkan bahwa Pusat Kesehatan Masyarakat, yang selanjutnya disebut Puskemas adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas pada Dinas Kesehatan Kota Surabaya yang bertanggungjawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *